7 Makanan Penambah Trombosit dengan Cepat

Sebelum membahas lebih jauh tentang rekomendasi makanan untuk menaikkan trombosit, sudah pada tahu belum apa itu istilah trombosit?

Trombosit merupakan salah satu unsur darah dalam tubuh manusia yang harus dijaga agar tetap dalam jumlah yang normal untuk melindungi tubuh dari risiko terserangnya penyakit.

Pada dasarnya darah terbagi atas dua unsur, yakni plasma darah (cairan darah) dan sel darah. Adapun sel darah sendiri terbagi lagi atas sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah atau trombosit (platelet).

Trombosit berperan penting dalam proses pembekuan darah normal (koagulasi). Pada proses pembekuan darah tersebut, darah akan membentuk gumpalan bekuan darah untuk membantu proses penutupan dan atau memulihkan luka hingga menghentikan pendarahan.

Jika jumlah trombosit dalam tubuh kurang dari jumlah normal, dikhawatirkan dapat mengganggu proses pembekuan darah. Jika jumlah trombosit mengalami kelainan atau terganggu maka akan menaikkan risiko pendarahan yang berlebih, atau terjadi sebaliknya yakni pembekuan darah yang terlalu banyak hingga mengganggu sirkulasi darah.

Gejala-gejala menurunnya trombosit

Terdapat gejala-gejala yang harus diperhatikan yang menandakan jumlah trombosit dalam tubuh mengalami penurunan, diantaranya:

  • Mimisan
  • Perdarahan pada gusi
  • Perdarahan pada luka tidak berhenti
  • Perdarahan berat saat menstruasi
  • Perdarahan di rectum
  • Muncul memar di kulit berwarna kemerahan, ungu atau coklat
  • Muncul ruam bintik-bintik kecil berwarna merah atau ungu yang biasanya muncul di kaki bagian bawah
  • Pembengkakan limpa
  • Warna kulit dan mata menjadi kuning (jaundice)

Lantas apa yang bisa dilakukan jika trombosit turun? Adakah cara menaikkan trombosit dalam sehari ?

Makanan Penambah Trombosit dengan Cepat

Makanan Penambah Trombosit dengan Cepat

Jika Anda mulai merasakan gejala-gejala yang sudah disebutkan sebelumnya, maka Anda bisa menaikkan trombosit dengan mengkonsumsi beberapa makanan penambah trombosit di bawah ini:

1. Jambu Biji

Jambu biji dipercaya sebagai salah satu buah yang dapat menaikkan trombosit. Pada tubuh. Zat aktif trombino yang ada pada buah jambu biji mampu merangsang trombopoietin untuk memproduksi keping darah yang lebih banyak.

Selain itu, jambu biji dianggap dapat menaikkan trombosit dikarenakan mengandung vitamin C yang tinggi. Sedangkan, mengkonsumsi air rebusan jambu biji dipercaya dapat menaikkan jumlah trombosit dan mencegah terjadinya perdarahan pada penderita DBD.

Anda bisa menyantap jambu biji secara  langsung atau juga bisa dibuat menjadi jus jambu biji bisa menaikkan trombosit pada penderita.

2. Mangga

Tidak hanya jambu biji, buah mangga juga dipercaya mampu menaikkan trombosit pada tubuh. Hal tersebut dikarenakan buah mangga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Kandungan vitamin C pada mangga dapat membantu proses penyerapan zat besi dan menaikkan trombosit dalam darah.

3. Delima

Buah yang tidak kalah memiliki kandungan vitamin C yang tinggi adalah buah delima. Vitamin C pada buah delima ini dapat membantu proses penambahan trombosit dalam tubuh.

Tidak hanya mengandung vitamin C, buah delima juga mengandung folat yang berperan penting dalam pembentukan sel darah. Zat besi yang terkandung dalam buah delima mampu meningkatkan trombosit dan sel darah merah.

4. Sayuran Hijau

Beberapa sayuran hijau dipercaya memiliki sejumlah vitamin K yang terbilang tinggi. Itulah mengapa sayuran hijau ini dipercaya mampu menaikkan trombosit.

Vitamin K mampu meningkatkan jumlah serta kekuatan keping darah atau trombosit sekaligus memisahkan sel trombosit yang saling menempel satu dan lainnya.

Disamping itu, sayuran hijau juga mengandung zat besi yang membantu proses produksi sel darah yang lebih sehat.

Diantara sayuran yang dapat menaikkan jumlah trombosit adalah brokoli, kangkung, bayam, selada, daun pepaya, dan kubis.

5. Kurma

Buah kurma dikenal kaya akan vitamin, mineral, dan fitonutrien. Selain mengandung vitamin K, kurma juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B5, vitamin A dan vitamin C.

Terlebih lagi, kurma juga mengandung zat besi, fosfor, potassium, kalsium, magnesium, dan zinc yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

6. Wortel

Makanan yang mengandung vitamin A sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi jika Anda ingin menaikkan trombosit. Vitamin A berperan penting dalam pembentukan trombosit dikarenakan vitamin A memiliki peranan yang krusial dalam pembentukan protein dalam tubuh.

Selain wortel, diantara sayuran lainnya yang juga mengandung vitamin A diantaranya labu, kale, dan kangkung.

7. Jeruk

Kembali pada jenis buah, jeruk juga dianggap mampu menaikkan trombosit karena buah jeruk mengandung folat.

Perlu diketahui bahwa kekurangan folat atau vitamin B9 dapat menambah risiko menurunnya trombosit.Dengan begitu, mengkonsumsi jeruk dapat membantu menaikkan folat hingga jumlah trombositnya pun kembali normal.

Itulah beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk penambah trombosit dalam darah. Selain itu Anda juga dapat mengoptimalkan perlindungan dari kuman dan mengurangi risiko infeksi dengan perawatan tubuh antiseptik.

Produk sabun mandi dan sabun cuci tangan Lifebuoy mengandung antiseptik alami yang dapat membantu membasmi kuman dan bakteri jahat di tubuh. Ada banyak sekali pilihan produk yang dapat Anda pilih yang pastinya menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Lifebuoy Sabun Cair total 10 contohnya, bahan kandungannya seperti timol, sodium palmate hingga glycerin, membantu membasmi kuman dan kotoran pada tubuh.


Ruqiyah,bekam ruqyah center cirebon, biaya ruqyah di cirebon, pengobatan ruqyah cirebon cirebon jawa barat, rumah ruqyah cirebon, ruqyah cirebon, ruqyah cirebon indramayu majalengka kuningan, ruqyah di cirebon, ruqyah rehab hati cirebon, ruqyah syariah cirebon, ruqyah syariah di cirebon, ruqyah syar'iyyah cirebon, ruqyah syar'iyyah cirebon cirebon jawa barat, tempat ruqyah cirebon, tempat ruqyah di cirebon,

Ruqyah Cirebon Dedi Natadiningrat

Ruqyah di Cirebon yang profesional adalah Dedi Natadiningrat, peruqyah yang membuka terapinya sejak tahun 1997 sampai sekarang. Terapi ruqyah Cirebon Dedi Natadiningrat sudah berpengalaman dari gangguan spiritual hingga medis. Seperti…

Tinggalkan komentar