5 Makanan Tinggi Serat untuk Bayi

Para ibu yang anaknya sudah memasuki usia MPASI, pasti sangat antusias untuk memulai suapan pertama mereka. Konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan petunjuk makanan apa yang paling tepat untuk si kecil.

Jangan dulu memberikan makanan tinggi serat untuk bayi sebelum usia mereka cukup dan sudah dianjurkan oleh dokter spesalis anak.

5 Daftar Makanan Tinggi Serat untuk Bayi

Makanan Tinggi Serat untuk Bayi

Di bawah ini adalah beberapa macam jenis makanan berserat yang bisa diberikan pada bayi:

1. Buah Alpukat

Buah yang satu ini bukan hanya mengandung serat yang tinggi, namun juga mengandung asam lemak tak jenuh yang baik dalam menjaga kesehatan jantung anak.

Buah alpukat mengandung sebanyak 2 gram serat dan juga terkandung lemak baik yang akan membantu menghindarkan sakit jantung.

Buah alpukat bisa dikonsumsi langsung, bisa juga diolah menjadi santapan lainnya seperti alpukat kocok, jus alpukat, puding susu alpukat dan lainnya.

2. Roti Gandum

Jenis makanan berserat lainnya adalah gandum, yang sudah diolah sedemikian rupa menjadi makanan yang mudah dikonsumsi seperti roti. Supaya lebih maksimal, baiknya memilih roti gandum utuh, sebab kandungan seratnya lebih tinggi dan lebih bagus untuk pertumbuhan anak.

Roti gandum bisa dikreasikan untuk membuat snack yang sehat, misalnya dijadikan sandwich telur, maupun puding susu yang lembut dengan roti gandum sehingga lebih bermanfaat.

3. Apel

Bayi membutuhkan sebanyak 10 gram serat per hari untuk pertumbuhannya, dan dalam sebutir apel, terkandung 3,6 hingga 4,4 gram serat.

Buah apel bisa diberikan pada bayi dengan cara diberikan langsung (dipotong-potong sesuai kemampuan anak) dan bisa juga dijadikan jus. Jika anak kurang doyan makan, memberikan jus apel bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan serat dan nutrisi harian anak.

4. Brokoli

Siapa yang tidak kenal dengan brokoli? Bukan hanya terkenal sebagai makanan yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker saja, namun juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan si buah hati. Dalam satu mangkok kecil brokoli, terkandung sebanyak 5,1 gram serat.

Bahkan kandungan kalsiumnya cukup untuk memenuhi kebutuhan si kecil, sehingga pertumbuhan gigi dan tulang anak bisa optimal. Brokoli bisa disajikan dengan cara direbus, kemudian diberi sedikit garam dan sudah siap untuk dikonsumsi.

Bisa juga dijadikan olahan seperti brokoli goreng tepung, atau ditumis dengan jamur dan sosis jika bayi sudah bisa mengonsumsi makanan keluarga, umumnya setelah usia anak 12 bulan ke atas.

5. Oatmeal

Oat adalah makanan kaya serat lainnya yang bisa diberikan pada bayi. Jenis makanan berserat yang satu ini mengandung beta glucan yang diketahui banyak sekali manfaatnya, misalnya untuk tingkatkan sistem imun tubuh bayi.

Jadi bukan hanya cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya saja, namun juga menjaganya supaya tidak mudah sakit. Menariknya, oatmeal bukan hanya bisa diseduh dengan susu hangat dan dicampuri aneka buah atau topping lezat lainnya, namun juga bisa dibuat menjadi pudding dan kue sehat untuk cemilan anak.

Oatmeal sekarang mudah ditemukan di negara kita dan harganya juga terbilang terjangkau, jadi bisa sekali stok, deh!

Itulah dia beberapa jenis makanan berserat yang bisa diberikan untuk bayi di usia MPASI mereka. Sebagai seorang ibu, tentunya tidak bisa sembarangan saat memberikan makanan bagi si kecil, ia harus pandai dalam mengolah aneka menu juga, supaya anak merasa antusas dalam mengomsumsi makananya nanti.

Tinggalkan komentar