Panduan Istilah Kesehatan untuk Ibu-Ibu Muda

Ada berbagai istilah dalam kesehatan yang idealnya dipahami oleh masyarakat. Salah satu kalangan yang perlu memahaminya adalah para ibu muda. Fase awal pertumbuhan anak tentu tidak terlepas dari masalah kesehatan.

Di samping itu, memahami istilah medis akan sangat membantu setiap kali para ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Semakin familiar dengan istilahnya maka akan semakin mudah melihatnya pada anak bukan?

Dengan memahami istilah-istilah tersebut, semoga para ibu muda tidak perlu langsung merujuk ke para ahli farmasi pafikotakabanjahe.org. Pastikan memahami istilahnya terlebih dahulu seperti yang dijelaskan berikut ini.

Istilah Kesehatan untuk Ibu Muda

Panduan Istilah Kesehatan untuk Ibu-Ibu Muda
Panduan Istilah Kesehatan untuk Ibu-Ibu Muda

Anda tidak perlu membayangkan kata-kata latin bernuansa ilmiah. Anda juga tidak perlu repot-repot berjelajah ke sana kemari, simaklah uraian singkat berikut ini:

1. Kronis

Anda mungkin sudah familiar dengan istilah ini. Pengertiannya yakni penyakit yang berlangsung dalam jangka waktu lama atau terus-menerus.

2. Akut

Istilah ini tentu juga sudah tidak asing lagi. Jangan tertukar dengan kronis, ya! Akut lebih mengacu pada kondisi atau penyakit yang tiba-tiba terjadi.

Selain terjadi dalam waktu yang singkat, gangguan yang ditunjukkan cukup serius dan memerlukan penanganan cepat untuk menghindari risiko yang lebih buruk.

3. Skrining

Istilah kedokteran dan artinya tidak selalu menggunakan bahasa ilmiah, contohnya skrining. Pengertiannya adalah deteksi dini untuk mengetahui keberadaan penyakit dalam tubuh.

Tujuan utamanya hanya satu, agar segera memperoleh penanganan tepat dan terhindar dari risiko yang lebih buruk.

4. Diagnosis

Ingatlah selalu bahwa diagnosis tidak ditegakkan oleh para ahli di pafikotakabanjahe.org, melainkan hanya bisa dikeluarkan oleh dokter.

Adapun pengertian diagnosis adalah penentuan jenis penyakit berdasarkan hasil pemeriksaan tubuh dan analisa gejala yang muncul.

5. Prognosis

Prognosis adalah kelanjutan dari diagnosis. Adapun pengertiannya yakni prediksi yang dikeluarkan oleh dokter sehubungan dengan kondisi pasien di masa mendatang setelah terjadi penyakit atau tindakan pengobatan.

6. Faktor Risiko

Faktor risiko cocok disematkan sebagai istilah yang paling familiar. Secara ringkas, faktor risiko adalah berbagai hal yang berpotensi meningkatkan risiko seorang individu terserang penyakit.

7. Gula Darah

Sebelum menyelami artikel ini, mungkin Anda sudah lazim membaca atau mendengar perihal gula darah. Sesuai namanya, gula darah merujuk pada kandungan glukosa (zat gula) dalam darah.

Sebagai ibu muda tentu perlu memahami betul tentang gula darah untuk mengontrol asupan makan anak. Dengan demikian, kadar gula darah dapat dimonitor agar tidak melewati batas normal.

8. Alergen

Dari namanya mungkin sudah tertebak jika alergen berkaitan dengan alergi. Dalam kamus bahasa medis, alergen adalah antigen (zat perangsang respon imun) yang bertugas untuk memproduksi reaksi alergi.

Manfaat Memahami Istilah Kesehatan

Tahukah Anda bahwa memahami beberapa istilah dalam kamus diagnosa dokter memiliki manfaat? Ternyata pemahaman seputar istilah-istilah ini memiliki kegunaan, loh!

Sebagai orang non-medis, memahami berbagai istilah yang terurai dalam artikel ini dapat membantu Anda saat berkonsultasi dengan dokter.

Sesi konsultasi akan berjalan lebih efektif karena sebelumnya Anda sudah memiliki pemahaman sederhana. Manfaat lain adalah membuat Anda lebih mawas diri dalam menjaga kondisi kesehatan sehari-hari, khususnya anak.

Bagaimana? Istilah medis yang diulas dalam artikel ini tidak rumit bukan? Seluruh istilah yang Anda serap dari artikel ini sangat lazim digunakan atau dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Jika suatu hari terlupa, kembali saja ke artikel ini, ya!


fungsi dan peran website, peran dan manfaat website, peran html pada website, peran karakteristik ubiquiti dalam website e-commerce adalah, peran website, peran website bagi konsumen adalah, peran website dalam bisnis online, peran website dalam organisasi,trademark indonesia, lelang online, 5 Cara Mencari Uang Tambahan untuk Pelajar di Internet

6 Cara Mengisi Waktu Saat Liburan Sekolah

Sebentar lagi liburan sekolah tiba. Anak-anak pastinya membutuhkan waktu untuk lepas dari rutinitas belajar. Karena itulah butuh yang namanya refreshing. Penyegaran otak setelah melewati ujian sekolah. Kegiatan di luar aktivitas…

Tinggalkan komentar