Kenali Yuk Tanda-tanda Kebebasan Finansial, Mudah-mudahan Salah Satunya Kamu!

Kebebasan finansial atau financially independent adalah suatu keadaan dimana kita bisa mendapatkan segala keinginan tanpa harus berpikir panjang terkait besaran uang yang harus kita keluarkan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan tersebut.

Kamu bahkan bisa mendapatkan pendapatan pasif dalam kondisi tidur sekalipun alias tanpa harus berinteraksi secara aktif di kegiatan itu. Makanya, banyak orang mendambakan situasi ini. Kamu pun bisa lho mendapatkannya, bukan hanya mimpi.

Ada banyak tahapan yang harus dilalui sebelum seseorang benar-benar bisa dikategorikan bebas secara finansial.

Tanda-tanda Kebebasan Finansial, Mudah-mudahan Salah Satunya Kamu!

Supaya kamu benar-benar yakin sudah sampai pada tahapan itu atau belum, ada baiknya kamu simak dulu beberapa tanda orang yang sudah dinyatakan bebas secara finansial berikut ini. Mudah-mudahan menginspirasi kamu untuk bisa seperti mereka ya.

1. Orang yang Bebas Finansial Punya yang Namanya Passive Income

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mereka yang financially independent tak harus terlibat langsung saat investasi yang mereka tanam menghasilkan profit yang tinggi.

Kamu bahkan bisa mendapatkan penghasilan sambil liburan atau bahkan tiduran di kamar. Produk keuangan apa saja sih yang masuk kategori pemasukan pasif? Contohnya antara lain deposito, reksadana, saham, hingga berinvestasi langsung pada sebuah bisnis.

Nah, apabila kamu mau menjadi salah satu orang yang memiliki kebebasan finansial, ada baiknya kamu rajin berinvestasi pada produk-produk keuangan yang memberikan return tinggi tersebut.

Gunakan dana investasi bulanan kamu sebaik-baiknya. Tak jarang mereka yang sudah bebas secara finansial menggunakan  keuntungan hasil investasi untuk dibelikan investasi lainnya.

2. Bebas Finansial Artinya Punya Dana Darurat

Mereka yang sudah masuk kategori bebas secara finansial memiliki cadangan dana untuk hal-hal darurat yang pastinya tidak ingin dialami oleh siapapun.

Contohnya adalah keadaan sakit sehingga tidak bisa bekerja dan membutuhkan dana, kemudian kecelakaan, terjadinya bencana alam dan pencurian yang berakibat hilangnya harta benda, dan lain sebagainya.

Lalu berapa besarnya dana darurat yang harus kamu siapkan agar dapat menghilangkan rasa khawatir yang berlebihan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi?

Ada baiknya kamu menyiapkan dana talangan hingga 6-12 kali pengeluaran bulanan kamu, sehingga setidaknya dana darurat kamu bisa dipakai bertahan untuk satu tahun. Kamu bisa menyiapkan lebih banyak dana darurat, 12 kali itu hanya nilai ideal bagi rata-rata orang.

3. Financially Independent Artinya Bebas Hutang

Mandiri secara finansial itu artinya tidak punya ketergantungan terhadap utang maupun kredit dan cicilan untuk digunakan menyambung hidup.

Apalagi hutang untuk membeli barang yang tidak diperlukan, semisal untuk gonta ganti gadget. Nah, apabila kamu masih memiliki tanggungan dan utang, ada baiknya untuk segera melunasi utang tersebut karena itu bukan merupakan tanda-tanda orang yang bebas secara finansial.

Satu lagi, Jangan biasakan diri untuk membayar pengeluaran menggunakan sistem paylater karena itu akan membebanimu dengan biaya bunga yang jumlahnya bisa jadi tidak sedikit. Utang hanya akan melemahkan ketahanan finansial kamu, oleh karena itu harus dihindari.

4. Hemat, Tidak gengsian dan Tidak Konsumtif

Maksud dari hemat adalah kita mampu memotong pos-pos yang tidak penting dalam pengeluaran kita sehingga dana untuk investasi semakin bertambah. Mereka yang mampu memotong pengeluaran yang tidak penting dari rencana keuangan mereka biasanya tipikal orang yang tidak gengsian.

Mereka yang tidak gengsian, tidak suka disamakan dengan orang lain, apalagi orang-orang yang suka menghambur-hamburkan uang. Kamu bisa berkaca pada kehidupan Waren Buffet, salah satu orang terkaya di dunia.

Buffet diperkirakan memiliki kekayaan hingga 115, 4 miliar USD atau sekitar Rp.1.578, 3 triliun pada awal tahun ini. Walaupun bergelimang harta, Warren Buffet hidupnya sangat sederhana, masih tinggal di rumah biasa yang pertama dibeli daripada pindah ke rumah yang lebih indah dan besar.

Ingin cepat mencapai kebebasan finansial seperti Warren Buffet? Baiknya memang menghindari sifat gengsian dan perilaku konsumtif. Contoh perilaku konsumtif itu antara lain gemar berburu gadget seri terbaru yang harganya sangat mahal.

Pada akhirnya, gadget sebelumnya hanya dipakai beberapa saat karena selanjutnya dijual kepada orang lain sehingga mengalami penurunan nilai. Bukankah akan lebih baik dana yang dipakai untuk gonta ganti gadget dimasukkan ke dana investasi?

5. Gemar Belajar Pengetahuan Baru dan Mampu Menambah Aset Investasi

Kebebasan finansial memang tidak dicapai dengan serta merta, ada proses panjang di sana. Tahapan itu adalah untuk orang-orang yang gemar belajar pengetahuan baru, misalnya bagaimana mengelola keuangan, bagaimana memilih investasi yang terbaik sehingga aset investasi kamu bisa bertambah dengan cukup signifikan baik itu dari sisi kualitas dan kuantitas.

Kalau kamu ingin selalu belajar tentang berbagai pengetahuan soal keuangan, akan lebih baik gabung sekarang juga jadi member Ternak Uang.

Ternak Uang akan memberimu berbagai informasi tentang keuangan secara bertahap, melalui modul-modul premium ataupun melalui event-event khusus. Kamu bisa memperoleh 100 sesi belajar keuangan bersama para pembicara handal, serta 2 big events lainnya dimanapun berada.

Aset investasi kamu dijamin akan semakin berkembang dengan layanan analisa emiten yang canggih dan mudah dipahami hingga daftar sekuritas yang bisa kamu percayai. Makanya, tidak akan rugi menjadi member Ternak Uang sebab kita mendapat banyak pengetahuan baru dan tentunya semakin ahli dalam menambah aset investasi.

Untuk menjadi member, ada voucher promo khusus yang bisa digunakan untuk pembaca blog ini yaitu: TUBLOGGER2. Dengan promo ini kamu bisa mendapatkan diskon 15% saat daftar menjadi member nanti.

Yuk, raih Kebebasan Finansial!

Tinggalkan komentar