5 Kebutuhan Nutrisi Pada Anak

Kebutuhan nutrisi pada anak memang harus dipenuhi, dimana kebutuhan nutrisi ini sendiri memang sangat penting untuk anak‚Äďanak di masa pertumbuhannya. Dan berikut adalah 5 kebutuhan nutrisi pada anak yang harus dipenuhi diantaranya:

Zat Besi

Jenis mineral ini memainkan peranan yang sangat penting dalam hal produksi dari hemoglobin. Dimana nutrisi ini memiliki fungsi untuk bisa memperlancar sel darah merah yang mana membawa oksigen untuk disalurkan keseluruh tubuh. Zat besi ini sebenarnya dapat sangat membantu dalam perkembangan dalam keterampilan motorik dan memori otak anak.

Dan sebagai orang tua, harus memastikan jika anak mendapatkan setidaknya pastikan Anda mendapatkannya baik dari daging sapi, ayam, telur, ikan, alpukat, bayam hingga brokoli.

Zinc

kebutuhan nutrisi satu ini juga sangat mirip dengan zat besi, dimana nutrisi ini bisa menjaga otak anak agar bisa terus berkembang dan juga bergerak. Zinc ini juga memiliki fungsi untuk memproduksi sel darah putih yang akhirnya bisa melawan infeksi dan juga memastikan sel dalam tubuh akhirnya tubuh dengan baik.

Anda bisa memenuhi kebutuhan zinc pada anak anda dengan memberikan mereka daging sapi dan daging ayam. Anda juga bisa mengolah makanan ini menjadi makanan yang lezat untuk dikonsumsi oleh si buah hati. Dan selain itu, orang tua juga bisa memberikan makanan lain yang memang memiliki kandungan zat besi dan zinc dengan mengolahkan menjadi makanan enak dan sehat.

Kalsium dan Vitamin D

Sebagai orang tua juga harus memenuhi kebutuhan kalsium anak dengan baik karena ini berfungsi untuk mengembangkan tulang sehingga tulang menjadi lebih kuat. Vitamin D sebenarnya sangat baik dalam hal membantu untuk penyerapan kalsium. Nah, untuk mendapatkan jumlah kalsium yang cukup untuk anak Anda, orang tua bisa memberikan susu formula yang memang diberikan untuk menutrisi kalsium yang dibutuhkan untuk anak.

Selain susu formula, orang tua juga bisa memberikan asupan lain sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan kalsium anak diantaranya adalah dengan memberikan telur dan ikan pada anak. Anda bisa mengolah makanan ini menjadi makanan yang enak sehingga anak akan menjadi lahap untuk mengkonsumsinya.

Omega 3

Omega 3 adalah salah jenis nutrisi yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh di usia pertumbuhan. Untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan, maka ada baiknya Anda memberikan nutrisi yang cukup. Dimana nutrisi Omega 3 pada anak memiliki fungsi untuk membantu dalam perkembangan otak dan mata mereka.

Ada beberapa penelitian yang mengatakan jika Omega 3 akan membantu anak Anda dalam hal perkembangan kemampuan kognitifnya. Dimana sebenarnya lemak sehat ini akan sangat membantu tubuh dalam hal menyerap vitamin A dan vitamin E. Untuk Anda yang ingin memenuhi kebutuhan Omega 3 pada anak maka Anda bisa mendapatkannya dari alpukat dan salmon.

Ada banyak sekali makanan olahan sehat dengan dua bahan ini, tentu saja Anda bisa membantu menu makanan yang enak dan lezat sehingga nutrisi mereka terpenuhi dan juga sangat suka dengan makanannya.

Vitamin A, B, C dan E

Vitamin A, vitamin B, Vitamin C dan Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang mana bisa sangat membantu dalam untuk perkembangan fungsi saraf, fungsi organ mata, kulit dan juga mampu untuk meningkatkan fungsi dari kekebalan dalam tubuh. Seluruh vitamin tersebut harus dilengkapi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak Anda. Nah, Anda juga tidak harus ragu untuk bisa memenuhi nutrisi ini pada anak.

Anda dapat memasukkan beberapa jenis sayuran yang memiliki manfaat dengan jumlah vitamin yang cukup tinggi. Beberapa jenis makanan yang bisa digunakan untuk memenuhi vitamin ini adalah Ubi dan Wortel yang mengandung vitamin A.

Sayuran hijau dan pisang yang mana memiliki kandungan vitamin B yang sangat tinggi. Sedangkan untuk vitamin C anda bisa dapatkan dari tomat, stroberi, jeruk hingga dari melon. Sedangkan untuk vitamin E, Anda bisa mendapatkannya dari jenis biji-bijian.

Itulah beberapa kebutuhan nutrisi pada anak Anda untuk masa tumbuh kembang yang diharapkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda sebagai orang tua yang saya anak.

Salam.

Tinggalkan komentar