6 Daftar Persiapan Persalinan di Klinik Bersalin

Menjelang due date atau hari yang diperkirakan menjadi hari si kecil lahir, biasanya pasangan orangtua sudah memiliki pilihan klinik bersalin masing-masing. Biasanya dipilih dari rekomendasi kenalan, atau melihat reviewnya dari media sosial, bahkan ada juga yang dipilih sesuai dengan biaya persalinan normal di klinik itu sendiri.

Sebelum berangkat ke klinik, Mommil dan Ayah harus melakukan persiapan persalinan. Tujuannya supaya nanti di klinik tidak akan kerepotan karena tidak membawa barang-barang pribadi yang dibutuhkan saat melahirkan dan paska melahirkan.

Beberapa barang tersebut harus disiapkan dan dimasukkan ke dalam satu tas besar yang mudah untuk dibawa, serta diletakkan tak jauh dari pandangan. Sehingga saat Mommil siap berangkat ke klinik untuk melahirkan, tas tersebut tak akan tertinggal.

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Persalinan

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Persalinan

Mommil dan Ayah, berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus tersedia sejak jauh-jauh hari sebelum due date. Idealnya, semua barang tersebut disiapkan sejak bulan ke 7. Sebab tak ada yang tahu apakah si kecil akan lahir setelah 9 bulan, atau mungkin malah lahir prematur di usia 7 atau 8 bulan.

Apabila sudah menyiapkannya, maka saat Mommil sudah merasakan mulas-mulas, Ayah bisa langsung mengambil perlengkapan tersebut dan berangkat ke klinik bersalin.

Apa saja daftar persiapan persalinan yang harus Mommil dan Ayah siapkan?

1. Bawalah pakaian ganti untuk Mom

Yang pertama harus disiapkan adalah pakaian ganti untuk Mom setelah melahirkan, usahakan yang bentuknya piyama ataupun daster, yang memiliki kancing di depan sehingga lebih nyaman saat menyusui si kecil nantinya dan yang jelas menyerap keringat juga.

2. Membawa perlengkapan menyusui, bra, bantal menyusui juga breast pad

Tahukah Mommil? Jika setelah melahirkan harus mengenakan bra khusus bagi Mom menyusui. Tapi walau belum punya, tak apa pakai yang biasa asalkan nyaman dipakai dan tetap bisa menyusui dengan nyaman. Jangan lupakan bantal menyusui, supaya bisa memposisikan diri lebih leluasa saat menyusui dan breast pad untuk mencegah ASI merembes ke pakaian.

3. Bawalah alas kaki yang nyaman digunakan

Jangan salah, setelah melahirkan banyak Mom yang ingin jalan-jalan di sekitar klinik bersalin, supaya menambah semangat untuk lekas pulih dan pulang. Mommil harus mengenakan alas kaki yang nyaman, empuk dan tidak licin saat dipakai sehingga tidak akan membahayakan saat  berjalan.

4. Siapkan selimut, baju bayi dan topi untuk si kecil

Di dalam tas persalinan milik Mommil, pastikan sudah dimasukkan pakaian si kecil ya? Pakaian ini kelak akan dipakai untuk pulang dari klinik. Siapkan selimut bayi, bedong yang hangat (sekarang banyak bedong instan yang nyaman), baju yang lembut dan topinya juga. Siapkan beberapa setel pakaian bayi baru lahir, supaya bisa mengantisipasi andai pakaiannya sudah dikotori saat si kecil pee dan poop.

5. Jangan lupakan alat mandi dan kosmetik untuk Mommil

Jangan salah, saat momen setelah melahirkan tentu Mom ingin tetap terlihat segar dan ceria saat ada tamu yang datang berkunjung. Tidak dilarang jika ingin memoles wajah dengan riasan tipis supaya terlihat lebih segar. Juga alat mandi, supaya bisa mandi dengan nyaman sebelum atau sesudah melahirkan.

6. Persiapkan Dokumen penting

Jika ingin melahirkan di klinik bersalin, pastikan sudah membawa semua dokumen penting Mommil, misalnya KTP dan Kartu keluarga, kartu BPJS, kartu asuransi jika punya dan semua itu harus disiapkan untuk mempermudah proses administrasi kelak.

Itulah dia beberapa daftar persiapan persalinan di klinik bersalin, pastikan Mommil dan Ayah juga sudah mengetahui tarif untuk proses melahirkan, sehingga bisa menyiapkan biaya persalinan normal di klinik.

Bagi Mommil dan Ayah yang sedang mencari referensi seputar kesehatan ibu hamil, dan masih mencari rekomendasi klinik bersalin, maka informasi yang ada di situs Kehamilan Sehat bisa jadi pilihan yang bijak. Di sini bukan hanya dijabarkan berbagai info mengenai kehamilan dan persalinan Mom saja, namun juga informasi mengenai biaya persalinan normal di klinik Kehamilan Sehat juga dijabarkan dengan jelas sehingga mudah untuk dipahami.


Rekomendasi Travel Umroh di Jogja

Rekomendasi Travel Umroh di Jogja

Mau umroh sekeluarga. Atau umroh bersama  orang-orang kantor dan teman-teman seperjuangan. Ada kabar gembira nih bagi warga Jogja karena ada travel umroh Jogja yang siap memberangkatkan Anda dan keluarga atau…

Tinggalkan komentar