Ini Lho 5 Manfaat Baik Memelihara Hewan Buat Diri Kita, Sudah Tahu?

Memelihara hewan adalah hal yang mengasyikan. Bukan cuma pecinta hewan saja, banyak orang-orang awam yang kini memelihara hewan di rumah.

Hewan pelihara yang banyak dipilih biasanya kucing dan anjing karena punya tingkah yang menggemaskan serta memiliki bulu-bulu halus yang bikin nyaman.

Gak heran, jika kedua hewan peliharaan tersebut sering menjadi pilihan banyak orang untuk dipelihara. Tapi, tak jarang juga ada yang memelihara hewan seperti hamster, kura-kura, ikan hias, landak, iguana hingga kelinci di rumah.

Kalau kamu salah satu orang yang memelihara hewan dirumah, tau gak sih jika memelihara hewan punya manfaat baik buat diri kita? Jika belum tahu, simak ulasannya di bawah ini yuk!

 1. Tidak Merasa Sendiri atau Kesepian

Tidak Merasa Sendiri atau Kesepian

Merasa kesepian dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, alzheimer dan lain sebagainya. Tapi, hal tersebut bukan lagi hal yang mengkhawatirkan kalau kamu memiliki hewan peliharaan dirumah. Hadirnya hewan peliharaan bisa menjadi teman saat sedang sendiri di rumah.

Khususnya hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, yang cenderung bisa diajak buat bermain bareng. Merawat hewan peliharaan bisa menjadi solusi yang tepat buat kamu yang memilih tinggal sendiri supaya tidak merasa kesepian.

Baca Juga : 5 Aktivitas Seru Orang Tua dan Anak

 2. Menyehatkan Mental

Menyehatkan Mental

Ada berbagai cara buat menjaga kesehatan mental agar bisa terhindar dari stres dan depresi, yaitu dengan merawat hewan peliharan. Dilansir dari Mental Health, mengadopsi hewan peliharaan nyatanya dapat menjadi motivator plus teman dalam hidup seseorang. Mereka juga bakal membuat mental kamu tetap sehat serta meminimalisir resiko depresi.

Hewan peliharaan bisa memberikan pikiran yang menyegarkan dan menenangkan untuk pemiliknya. Setelah seharian beraktivitas yang kerap bikin stres biasanya seseorang akan menghabiskan waktu dengan bermain bersama hewan peliharaanya. Menurut Sains, memelihara hewan akan membuat kamu jadi lebih tenang, tidak mudah tersulut emosi hingga jauh dari resiko depresi.

 3. Lebih Menghargai Hidup

Lebih Menghargai Hidup

Bagi mereka yang merawat hewan peliharaan dengan baik, umumnya akan muncul ikatan emosional antara ia dan hewan peliharaannya. Ikatan emosional itulah yang membuat diri kamu jadi lebih menghargai hidup.

Memiliki hewan peliharaan bisa membuat hidup kamu jadi lebih bahagia walau terkadang tidak disadari. Pada taraf tertentu, hewan peliharaan bakal membantu kamu menghadapi rasa sepi yang kerap terasa intens.

Dengan keberadaan hewan peliharaan, kamu akan merasa lebih dicintai serta semakin menghargai hidup dengan baik

 4. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Memelihara hewan kesayangan di rumah bisa membantu kamu meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Tanpa disadari, biasanya kamu akan menganggap mereka bagian dari keluarga yang menanamkan rasa cinta dan kasih sayang kita.

Nah, perasaan ini dapat menghasilkan sikap empati, peduli, dan juga ikatan yang erat.

 5. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab

Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab

Memutuskan memelihara hewan, membuat kamu dituntut buat bertanggung jawab terhadap kebutuhan hidup mereka. Mulai dari memberikannya minum dan makan, membawanya ke dokter hewan saat sakit, memandikannya hingga membersihkan kotorannya.

Semua ini akan terasa mudah dijalani kalau kamu punya komitmen dan rasa tanggung jawab untuk menjaga mereka. Tanggung jawab ini tidak hanya dilakukan sebulan atau dua bulan saja.

Misalnya, kucing dan anjing yang bisa hidup selama 12 sampai 20 tahun lamanya. So, kalau kamu memang ingin memeliharanya, perlu komitmen yang kuat untuk merawatnya.

Memberikan tempat terbaik buat hewan kesayangan adalah hal pertama yang harus dilakukan saat ingin merawat hewan peliharaan. Membeli tempat khusus hewan kesayangan atau membuat rumah kayu sendiri dengan mesin potong kayu untuk mereka juga gak ada salahnya. Yang terpenting berikan tempat yang nyaman dan membuat mereka betah tinggal denganmu.

Manfaat baik memelihara hewan mana yang belum kamu tahu nih, geng?

Tinggalkan komentar