5 Cara Mencari Uang Tambahan untuk Pelajar di Internet

Di era teknologi informasi yang semakin pesat saat ini, internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari generasi milenial dan gen Z. Mereka menggunakan internet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan lebih mudah. Mulai dari informasi, berbelanja, transaksi digital, hingga menghasilkan uang jajan dari internet.

Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang akan diulas pada artikel kali ini, jadi pastikan membacanya hingga selesai tanpa melewatkan satu kata pun, ya!

5 Cara Dapat Uang dari Internet untuk Pelajar

 

cara mendapatkan uang dari internet

Alih-alih hanya menggunakan koneksi internet untuk bermain media sosial sambil rebahan saja tanpa menghasilkan apa pun dan membuat kuota terbuang percuma. Sebagai pelajar, Anda justru bisa melakukan konversi dari kuota menjadi uang tambahan yang mengalir deras setiap bulannya melalui cara mencari uang tambahan untuk pelajar berikut ini!

1. Berjualan Online

Melakukan jual beli barang maupun jasa tertentu melalui internet bukanlah hal yang aneh. Sudah banyak orang yang melakukannya dan sukses dengan hal tersebut. Jadi, Anda pun bisa mencoba untuk berjualan online sebagai salah satu cara mencari uang sampingan dari internet.

Untuk benda berbentuk fisik, kaum remaja biasanya lebih senang menjual soft case untuk smartphone, aksesoris smartphone lainnya, camilan kekinian, skin care untuk remaja, tas, sepatu, jepitan rambut, dan masih banyak yang lainnya.

Jika tidak memiliki modal sendiri untuk pengadaan barang yang dijual, pelajar bisa mencoba jadi dropshipper dari berbagai toko online yang menyediakan kerja sama penjualan dengan sistem tersebut.

2. Ikut Survey

Pernahkah Anda mendapatkan undangan untuk mengikuti survey tertentu? Coba cek email ataupun aplikasi uang elektronik di smartphone. Umumnya selalu ada notifikasi terkait suatu survei, baik survey berbayar ataupun hanya berupa survei kepuasan pelanggan.

Cobalah untuk memilah setiap pesan atau pemberitahuan survei yang masuk, jangan sampai melewatkan survey berbayar yang bisa membantu dalam mengumpulkan penghasilan tambahan setiap bulannya.

Namun yang perlu diingat, survey berbayar tak hanya memberikan imbalan dalam bentuk uang elektronik. Beberapa survei justru membayar dengan voucher dan pulsa elektrik. Tapi tentunya hal ini tetap menguntungkan dan menjadi cara mencari uang dari internet tanpa modal.

3. Jadi Influencer Media Sosial

Menjadi influencer di media sosial termasuk profesi yang diminati oleh generasi masa kini. Gaya hidup yang glamour serta penghasilan yang menggiurkan dari endorsement membuat para remaja berlomba-lomba untuk memiliki akun media sosial ber-followers banyak, serta membuat konten penunjang yang menarik dan berkarakter untuk mengisi media sosial tersebut.

Konten yang dibuat biasanya meliputi konten tutorial, tips dan trik, ulasan terkait sebuah produk maupun tempat, dan resep masakan. Kemudian bisa juga membuat konten hiburan seperti dance, lipsync, video drama pendek, serta outfit of the day atau OOTD.

Jika Anda berniat untuk menjadi influencer media sosial, maka tentukanlah ciri khas konten yang akan ditampilkan. Baik itu dari segi pembuatan juga editing gambar atau video, maupun deskripsi atau caption yang disematkan. Dan bersabarlah hingga tawaran kerja sama berdatangan.

4. Konten Creator di YouTube

Cara dapat uang dari internet lainnya yang bisa dicoba adalah menjadi konten creator di platform YouTube. Tempat berbagi video secara online ini memang tak ada matinya, bahkan tetap populer meskipun banyak bermunculan platform serupa.

Anda bisa memulainya dengan membuat akun YouTube, lalu memulai membuat video yang dirasa akan menarik perhatian audiens. Buatlah sesuatu yang out of the box tanpa menimbulkan citra yang negatif.

Sebelum bisa menghasilkan uang dari YouTube, Anda harus terlebih dahulu rutin mengunggah konten, lalu mencapai subscribers dan jumlah tayangan minimum yang dipersyaratkan agar bisa mendaftarkan akun tersebut ke Google Adsense. Jadi, nantinya Anda bisa menghasilkan uang saku dari setiap iklan yang ditonton oleh audiens.

5. Menjadi Blogger

Untuk sebagian orang, terutama kalangan remaja atau pelajar, profesi sebagai blogger mungkin terdengar agak asing atau mungkin dinilai sudah tidak zaman. Padahal, hingga saat ini kegiatan menulis blog masih terus berlanjut, dan jumlah blogger pun bertambah dari tahun ke tahun.

Saat ini, menjadi blogger pun bisa menjadi kegiatan yang menghasilkan uang tambahan, termasuk untuk pelajar. Hal tersebut bisa dimulai dengan membuat blog. Cara membuat blog sendiri banyak tersedia tutorialnya di internet, dan tergolong mudah.

Langkah selanjutnya, cobalah untuk mengisi blog yang sudah dibuat dengan artikel. Mulailah dengan menulis topik yang disukai. Jika Anda menyukai topik beauty, tulislah banyak artikel terkait pembahasan kecantikan. Begitupun jika Anda suka menulis tentang teknologi, bagikanlah artikel tentang ulasan gadget, teknologi terbaru, dan

Kemudian beli domain dengan ekstensi tertentu, sehingga alamat blog tersebut menjadi situs yang terlihat profesional dengan memakai top level domain. Selain itu, saat sebuah blog sudah menggunakan domain berbayar, Anda bisa mendaftarkan pada situs-situs marketplace backlink untuk mendapatkan penghasilan.

Selain itu, bergabunglah ke komunitas blogger, sehingga Anda bisa mengasah kemampuan menulis dengan lebih baik lagi dan berkembang. Berada di komunitas pun akan menambah sumber informasi seputar job untuk blogger.

Tinggalkan komentar