Cara Bikin Bakso Rumahan dari MamaSuka

Bakso adalah makanan favorit rakyat Indonesia. Biasanya bakso rumahan dan mie ayam tersebar merata di berbagai daerah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Hampir di setiap persimpangan jalan-jalan yang ramai orang berlalu Lalang akan dijumpai penjual bakso dan mie ayam.

Karena banyak orang yang menggemarinya, maka tidak ada salahnya jika kamu membuatnya di rumah. Membuat bakso di rumah ini dapat menghemat bujet sekaligus memastikan bahwa bakso yang dikonsumsi oleh kamu dan keluarga ini sehat, enak, dan terjamin kualitasnya.

Bahan-bahan Bakso Rumahan

  • 500 gram ayam (pilih bagian yang banyak dagingnya)
  • 250 gram tetelan
  • 6 butir telur ayam (ambil putihnya saja)
  • 1 kilo gram tulang sumsum  sapi
  • 400 gram tapioka
  • 400 gram batu es
  • 2 sendok teh bubuk lada
  • 20 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 1 bungkus MamaSuka bumbu kuah bakso
  • 2 sendok makan baking powder
  • 1 sendok makan kaldu garam dapur
  • 2 sendok makan kaldu yang berbentuk bubuk
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Alat yang digunakan

  • 1 buah wajan
  • 1 buah solet
  • 1 buah pisau
  • 1 set chopper
  • 1 buah baskom
  • 1 buah alat untuk mengaduk
  • 1 set kompor beserta gasnya

Cara Membuat Bakso Rumahan

Cara Bikin Bakso Rumahan dari MamaSuka

Agar tidak ada langkah-langkah yang terlewatkan, kamu bisa mengikuti panduan cara membuat bakso berikut ini.

Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum membuat bakso kerikil, pastikan bahwa alat dan bahan yang dibutuhkan sudah tersedia di hadapanmu. Pengecekan ketersediaan seluruh alat dan bahan ini akan membantu dan memudahkan kamu ketika membuatnya. Dengan begitu waktu yang dibutuhkan akan lebih efektif.

Olah Bawang

Sebelum melakukan langkah yang lainnya, Kamu harus mengolah bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan mengiris masing-masing bawang dengan tipis. Setelah itu siapkanlah wajan di atas kompor dengan api menyala.

Lalu tuangkan minyak secukupnya ke dalam wajan untuk menggoreng bawang merah dan bawang putih. Gorenglah bawang tersebut sampai warnanya berubah coklat keemasan. Setelah dirasa cukup keemasan, lalu angkat dan tiriskanlah bawang goreng tersebut.

Olah Daging Ayam

Seperti yang telah disebutkan bahwa dalam pembuatan bakso ini yang digunakan hanya bagian dagingnya. Jadi jika masih ada bagian kulit ataupun tulang keras yang tercampur di dalamnya maka segera pisahkanlah ia dari daging.

Jika tidak disingkirkan, tulang dan kulit ayam akan menghambat proses penggilingan daging ayam. Setelah benar-benar sudah disortir, lalu potong-potonglah daging ayam itu menjadi bagian-bagian yang lebih kecil lagi untuk meringankan kerja chopper saat proses penggilingan.

Kemudian gilinglah daging ayam yang telah dipotong itu menggunakan chopper sampai ia benar-benar halus. Setelah memastikannya sudah digiling sampai halus, lalu masukkan dan gilinglah seluruh bahan lainnya ke dalam chopper, kecuali tepung tapioka.

Setelah semuanya disatukan dan digiling dalam chopper sampai halus, kemudian aduklah adonan tersebut agar semuanya tercampur rata. Langkah berikutnya yaitu memasukkan tepung tapioka ke dalam chopper untuk menyampurkannya bersama adonan yang telah dihaluskan tadi.

Bentuk dan Masak Bakso

Setelah semuanya tercampur rata, kamu harus menyiapkan wajan berisi air mendidih di atas kompor yang menyala dengan api sedang. Kemudian bentuklah adonan menjadi bola-bola kecil sesuai seleramu.

Masukkanlah bola-bola bakso itu ke dalam air mendidih. Biarkan beberapa saat sampai akhirnya dia mengapung dengan sendirinya ke atas permukaan. Ketika bakso sudah mengapung di permukaan air, berarti dia sudah matang. Lalu angkat dan tiriskanlah bakso yang sudah matang itu.

Buat Kuah

Setelah baksonya siap untuk disantap, kini kamu bisa beranjak ke langkah selanjutnya yaitu menyiapkan kuahnya. Pada dasarnya kuah ini bisa dibuat hanya dengan mencampurkan 1 sachet MamaSuka bumbu kuah bakso dengan air mendidih.

Tapi jika ingin membuatnya lebih mantap lagi, kamu bisa menambahkan 1 kilo gram tulang sumsum sapi ke dalamnya. Caranya mudah, kamu hanya perlu merebus 1 kilo gram tulang sumsum sapi dengan sejumlah air sesuai dengan seleramu.

Kemudian tambahkan 1 sachet MamaSuka bumbu kuah bakso ke dalamnya dan rebuslah ia bersama bakso-bakso yang telah matang. Kamu juga bisa mencampurkan bakso yang telah matang dan mensajikannya bersama sebagian kuah yang telah matang dalam mangkuk yang berbeda.

Menambahkan bumbu dari MamaSuka ini bisa menjadikan masakanmu lebih nikmat. Meskipun bumbu ini bisa meningkatkan cita rasa untuk menggugah selera makan, tapi kamu juga tidak boleh menggunakannya secara berlebihan.

Apalagi MamaSuka ini menyediakan berbagai bumbu masakan lainnya untuk memudahkan momen-momen memasakmu di rumah. Tidak hanya bumbu yang disiapkan oleh MamaSuka, berbagai resep yang membangkitkan selera makan pun turut disajikan pada webnya.

Kamu hanya perlu mengunjungi web resminya di mamasuka.com lalu pilih menu yang ingin kamu recook. Banyak pilihan menu yang akan memanjakanmu. Dengan banyaknya pilihan menu tersebut, kamu tidak akan kebingungan menentukan jenis masakan apa yang akan di eksekusi selanjutnya.

Keluargamu pun jadi semakin bahagia karena kamu memasakkan menu yang lebih variatif lagi setelah mengenal mamasuka.com. Bahkan kamu juga bisa mengajak anggota keluarga untuk memilih menu yang tersedia di mamasuka.com agar sesuai dengan keinginan mereka.

Setelah bisa membuat bakso rumahan seperti di atas, kamu akan semakin jago untuk memasak menu lainnya yang ada di mamasuka.com. Menu bakso ini bisa jadi stok cadangan makanan yang awet untuk keluarga jika melakukan penyimpanannya dengan benar.


Khasiat Madu Manuka New Zealand

5 Khasiat Madu Manuka New Zealand

Madu manuka merupakan salah satu jenis madu yang beberapa tahun terakhir banyak diperbincangkan karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan peningkatan imunitas tubuh. Bahkan, madu manuka juga hanya diproduksi secara…

Tinggalkan komentar