Mengapa Sertifikasi Halal Penting untuk Skincare di Indonesia?

Sertifikasi Halal pada produk skincare merupakan salah satu aspek utama yang diperhatikan konsumen muslim. Apalagi di Indonesia, di mana mayoritas penduduknya menganut agama Islam, skincare Halal menjadi pilihan utama dalam produk kecantikan.

Halal pada produk skincare artinya skincare tersebut tidak mengandung bahan yang diharamkan dalam Islam. Agama Islam melarang penggunaan bahan haram dan najis karena bisa membawa kemudharatan.

Seberapa Penting Sertifikasi Halal pada Skincare?

Sertifikasi Halal pada skincare adalah jaminan terhadap produk skincare yang akan digunakan, utamanya oleh umat Islam. Identifikasi dan pemeriksaan skincare Halal atas wewenang dari LPPOM MUI.

Kemudian penerbitan sertifikasi Halal dilaksanakan Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJPH) berdasarkan pasal 6 UU JPH. Adanya sertifikasi Halal pada skincare diharapkan bisa membantu menjaga umat muslim dari kemudharatan.

Dengan demikian, saat umat muslim ingin melaksanakan ibadah, seperti sholat dan mengaji tidak ada najis yang menempel di badan, baju, maupun tempat sholat akibat penggunaan skincare non-Halal.

Ciri-Ciri Skincare yang Halal

Mengapa Sertifikasi Halal Penting untuk Skincare di Indonesia?
Ciri-Ciri Skincare Halal

Skincare Halal tidak mengandung kandungan dan bahan yang dianggap haram dalam Islam. Bagi Anda yang belum tahu apa saja bahan haram pada skincare tersebut, ini penjelasannya:

1. Tidak Mengandung Elastin dan Kolagen Haram

Ciri-ciri skincare dengan sertifikasi Halal tidak akan mengandung elastin dan kolagen yang berasal dari jaringan hewan haram. Kedua bahan ini bermanfaat menjaga kelenturan kulit dan banyak digunakan sebagai campuran bahan pelembap.

2. Tidak Mengandung Lemak dari Hewan yang Haram

Bahan skincare Halal tidak boleh mengandung lemak dari hewan haram serta najis. Bahan lemak pada kosmetik banyak digunakan untuk pembuatan sabun, lipstik, lotion, serta krim.

3. Tidak Mengandung Asam Alfa Hidroksi (AHA) dari Hewan Haram

AHA bermanfaat mengurangi keriput serta memperbaiki tekstur pada kulit, dengan ini kulit akan semakin kenyal dan halus. Senyawa AHA ada juga yang dibuat dari hewan haram dan ini harus dihindari pada skincare Halal.

4. Tidak Mengandung Vitamin dari Hewan Haram

Vitamin pada skincare berguna untuk zat penstabil kulit. Pada skincare yang aman dan Halal tidak akan menggunakan vitamin yang bahan asalnya dari hewan haram dan najis.

5. Tidak Mengandung Hormon dari Hewan Haram

Hormon yang dijadikan bahan pembuatan skincare antara lain hormon estrogen, melatonin, dan ekstrak timur. Hormon-hormon ini asalnya bisa dari hewan. Pada skincare non-Halal bahan dari hormon ini bisa dari hewan haram dan najis.

Keuntungan Menggunakan Skincare Halal

Penggunaan skincare Halal tidak hanya berguna untuk umat Muslim, sebab sertifikasi Halal juga bisa sebagai jaminan untuk mereka yang mencari produk organik, natural, dan rendah risiko. Berikut ini keuntungan menggunakan skincare Halal:

1. Aman untuk Jangka Panjang

Skincare dengan bahan-bahan Halal dapat digunakan dalam jangka panjang, sebab skincare yang Halal bisa menjaga keamanan kulit pengguna.

2. Semakin Terjauhkan dari Mudharat

Dalam Islam telah dijelaskan bahwa sesuatu yang najis dan haram pasti membawa mudharat untuk diri sendiri maupun orang di sekitarnya. Maka dari itu, dengan menggunakan skincare Halal akan menjauhkan diri dari mudharat tersebut.

3. Kandungan Bahan Tidak Berbahaya

Bahan pembuatan skincare yang aman BPOM dan Halal tidak akan memakai bahan berbahaya. Tentunya hal ini akan mengurangi risiko kerusakan kulit yang tidak diinginkan.

Menciptakan Skincare Bersertifikasi Halal bersama Indocare B2B

Bagi Anda yang ingin membuat skincare yang aman dan bersertifikasi Halal, Anda bisa bekerja sama dengan Indocare B2B. Maklon skincare ini termasuk perusahaan yang terpercaya dan berkualitas dalam bidang pembuatan skincare bersertifikasi Halal.

Perusahaan maklon skincare Indocare B2B telah terpercaya sejak tahun 1988. Maklon skincare ini mampu mengembangkan skincare berdasarkan aturan dari BPJPH dan bersedia membantu sertifikasi halal pada produk skincare Anda.

Demikianlah penjelasan tentang pentingnya sertifikasi Halal pada skincare. Bagi Anda yang ingin bekerja sama dengan perusahaan pembuatan skincare Halal, silahkan cek website Kami! Semoga membantu!


Jasa Konsultan Pajak Bandung

Jasa Konsultan Pajak Bandung

Konsultan pajak Bandung adalah salah satu jasa yang dicari oleh banyak pebisnis di Kota Kembang. Hal ini tentunya tidak mengherankan karena menggunakan jasa yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi…

Tinggalkan komentar