Mau Pakai Jasa Colocation Server? Pilih yang Terbaik Dengan Cara Ini

Walaupun saat ini penyedia colocation server sudah menjamur, bukan berarti Anda bisa asal memilih. Tetap harus berpatokan hal-hal penting yang akan menentukan penggunaan server yang tetap aman dan tanpa masalah. Lantas bagaimana sebenarnya cara memilih penyedia jasa terbaik?

Jasa penyimpanan server fisik yang saat ini banyak dibutuhkan memang masih terbatas di daerah besar saja. Tapi, tak menutup kemungkinan Anda di daerah luar pulau Jawa tetap bisa menikmati layanan yang disediakannya. Tinggal ikuti langkah di bawah ini.

6 Cara Pilih Penyedia Jasa Colocation Server

6 Cara Pilih Penyedia Jasa Colocation Server

Supaya Anda bisa mendapatkan penyedia jasa colocation berkualitas dan semakin memudahkan Anda dalam mengelola, terhubung, dan mengembangkan server maka coba cek tujuh cara berikut ini.

1. Track Record

Anda harus mengetahui secara rinci bagaimana latar belakang dari penyedia jasa tersebut. Cek kapan berdirinya hingga bagaimana komentar pengguna yang sudah memakai jasa mereka.

Cari referensi dari berbagai pihak untuk mendapatkan informasi seakurat mungkin, tentang penyedia jasa tersebut. Sehingga Anda bisa memastikan bahwa bersama mereka, server Anda akan aman dan terjamin penyimpanannya.

Satu hal yang penting, jangan hanya berkutat pada satu penyedia jasa saja tapi cobalah cek beberapa penyedia jasa dan cari yang terbaik diantara beberapa pilihan tersebut.

2. Apa Kebutuhan Anda

Tentukan apa kebutuhan Anda untuk menyimpan server tersebut, apakah hanya untuk menyimpan sementara atau sekaligus dengan pengelolaannya. Kemudian tentukan juga dari server tersebut apa yang Anda perlukan dalam durasi bulanan, hingga tahunan.

Jadi, bisa dikalkulasikan berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk menyewa penyimpanan server itu.

3. Jaringan Keamanan

Bagaimana jaminan keamanan dari penyedia jasa tersebut, baik dari segi keamanan dari serangan hacker juga termasuk keamanan gedung penyimpanan. Dimana Anda perlu memastikan bahwa gedung tersebut kokoh, tahan goncangan, tidak mudah terbakar, dan ruang penyimpanan tidak bisa di akses oleh siapa saja dengan mudah.

Hal ini bisa dicek langsung dengan bertanya kepada pengguna jasa colocation server tersebut. Juga kepada penyedia jasa, jika jawabannya sama maka Anda bisa menjadikannya rekomendasi untuk dipilih.

4. Kestabilan Koneksi

Kestabilan koneksi sangat dibutuhkan, apalagi jika dalam beraktivitas di kantor sangat bergantung pada server dan aktivitas online. Jadi, perlu dipastikan apakah penyedia jasa memiliki jaringan internet yang stabil setiap saat atau tidak. Karena pengaruhnya akan sangat besar pada koneksi antara server dengan perangkat Anda di kantor.

Jangan sampai, ketika Anda perlu data dari server, tapi tak bisa terhubung sehingga menjadi masalah besar yang merugikan perusahaan nantinya.

5. Harga

Anda juga perlu memastikan berapa harga sewa dan layanan lain yang Anda perlukan dari penyedia jasa tersebut. Apakah sebanding dengan manfaat yang akan didapat, apakah tidak akan membuat pengeluaran membengkak? Pertimbangkanlah hal tersebut. Jika rasanya masih masuk akal, maka tak ada salahnya pakai jasa tersebut.

6. Lokasi

Pastikan juga dimana lokasi dari colocation server tersebut, apakah mudah diakses dari kantor Anda. Karena akan sangat penting ketika Anda butuh pengecekan langsung pada fisik server atau koordinasi tatap muka dengan penyedia jasa.

Kalau lokasinya jauh, tentu akan jadi masalah ketika Anda tak punya waktu banyak untuk datang ke lokasi tersebut.

Dengan menerapkan tujuh tips di atas, Anda akan mendapatkan colocation server yang tepat. Pastinya bisa memenuhi kebutuhan dan menghindarkan Anda dari berbagai masalah. Salah satu yang bisa dipilih adalah NEX, yang sudah lama berkecimpung menyediakan fasilitas tersebut. Anda tinggal cek situsnya di nexdatacenter.com, lalu pilih layanan yang diinginkan.

Tinggalkan komentar