Tips Membangun Bisnis Online dari Nol

Bisnis adalah sebuah magnet kata yang akan menarik orang kepada sesuatu hal yang berkaitan dengan keuntungan, kesuksesan, kebahagiaan, kemewahan, dan kehebaatan.

Semua itu biasanya akan tercermin pertama kali melalui design logo dan desain kemasan produknya. Umumnya orang yang melakukan sesuatu hal tentang bisnis maka akan dilabeli dengan prestis yang lebih tinggi dibandingkan berdagang.

Padahal bisnis berawal dari berdagang. Terminologi bisnis membuatnya memiliki prestis lebih dibanding dagang karena aktivitas di dalamnya lebih detail dibandingkan dagang.

Rincian detail yang dimaksudkan yaitu dari sisi pembukuan, perencanaa, pelaksanaan, maupun evaluasinya. Sebuah bisnis perlu mempertimbangkan semua hal tersebut secara detail.

Tentunya bukan untuk sekedar mengikuti tren, melainkan untuk menjaga kestabilan dan pertumbuhan bisnismu kedepannya.

Beranjak dari kata bisnis, saat ini bisnis yang sedang tren yaitu bisnis online. Menjatuhkan pilihan pada bisnis online adalah hal yang dirasa lebih tepat saat ini. Hal ini karena pertimbangan anggaran, waktu, dan tenaga yang jauh lebih menguntungkan dibandingkan bisnis offline.

Akan tetapi, beberapa orang berpendapat bahwa bisnis online pun sebenarnya perlu didukung dengan adanya toko offline.

Hal ini agar calon pelanggan lebih mudah ketika akan mengunjungi tokomu secara langsung dan mereka akan lebih yakin akan keberadaan bisnismu tersebut. Untuk memulai bisnis online kamu perlu mengetahui tips-tips berikut.

Belajar Banyak Hal, Tips Membangun Bisnis Online dari Nol

1. Temukan Strong Why

Strong why ini akan menjadi spiritmu dalam menjalankan, mempertahankan, dan mengembangkan bisnismu. Maka temukanlah dia, agar kamu mengetahui apa tujuanmu sebenarnya.

Kemudian setelah kamu merasa sudah menemukan strong why, kajilah apakah benar itu jawaban yang kamu cari selama ini atau pengalihan dirimu yang menganggapnya hanya sekedar formalitas agar keberadaannya seolah sudah terjawab.

Biasanya strong why ini akan lebih kuat ketika tertuju pada hal yang berkaitan dengan spiritual. Sehingga keyakinan itu akan membuatmu yakin dan berdiri tegap saat berbagai kekecewaan dan badai ujian menerpa.

2. Desain Produk yang Unik

Setiap bisnis membutuhkan desain atau perencanaan yang matang. Pembahasan ini tidak cukup dengan membahas apa yang akan diproduksi saja. Tetapi dalam mendesain produk diperlukan beberapa pertimbangan agar keberlangsungannya lebih terjaga.

Dalam membangun sebuah bisnis, berarti kamu memutuskan untuk membangun branding yang bisa mewakilinya. Branding ini harus bisa menceritakan tentang bisnismu ke kancah dunia.

Salah satu hal yang dapat dilakukan agar bisa membangun branding yaitu melalui design logo. Setiap pelaku bisnis pasti akan memikirkan design logo dengan berbagai pertimbangan matangnya.

Logo ini akan memberikan efek jangka panjang bagi pelangganmu dalam mengenali bisnismu. Buatlah logo semenarik dan seunik mungkin.

Jika diperlukan, kamu bisa menyewa jasa desain untuk membuatkannya. Kamu bisa membuatnya di http://sribu.com/id/logo-design.

Desain Kemasan Produk

Hal yang tidak kalah penting yaitu mengenai desain kemasan produk. Logo yang unik dan mencerminkan bisnismu saja belum cukup untuk membuat pelangganmu tertarik.

Karena, membuat pelangganmu merasa bahwa produkmu menarik saja belum cukup, kamu harus bisa membuatnya untuk tertarik setiap saat.

Melalui desain kemasan produk yang higienis, rapi, dan menunjukkan jiwa dari produkmu akan membuat pelangganmu tertarik.

Jangan sampai bisnismu tidak memiliki jiwa ya. Tanpa jiwa, dia hanya akan seperti konstruksi rumah yang tidak dilengkapi MEP nya. Sebagaimana layaknya raga tanpa jiwa, sehingga tidak ada yang tertarik dengannya.

3. Menjaga Kualitas Produk

Dalam memproduksi, kamu harus selalu memperhatikan kualitasnya. Kualitas ini harus diperhatikan sejak pemilihan bahan, cara pengolahan, saat pengemasan, maupun ketika proses pendistribusiannya hingga sampai ke masyarakat.

Pastikan bisnismu memiliki sistem quality control yang baik.

4. Mengukur Diri

Kamu perlu mengukur kemampuan yang ada pada dirimu sebelum merealisasikan bisnismu. Beberapa hal ini bisa kamu jadikan pertimbangan.

Bekali Diri dengan Ilmu

Bisnis bukanlah hal yang main-main. Kamu perlu membekali dirimu dengan berbagai ilmu agar tidak terseok-seok atau bahkan terperosok ke sebuah jurang.

Melakukan hal yang kamu sukai sekaligus menjadi kebutuhan pasar akan membuatmu semakin bersinar ketika kamu memiliki ilmunya.

Baik ilmu tentang pembukuan atau pembuatan laporan-laporan maupun ilmu terkait hal-hal teknis lainnya.

Anggarkan sesuai Kemampuan

Jika semua hal sudah kamu dapatkan jawaban dan solusinya, anggarkanlah kebutuhan dana yang harus digelontorkan untuk operasional dan sisihkanlah dana cadangan sesuai perhitungan anggaran amanmu untuk antisipasi jika suatu saat bisnismu diterpa ujian.

Kamu tidak perlu memaksakan diri bahwa harus memulai bisnismu dengan segala sesuatu yang membutuhkan banyak dana. Apalagi sampai membuatmu berhutang kepada banyak pihak. Sesuaikan saja anggaranmu dengan produk yang akan kamu ciptakan.

Sederhanakan saja produkmu terlebih dahulu, seiring berjalannya waktu kamu bisa meningkatkannya. Penyederhanaan ini bisa dengan meminimalisir pengeluaran untuk design logo, desain kemasan produk, tempat, branding, dll. Misalnya dengan melakukan design logo di http://sribu.com/id/logo-design.

Hal yang perlu diingat yaitu penyederhanaan ini bukan bertujuan untuk menurunkan kualitas produkmu. Jadi, teruslah kembangkan bisnismu secara bertahap tanpa menambah permasalahan baru.

Tinggalkan komentar