Tips Implementasi Manajemen Gudang yang Baik

Pernahkah Anda mendengar tentang software ERP Manufaktur? Software ini penting bagi perusahaan Anda dalam manajemen gudang. Bagi Anda yang masih baru di industri manufaktur, mungkin masih belum begitu aware mengenai komputerisasi sistem manajemen gudang. Namun lambat laun, Anda pasti akan merasakan pentingnya memiliki software manufaktur ini.

Bila perusahaan Anda masih memiliki dana terbatas untuk membuat gudang sendiri, sehingga memilih untuk sewa gudang, maka sistem manajemen gudang yang baik adalah sebuah keharusan yang Anda miliki.

Sebenarnya jika gudang penyimpanan itu sudah milik Anda pun, sistem manajemen gudang harus dikuasai dengan baik juga.

Sebab, semakin baik sistem manajemen yang Anda miliki, semakin bagus untuk perkembangan bisnis Anda di masa depan. Mengapa? Sebab manajemen gudang ini memiliki kaitan erat yang langsung dengan penjualan dari perusahaan. Apabila gudang penyimpanan yang tersistem dengan bagus, sudah tentu perusahaan akan mengalami kerugian yang tak main-main.

Tips Implementasi Manajemen Gudang

Tips Implementasi Manajemen Gudang

Keberadaan sistem manajemen gudang yang tepat, tentu akan membantu dalam mengatur arus barang yang ditata dengan rapi. Anda bisa dengan mudah untuk memeriksa stok barang sesuai keperluan, menghemat waktu dan juga aman untuk stok barang di gudang.

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin meningkatkan sistem manajemen gudang dalam perusahaan Anda supaya lebih baik lagi :

1. Buatlah Data yang Akurat

Membuat data yang akurat adalah cara pertama untuk membuat sistem manajemen gudang yang tepat. Sebab di dalam data gudang terdapat data-data seperti data pembelian barang, jumlah stok, juga data penjualan pun ada.

Sehingga akan lebih baik jika Anda pun mengetahui data lengkap dari penjualan periode sebelumnya, data penjualan untuk bulan ini, target pemasaran yang ingin dicapat, juga forecast penjualan untuk periode yang akan datang.

Nah, berkat data yang akurat maka Anda pun bisa menentukan forecast penjualan dengan tepat. Anda pun bisa memiliki bayangan pasti mengenai rencana pemasaran dan target perusahaan Anda berikutnya.

2. Buatlah Forecast Persediaan

Jangan sepelekan pembuatan forecast persediaan stok barang dalam gudang Anda. Seperti yang diketahui, jika di dalam gudang perusahaan bisa saja tersimpan ratusan hingga ribuan item barang dan memang menjadi tantangan besar untuk perusahaan Anda.

Tak ada yang bilang jika membuat forecast persediaan stok itu mudah, namun Anda bisa mempermudahnya. Saat membuat forecast barang, setidaknya Anda harus mengecek alur stok terlebih dahulu.

Jangan khawatir, jika sistem manajemen gudang Anda sudah benar maka tak akan kesulitan dalam melakukan hal ini. Anda pun tak perlu menghadapi risiko kehabisan stok barang berapapun jumlahnya.

3. Pengecekan Rutin

Selain yang telah disebutkan di atas, pastikan Anda juga melakukan pengecekan ulang, sebelum memasukkan semua barang Anda ke dalam gudang yang tersedia. Pengecekkan barang ulang ini bisa Anda lakukan sebelum memberikan kode gudang.

Kode gudang ini dibutuhkan supaya nantinya lebih mudah untuk pengecekan lagi dalam stok gudang (stock opname).

Dengan melakukan re-check, membantu Anda untuk menemukan barang-barang yang cacat, salah produksi, dan lain sebagainya. Barang-barang yang terbukti cacat dan tak layak jual, baiknya dipisahkan dan disimpan di tempat terpisah. Jangan lupa berikan kode khusus untuk mempermudah identifikasi.

