Inilah Keutamaan dari Wakaf Uang

Wakaf merupakan salah satu amalan yang bisa dilakukan oleh umat Islam untuk mempersiapkan kehidupan yang kekal di akhirat nanti, pasalnya wakaf merupakan amalan yang pahalanya akan terus mengalir.

Selain untuk ibadah wakaf juga salah satu instrumen yang bisa digunakan untuk membantu kepentingan umum atau kepentingan sosial. Bahkan dengan perkembangan zaman wakaf bisa digunakan untuk mensejahterakan.

Salah satu contoh wakaf yang memberikan kesejahteraan untuk masyarakat adalah wakaf yang dilakukan oleh Utsman bin Affan dengan mewakafkan sumur. Bahkan sumur tersebut masih ada sampai saat ini.

Saat ini wakaf tidak lagi dalam bentuk tanah atau sumur, melainkan bisa dalam bentuk uang yang kemudian dikelola oleh lembaga wakaf untuk dimanfaatkan untuk kepentingan umum.

Ada banyak sekali keutamaan wakaf uang, sehingga saat ini bagi yang sudah mampu sangat dianjurkan untuk melakukan wakaf uang guna menambah amalan dan juga pahala.

Pengertian Wakaf Uang

Cara Kerja Reseller Online yang Sukses dan Berpenghasilan Besar, aplikasi layanan pinjaman online, layanan pengaduan pinjaman online, layanan pinjaman online, layanan pinjaman online 24 jam, layanan pinjaman online terbaik, layanan pinjaman online yang terdaftar di ojk, layanan pinjaman uang online, pinjaman online tanpa biaya layanan,Memperluas Jaringan
Sumber: id.pinterest.com

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai keutamaan wakaf uang, mari melihat terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan wakaf uang.

Pengertian wakaf uang adalah wakaf yang ditunaikan oleh umat Islam, baik secara perorangan maupun kelompok dalam bentuk uang tunai. Wakaf uang sendiri merupakan pengembangan dari wakaf pada zaman dahulu.

Saat ini juga banyak sekali lembaga yang telah menjalankan program wakaf uang, salah satunya adalah BSI Maslahat melalui program WUBU (Wakaf Uang Berkah Umat).

Wakaf uang hukumnya adalah boleh, bahkan Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa mengenai hukum wakaf uang.

Fatwa mui tentang wakaf uang sendiri dikeluarkan pada tanggal 11 Mei 2022 dimana dalam fatwa tersebut dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan wakaf uang serta dasar hukum yang membolehkan wakaf uang.

Selain diatur dalam fatwa MUI tentang wakaf uang, negara Indonesia sendiri  juga mengatur wakaf uang dalam Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004.

Dalam Undang-Undang tersebut dijelaskan mengenai ruang lingkup dari wakaf uang. Dimana tidak hanya meliputi uang tetapi juga meliputi surat berharga, logam mulia dan beberapa jenis lainnya.

Keutamaan Wakaf Uang

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan wakaf uang, selanjutnya akan dibahas terkait dengan keutamaan wakaf uang. Seperti wakaf pada umumnya, wakaf uang juga memiliki banyak keutamaan.

Amal Jariyah

Salah satu keutamaan wakaf adalah termasuk amal jariyah, atau amalan yang akan selalu mengalir pahalanya selama yang diwakafkan masih dimanfaatkan.

Berbeda dengan wakaf tanah atau bangunan, wakaf uang penunaiannya lebih mudah dan lebih praktis apalagi saat ini banyak lembaga yang telah menerima wakaf uang.

Salah satunya adalah BSI Maslahat melalui program unggulannya yang disebut dengan WUBU (Wakaf Uang Berkah Umat).

Lebih Universal

Keutamaan wakaf uang jika dibandingkan dengan wakaf pada umumnya adalah lebih universal dan bisa menjangkau siapa saja.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sampai saat ini masih banyak stigma yang berkembang di masyarakat jika wakaf harus tanah yang luas maupun bangunan yang besar, padahal saat ini wakaf bisa dilakukan dengan uang.

Memajukan Keuangan Syariah

Wakaf uang bukan hanya berguna untuk kepentingan sosial, tetapi secara tidak langsung juga berperan dalam memajukan keuangan syariah.

Pengelolaan wakaf uang yang semakin beragam misalnya dengan produk-produk kolaborasi menjadi sukuk dan surat berharga syariah membuat wakaf uang meningkatkan perputaran uang di industri syariah semakin baik.

Berguna untuk Pembangunan

Wakaf uang juga bisa digunakan untuk pembangunan berbagai infrastruktur yang berguna untuk masyarakat.

Selain itu wakaf uang juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan umat lainnya, sehingga wakaf uang menjadi salah satu jenis wakaf yang paling fleksibel dan efektif.

Menghindari Aset Terlantar

Wakaf uang menjadi wakaf yang paling mudah untuk dijadikan sebagai wakaf produktif, jika dibandingkan dengan jenis wakaf yang lainnya seperti tanah atau bangunan.

Di Indonesia sendiri saat ini masih banyak sekali wakaf yang non produktif, pasalnya untuk mengelola wakaf tanah atau bangunan juga membutuhkan biaya yang besar.

Ayo Berwakaf di BSI Maslahat

Untuk Anda yang ingin menyalurkan wakaf uang saat ini sudah banyak sekali lembaga yang mengelolanya, salah satunya adalah BSI Maslahat.

BSI Maslahat sendiri memiliki banyak program yang berguna untuk umat, salah satunya adalah WUBU (Wakaf Uang Berkah Umat).

Ada banyak benefit yang akan Anda dapatkan jika mengikuti program WUBU ini, mulai dari nilai wakaf yang yang tidak akan berkurang selamanya.

Kemudian wakaf uang Anda akan diinvestasikan untuk produk-produk syariah sehingga dijamin bahwa wakaf uang akan menjadi celengan untuk akhirat.

Selain itu dengan wakaf uang di BSI Maslahat maka imbal hasilnya akan digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan umat, jadi selain beramal juga membantu sesama.

Wakaf uang di BSI Maslahat (bsimaslahat.org/wakaf) sendiri caranya sangat mudah, karena bisa dilakukan dengan mudah.

Pembayarannya juga bisa dilakukan melalui QRIS, transfer maupun lewat e-wallet. Jadi tunggu apalagi siapkan akhiratmu dengan berwakaf uang di BSI Maslahat.


Ide Parcel Lebaran Kekinian

Ide Parcel Lebaran Kekinian

Parcel lebaran kekinian bisa jadi salah satu pilihan untuk membersamai perayaan Idul Fitri. Keberadaan parcel sendiri memang sudah tidak asing lagi, terlebih di momen hari raya. Ide isian parcelnya pun…

Tinggalkan komentar