6 Jenis Lapangan Futsal Beserta Keunggulannya

Futsal merupakan jenis olahraga yang tidak membutuhkan biaya banyak dan caranya dua grup saling bertanding. Olahraga ini menjadi banyak peminatnya untuk menyatukan komunikasi dan kebersamaan. Sehingga wajar jika banyak yang menyewakan lapangan futsal.

Ternyata untuk membuka persewaan lapangan futsal perlu memperhatikan lapisan lapangannya. Ada banyak jenis yang bisa dijadikan pilihan. Seperti lapangan futsal interlock, merupakan jenis lantai futsal yang sering digunakan.

Harga interlock futsal dengan harga jenis lantai lainnya berbeda-beda.  Dikarenakan bahan yang digunakan dan ketahanannya berbeda pula. Tapi sebelum membeli lantai lapangan sebaiknya pahami keunggulan dari berbagai jenis lapangan futsal.

6 Jenis Lapangan Futsal dan Keunggulannya

jenis Lapangan Futsal

1. Lapangan Futsal Interlock

Jenis pertama adalah lapangan futsal dengan bahan dasar polypropylene. Bahan baku yang mirip dengan plastik tapi lebih lentur, lembut, halus, dan rata. Penerapan lapangan futsal interlock pun sangat mudah  karena menggunakan sistem knock down.

Keunggulannya antara lain:

  • Daya tahannya tinggi, seperti warnanya yang awet, tidak mudah jamuran, tidak mudah terlepas dari pemasangan, dan awet penggunanannya.
  • Banyak pilihan warna untuk mengganti-ganti lantai dan sangat gampang untuk dibersihkan.
  • Untuk memasang lantai interlock seperti memasang keramik.
  • Untuk membersihkan lapangan cukup mudah, sehingga pelanggan bisa sewa kembali.

2. Lapangan Futsal Vinyl

Jenis kedua adalah lapangan vinyl yang terbuat dari rubber atau karet.  Lapangan ini sangat cocok karena permukaannya bisa membantu lancarnya perpindahan bola baik ke teman maupun lama.

Keunggulan dari kain Vinyl :

  • Tekstur lapangan vinyl lebih empuk yang nyaman untuk oper bola.
  • Lantainya tersusun dari banyaknya lapisan sehingga mengurangi ceder pada pemain.

Jenis lapangan ini sering ditemukan pada tempat penyewaan lapangan. Karena bahannya yang tidak mudah terkelupas dan awet.

3. Lapangan Jenis Taraflex

Taraflex merupakan lapangan futsal yang terbuat dari polyethylen/biji plastik yang dipadatkan.  Jenis lapangan futsal yang menjadi pilihan karena keunggulannya sebagai berikut:

  • Permukaan lapangan yang rata dan tidak mudah berlobang.
  • Jenis lapangan yang tidak licin maupun kasar.

4. Lapangan Jenis Semen

Keunggulan dari lantai semen adalah pembiayan pembuatannya lebih murah, biaya rawatnya lebih murah dari yang lainnya, dan permukaan lantai rata.

Hanya saja memiliki kekurangan yaitu kurang bagus untuk keselamatan pemain futsal. Cedera di lantai semen bisa lebih parah karena lantainya keras.  Juga terkadang lantainya licin, sehingga pemain mudah tergelincir. Apalagi di musim hujan, air hujan menjadikan lapangan terasa licin.

5. Lapangan Jenis Parquette

Parquette merupakan jenis lapangan berbahan kayu tipis yang sangat kuat. Sayangnya jenis lapangan ini tidak begitu terkenal di Indonesia. Benua Eropa maupun Amerika Latin banyak menggunakan lapangan Parquette untuk kegiatan olahraga indoor mereka.

Di Indonesia sendiri masin asing untuk dijadikan lapangan futsal. Biasanya lapangan ini ditemukan dalam GOR-GOR. Untuk tempat penyewaan lapangang futsal terbilang jarang.

Keunggulan dari lapangan kayu sebagai berikut:

  • Permukaan yang kesat menyebabkan kekuatan cakram untuk menahan diri pemain sangat bagus. Hal ini bisa menghindari tergelincirnya pemain.
  • Permukaan yang rata dan pas untuk melakukan oper bola.

Kekurangan dari lapangan ini adalah karakternya yang keras dan mudah terpengaruhi oleh cuaca. Karena bahan kayu yang bisa terdampak jamur, renggang, maupun aus.

6. Lapangan Rumput Sintetis

Keunggulan dari rumput sintetis adalah permukaan lapangan rumput sintetis yang empuk sehingga bagus untuk keamanan pemain dan untuk laju bola tidak terlalu cepat sehingga cukup mudah untuk menguasai bola.

Rumput sintetis banyak digunakan untuk lapangan futsal karena mirip dengan rumput asli. Meski ujung dari rumput sintetis lebih tajam dari aslinya, tapi tidak mempengaruhi penggunaannya.

Sekarang waktunya untuk memilih dari harga interlock futsal dengan yang lainnya. Harga murah bukan berarti paling baik, tapi kualitas dari bahan lantai futsal yang menjadi patokannya. Terutama keawetan dan keamanan untuk pemain futsal agar tidak mudah cedera.

Terutama hati-hati ketika membeli lapangan futsal interlock, vinyl, taraflex, dan lainnya harus membeli di tempat yang benar-benar asli bahan utamanya. Untuk lebih mengetahui lebih detail bisa hubungi https://karpetbadminton.id/.


7 Produk Olaplex untuk Perawatan Rambut

7 Produk Olaplex untuk Perawatan Rambut

Mencuci rambut ternyata bukan perkara yang sederhana, ada banyak hal yang harus diperhatikan supaya bisa maksimal membersihkan rambut dari kotoran dan tetap menjaga kesehatannya. Olaplex treatment adalah produk yang  khusus…

toko online gratis, Kiat Meningkatkan Performance Management untuk Perusahaan Start-Up, Internet banking, Jasaview.com : Nonton Iklan yang Beneran di Bayar

6 Persiapan Berjualan Di Marketplace

Menjual atau berbisnis di marketplace kini menjadi pilihan banyak orang. Dengan semakin meningkatnya pangsa marketplace atau konsumen di marketplace, beberapa pelaku bisnis besar tidak mau ketinggalan platform digital sebagai media…

Tinggalkan komentar