4. Pisahkan Stok Baru dengan Stok Lama

Jangan satukan barang-barang stok baru dengan stok yang lama, itu adalah salah satu sistem manajemen gudang mendasar yang harus Anda ketahui.

Sebab jika Anda mencampurkan stok lama dengan yang baru, baik itu sengaja ataupun tidak, maka bisa membuat banyak masalah. Salah satunya adalah bingung dalam melakukan pemasukan dan pengecekan data stok.

Anda akan kesulitan dalam menghitung stok lama yang terjual dan yang belum. Bahkan kualitas barang juga bisa menurun jika digabungkan antara stok lama dengan yang baru, utamanya dalam produk makanan.

5. Buatlah Jadwal Pembelian Barang

Ketika Anda sedang mencoba membuat sistem manajemen gudang yang baik, maka buatlah jadwal persediaan barang dengan baik. Anda boleh membuat jadwal pembelian pada supplier, supaya lebih mudah dalam mengerjakan forecast bulanan.

Perusahaan Anda juga bisa membuat sejumlah jadwal penerimaan dan jadwal pengiriman barang, maka sistem manajemen barang Anda jadi lebih mudah.

6. Tata Letak yang Efektif

Pengaturan tata letak gudang juga memegang peranan penting dalam sistem manajemen gudang yang maksimal. Untuk membuat tata letak yang baik, ketahui dulu karaktek stok barang yang ada, sehingga perusahaan pun bisa mulai mengatur layout gudang sesuai dengan karakter barangnya itu sendiri.

Hal seperti ini juga penting sekali untuk berbagai perusahaan di bidang bisnis ritel, yang mana barang-barangnya memiliki masa kedaluwarsa yang harus diperhatikan betul.

Mempermudah Manajemen Gudang dengan Software ERP Manufaktur

Tahukah Anda, dengan mengkomputerisasikan manajemen gudang bisa mempermudah operasional Anda dalam industri manufaktur?

Sebab software ERP terbaik industri manufaktur pergudangan dan telah terbukti bisa mempermudah sistem operasional, bahkan bisa meningkatkan efisiensi sampai dengan menghemat anggaran industri manufaktur itu sendiri.

Apa itu ERP? Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah sistem yang dirancang sedemikian rupa untuk mengintegrasikan seluruh proses bisnis perusahaan dalam satu sistem yang terpadu. Dengan sistem ERP, perusahaan dapat men-standardisasi, menyederhanakan, dan mengintegrasikan proses bisnis seperti keuangan, sumber daya manusia, pengadaan, distribusi, dan departemen lainnya.

Salah satu Software ERP yang direkomendasikan untuk mengatur manajemen gudang untuk lebih baik adalah SystemEver. Software ini telah berbasis Cloud sehingga bisa diakses dari mana saja.

Software ERP Manufaktur versi i7

Software ERP Manufaktur versi i7

Semua hal yang berhubungan dengan sistem manajemen seperti pengelolaan keuangan atau akuntansi, proses pengadaan barang, hingga produksi, ekspor impor, pembelian dan pengelolaan SDM pun bisa dipermudah dengan software erp manufaktur terbaik ini. Mengapa harus SystemEver versi i7 series?

Jadi, seri i7 ini adalah sebuah produk terbaru dari SystemEver yang memang dirancang khusus untuk industri manufaktur yang sedang berkembang, dan mengalami kesulitan dalam melakukan integrasi data seperti sistem managemen data gudangnya.

Pada seri ini juga direkomendasikan bagi pabrik atau perusahaan yang telah memiliki MPS atau Master Production Schedule, serta BOM atau Bill Of Material. Dengan memiliki software ini maka bisa membuat pengelolaan jadi jauh lebih efisien dan juga efektif. Jadi dalam perencanaan produksi dan penerapannya berdasarkan rencana penjualan jangka pendek atau jangka panjang, menjadi lebih mudah.

