Perbedaan Manfaat Serum AHA dan BHA

Yang doyan skincare an pasti sudah biasa mendengar serum AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid). Apalagi bagi Anda yang sering mengalami permasalahan kulit berjerawat. Pastinya sudah tidak asing dengan dua bahan ini.

Serum ini adalah dua jenis produk perawatan kulit yang memiliki perbedaan dalam manfaat serum AHA BHA dan cara kerjanya. Serum AHA dan BHA ini populer karena kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan kulit, tetapi mereka bekerja dengan cara yang berbeda dan memberikan manfaat khusus.

Dengan segudang manfaat dan cara pakainya, sebenarnya banyak hal yang bisa kita kulik dari kedua serum ini. Namun, dalam artikel kali ini mari kita bahas perbedaan manfaat kedua AHA BHA serum ini dulu.

Apa itu AHA dan BHA?

Nah, sebelum membahas lebih lanjut perbedaan serum AHA dan BHA. Anda perlu tahu, apa itu AHA dan BHA sebenarnya.

1. AHA (Alpha Hydroxy Acid)

AHA, seperti asam glikolat dan asam laktat, dikenal sebagai exfoliant kimia yang efektif.

Manfaat utamanya melibatkan pengelupasan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Ini membantu meningkatkan tekstur kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan memberikan kulit tampilan yang lebih cerah dan segar.

Cara pakai serum AHA yang benar juga dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi, seperti noda hitam atau bintik-bintik matahari. Selain itu, Anda dapat mencoba serum Oriflame yang mengandung AHA yang dapat merangsang produksi kolagen.

Kolagen, adalah protein yang penting untuk elastisitas dan kekencangan kulit. Ini membuat Serum AHA Oriflame cocok untuk mereka yang ingin mengatasi kerutan halus dan garis-garis halus.

2. BHA (Beta Hydroxy Acid)

BHA, seperti asam salisilat, bekerja lebih efektif di lapisan minyak pada kulit. Ini menjadikannya pilihan yang bagus untuk orang dengan kulit berminyak atau cenderung berjerawat.

BHA serum dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, mengurangi produksi minyak berlebih, dan mengatasi jerawat serta komedo.

Salah satu manfaat utama BHA adalah kemampuannya menembus lebih dalam ke dalam pori-pori kulit, membersihkannya dari dalam.

Hal ini membuatnya efektif dalam mengatasi masalah kulit seperti komedo hitam.

Perbandingan Serum yang Mengandung AHA BHA

Perbedaan Manfaat Serum AHA dan BHA
Perbedaan Manfaat Serum AHA dan BHA

Tingkat pH

AHA cenderung bekerja pada pH yang lebih rendah yang menjadikannya asam, sementara BHA bekerja pada pH yang lebih tinggi yang menjadikannya basa. Cairan yang mengandung pH asam cenderung baik untuk meremajakan kulit, sedangkan cairan basa sangat baik untuk kulit berjerawat.

Kemampuan Melawan Jerawat

BHA lebih efektif dalam mengatasi masalah kulit berjerawat dan komedo, sedangkan AHA lebih fokus pada eksfoliasi dan peremajaan kulit.

Kondisi Kulit

Serum AHA lebih cocok untuk kulit kering dan normal, sementara serum BHA cocok untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat.

Kemungkinan Iritasi

Skincare dengan kandungan AHA memiliki potensi untuk menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif, sementara skincare berbahan BHA biasanya lebih lembut dan toleran.

Oleh karena itu, dalam memilih antara serum AHA dan BHA dari Oriflame, penting untuk memahami kebutuhan khusus kulit Anda. Jika Anda menginginkan kulit yang lebih cerah dan mengatasi tanda-tanda penuaan, AHA mungkin menjadi pilihan terbaik.

Namun, jika Anda memiliki masalah kulit berminyak, jerawat, atau komedo, BHA dapat memberikan manfaat yang lebih besar. Idealnya, Anda dapat mencoba serum Oriflame yang mengandung AHA atau BHA serum untuk hasil yang optimal. Dan jangan lupa untuk disesuaikan sesuai kebutuhan kulit Anda.

Tinggalkan komentar