3 Tips Efektif Untuk Menunjang Perkembangan Si Buah Hati

Buah hati, tentunya merupakan orang yang paling Anda kasihi, terutama saat buah hati Anda masih dalam tahap perkembangan. Segala kasih sayang, tentunya akan selalu tercurah untuk sang buah hati, guna menunjang perkembangan si buah hati yang lebih baik.

Sebenarnya, tak hanya soal mencurahkan kasih sayang saja, kok! Anda bisa melakukan beberapa tips yang memang dapat secara langsung menunjang perkembangan si buah hati.

Hal ini sekaligus dapat menstimulasi buah hati Anda untuk bisa melakukan perkembangan sesuai waktunya atau bahkan lebih cepat dari perkiraan Anda.

Maka dari itu, kali ini, Saya ingin membahas mengenai tips efektif untuk menunjang perkembangan si Buah hati. Penasaran? Yuk, simak informasi berikut ini ya!

Menyesuaikan Stimulus dengan Usia Buah Hati Anda

Yang pertama, yang bisa Anda lakukan untuk menunjang tumbuh kembang buah hati Anda adalah dengan menyesuaikan stimulus yang akan Anda berikan dengan usia buah hati Anda.

Tidak menjadi masalah jika Anda memberikan stimulus yang jauh lebih sulit daripada yang seharusnya diberikan pada kisaran usia buah hati Anda.

Namun, hal itu malah membuat stimulus Anda sia – sia karena memang belum saatnya buah hati Anda mendapatkan stimulus tersebut dan malah membuat buah hati Anda mungkin tidak menggubrisnya sama sekali.

Misalnya, jika usia buah hati Anda baru 3 bulan, Anda tidak mungkin rasanya untuk memberikan mainan kepada buah hati Anda untuk usia 3 tahun bukan? Hal tersebut kurang disarankan, lebih baik berikan mainan yang sesuai dengan usianya.

Saat ini, segala sesuatu bisa dilakukan dengan mudah, Anda bisa searching di internet mengenai mainan yang cocok untuk kisaran usia buah hati Anda.

Anda juga bisa langsung pergi ke toko mainan dan memilih mainan yang sesuai karena biasanya di kardus mainan tertulis kisaran usia yang cocok untuk memainkan mainan tersebut.

Mengerti Waktu yang Pas

Selanjutnya, yang bisa Anda lakukan agar menunjang tumbuh kembang buah hati Anda adalah dengan mengerti waktu yang pas pemberian stimulus agar buah hati Anda meresponnya dengan sangat baik.

Waktu yang pas disini dimaksudkan dalam waktu yang memang benar – benar menjadi waktu si buah hati bermain dan dalam kondisinya yang baik ( perasaan yang senang ).

Sebab, dengan kondisi badan yang baik dan kondisi hati yang senang, membuat buah hati Anda senang pula merespon. Hal ini membuat stimulus yang Anda berikan semakin efektif berkat umpan balik yang baik pula.

Sebaliknya, hindari waktu – waktu selain untuk bermain dan waktu – waktu saat buah hati Anda dalam kondisi yang sedang tidak baik.

Sebab, hal tersebut percuma untuk Anda lakukan karena si buah hati tentunya tidak akan memberikan respon yang baik terhadap stimulus Anda, atau bahkan malah tidak akan mau memperhatikan Anda lagi saat Anda sedang mengajaknya bermain dengan benda tersebut.

Permainan yang Beragam

Perlu digaris bawahi bahwa seorang bayi sekalipun juga memiliki rasa bosan apabila diberikan sesuatu yang sama setiap saatnya dan diulangi terus menerus, termasuk pada permainan yang diberikan kepadanya.

Maka dari itu, sebagai orang tua, ada baiknya Anda untuk mengoleksi mainan yang lebih banyak agar bisa digunakan untuk bermain secara bergantian setiap harinya, agar buah hati Anda tidak bosan dan tidak malas untuk bermain.

Sediakan pula lebih dari 1 mainan di depan buah hati Anda saat mengajaknya bermain. Hal ini membuat si buah hati dapat dengan leluasa memilih dan berinisiatif untuk memainkan apa yang ia minati.

Dengan begitu, buah hati Anda tentunya akan semakin senang bermain dan tentunya proses perkembangannya juga semakin baik.

Seperti yang sudah disinggung juga sebelumnya, jangan sampai dengan tumbuhnya anak Anda, Anda lupa untuk membelikan mainan baru yang lebih sesuai untuk menstimulasinya. Sebab, jika Anda hanya membelikan mainan di awal – awal saja, tentu sudah tidak cocok lagi bukan dengan kebutuhan stimulasi buah hati Anda?

Namun, jangan juga membuang atau menghilangkan mainan sebelumnya, sebab, biasanya bayi masih akan mengingat mainan sebelumnya dan kadang kala memintanya untuk memainkan lagi.

Itulah beberapa informasi mengenai tips efektif guna menunjang perkembang si buah hati lebih optimal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Moms dan menjadi referensi kedepannya dalam menentukan hal-hal yang terbaik dan tepat untuk si buah hati!

Tinggalkan komentar