Manfaat Sedekah untuk Hidup yang Tentram

Pernah mendengar tentang Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP)? Ini adalah salah satu program sosial di bawah naungan Bank Syariah Indonesia (BSI). Yang menjadi fokus pada program ini kegiatan usaha yang bermodel bisnis sosial.

Bisnis sosial di sini maksudnya adalah dalam rangkaian produksi, pengusaha tidak hanya berfokus pada keuntungan saja. Namun juga memberdayakan masyarakat sekitar. Bisa dibilang, ini adalah realisasi dari ungkapan “sekali dayung dua tiga pulau terlampaui”.

Dari sini kita juga mengetahui, jika manfaat sedekah itu tidak sebatas untuk donasi pembangunan rumah ibadah saja. Namun ternyata ada banyak manfaat, bahkan ternyata kebermanfaatan itu dirasakan langsung oleh banyak pihak.

Manfaat Sedekah untuk Kebahagiaan Bersama

Manfaat Bersedekah untuk Kebahagiaan Bersama

1. Penggugur Dosa

Hal ini, sebagaimana yang disampaikan dalam sebuah hadits.

Rasulullah bersabda “Sedekah dapat menghapus dosa seperti air memadamkan api”. (HR Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

2. Wujud Keimanan

Rasulullah bersabda: “Sedekah adalah bukti,” (HR Muslim). Yang dimaksud di sini adalah pembuktian keimanan seorang mukmin, seperti yang disampaikan oleh Imam Nawawi.

3. Pencegah Perbuatan Maksiat

Adakah yang mengetahui, jika dalam transaksi jual beli, ada kewajiban sedekah yang perlu dikeluarkan? Manfaat sedekah inilah yang nantinya akan membantu kita menjauhi perbuatan maksiat.

Ini juga seperti apa yang disampaikan Rasulullah, bahwa dalam kegiatan jual beli ada setan dan dosa di dalamnya. Maka bersedekah adalah jalan untuk menghindarinya.

4. Berbagi Kebahagiaan

Tentu saja ini tidak perlu kita ragukan lagi. Dari sedekah yang kita berikan, ada penerima yang juga ikut bersuka cita karenanya. Ketika kita bersedekah, bukankah kita juga merasa bahagia?

5. Pahala Terus Mengalir dan Berlipat

Meskipun harta benda yang kita sedekahkan hanya bernilai kecil, tapi Allah memengembangkannya sampai berlipat ganda dan tak putus sampai kita meninggal.

Benar, ini seperti hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa sedekah adalah satu amalan yang tidak terputus meskipun orang tersebut meninggal.

6. Memberikan Keberkahan Umur

Keberkahan umur ini di sini, bisa berupa tubuh yang sehat karena rasa tenang dan bahagia ketika bersedekah. Allah jauhkan dari rasa sombong, pelit dan membanggakan diri sendiri.

JadiBerkah.ID : Islamic Sociopreneur Development Program Untuk Calon Pengusaha Hebat

JadiBerkah.ID : Islamic Sociopreneur Development Program Untuk Calon Pengusaha Hebat

JadiBerkah.ID adalah salah satu platform sosial kemanusiaan yang berada di bawah naungan Bank Syariah Indonesia.

Di platform ini, kita akan dimudahkan dalam kegiatan sosial seperti wakaf, zakat dan juga infaq secara daring. Pada situs resminya, kita akan tidak hanya melihat Call To Action (CTA) untuk bersedekah, tapi juga beragam informasi bermanfaat lainnya.

Jumlah saldo yang terkumpul, jumlah donatur yang telah bergabung lalu program dan lembaga yang tergabung juga bisa teman-teman lihat. Tidak hanya itu saja, masih di laman yang sama kita akan diperlihatkan jumlah zakat yang sudah terkumpul.

Baik zakat maal, zakat penghasilan hingga donasi untuk program orang tua asuh semuanya memperlihatkan jumlah yang sudah terkumpul.

Tidak hanya itu saja yang menarik. Sedekah program berkelanjutan adalah salah satu hal yang cukup menarik perhatian. Program ini merupakan kegiatan sosial yang sekaligus berhubungan dengan kegiatan usaha.

Sedekah program berkelanjutan ini, semua donasi yang teman-teman berikan akan dikelola sedemikian rupa sehingga berwujud dana bantuan untuk diberikan pada orang yang terpilih.

Melalui dana bantuan ini, kita tidak hanya bersedekah, tapi sekaligus membantu orang lain untuk mengembangkan usaha dan memberdayakan masyarakat sekitar.

Sosok Inspiratif Dalam Islamic Sociopreneur Development Program

Salah satu kisah inspiratif dalam program Islamic Sociopreneur Development Program ini, datang dari pria yang berasal dari wilayah timur Indonesia, Sulawesi.

Adalah Supri, seorang mahasiswa dari Universitas Andalan yang berhasil mengembangkan usaha kebun kopinya dengan bantuan dana dari Yayasan BSM Umat.

Program ISDP ini memang memberikan kesempatan pada pemuda muslim untuk mengembangakn usahanya sekaligus memberikan manfaat pada masyarakat sekitarnya. Hal ini juga yang dilakukan oleh Supri selama mengembangkan usahanya.

Supri yang mengembangkan perkebunannya dengan melibatkan masyarakat sekitar, mulai dari pembelian biji kopi hingga mempekerjakan warga di kebun miliknya.

Supri, kini bahkan telah mengekspor kopinya ke luar negeri, negara tujuannya seperti Taiwan dan Mesir.

Bagaimana? Tidak inginkah kita melihat sosok inspiratif lainnya seperti Supri ini? Dengan bersedekah dan menjadi bagian dari Islamic Sociopreneur Development Program ini, kita juga ikut memberikan modal usaha dan pengembangan bisnis.


Khasiat Madu Manuka New Zealand

5 Khasiat Madu Manuka New Zealand

Madu manuka merupakan salah satu jenis madu yang beberapa tahun terakhir banyak diperbincangkan karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan peningkatan imunitas tubuh. Bahkan, madu manuka juga hanya diproduksi secara…

Tinggalkan komentar