Selain itu, sistem cloud ERP juga sangat canggih. Sehingga para karyawan dan pelaku bisnis bisa dipermudah dalam mengekspor berbagai data yang dibutuhkan lebih efisien, lebih cepat dan lebih mudah.

Dengan sistem yang sudah terintegrasi, maka bisa membantu Anda sebagai pelaku bisnis menjadi lebih produktif, di mana pun Anda sedang berada. Anda bisa mendapatkan semua data bisnis Anda lebih aman dan akurat juga.

Visual-K adalah fitur khas yang sangat diidam-idaman, sebab fitur ini diketahui bisa memberikan informasi pemetaan proses visual sekaligus bisa menyediakan user interface yang sederhana. Jadi Anda sebagai pelaku manufaktur lebih cepat dalam beradaptasi untuk menggunakan software itu sendiri.

Karena SystemEver tahu jika waktu adalah uang, maka teknologi ERP dalam i7 Series ini akan membantu Anda dalam memantau laporan bisnis, juga stok barang dengan real time. Perusahaan pun jadi lebih mudah melihat produk mana saja yang jadi target pasar saat ini.

Oleh karena itu, untuk membuat keputusan bisnis pun lebih mudah dan tepat sasaran, sebab data yang tersedia lebih lengkap dan real time.

Bukan hanya itu saja, dari segi manajemen untuk SDM juga bisa dibantu dengan software ERP Manufaktur ini. Terutama di dalam peningkatan efisiensi HRD di dalam perusahaan manufaktur itu sendiri.

Keuntungan lainnya jika menggunakan software ERP manufaktur pergudangan terbaik ini adalah keuangan perusahaan yang lebih rapi. Sebab memang sistem ERP ini juga mampu mengelola laporan keuangan dengan lebih baik.

Mulai dari mencatat transaksi pembelian dan penjualan barang Anda, mengatur sistem pengelolaan stok barang, mencetak invoice sampai dengan laporan serta grafik analisis keuangan dari perusahaan industri manufaktur tersebut.

Tak hanya itu saja, inilah beberapa manfaat menggunakan software ERP terbaik industri manufaktur pergudangan i7 series lainnya:

1. Gudang Jadi Lebih Maksimal Efisiensinya

Anda bisa memastikan penyimpanan 100% tanpa kesalahan, lebih mudah memproses pesanan B2B & B2C tanpadrama, bisa memastikan produktivitas yang paling baik dari team oeprasional Anda.

2. Mempermudah Alur Kerja Dibandingkan Proses Manual

Anda bisa mengotomatiskan proses pekerjaan Anda, sehingga lebih mudah dalam menyelesaikan lebih banyak hal. Khususnya yang berhubungan dengan aset, barang, juga team yang tersedia. Anda tak perlu berinvestasi dalam aset tambahan!

3. Bisa Mengatur Gudang Dimana pun Berada

Tak perlu selalu ada di tempat, sebab Anda bisa mengatur semua operasi pergudangan lewat beberapa perangkat yang berbeda. Anda pun bisa terhubung dengan gudang di mana saja, kapan saja, sangat praktis!

4. Memiliki Kontrol Penuh untuk Bisnis Anda

Dengan menggunakan seri i7, maka Anda pun mendapatkan visibilitas serta kontrol operasi logistik milik Anda sepenuhya, dengan sistem end-to-end serta selaras dengan operasi penjualan Anda.

Dengan memiliki software ERP Manufaktur, maka bisnis Anda yang sedang bertumbuh dan berkembang bisa lebih berkinerja. Berkat sistem informasi manajemen yang real time dan juga akurat, dimana pun berada bisa membuat keputusan bisnis yang paling baik untuk usaha Anda. SystemEver Indonesia akan menjadi mitra bisnis Anda yang paling kredibel dan terpercaya, klik https://systemever.co.id/id/join-partner dan kelola bisnis menjadi lebih mudah.

Tinggalkan komentar