8 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan Tubuh

Ikan salmon populer sebagai hidangan sushi. Ikan yang terkenal dengan kandungan nutrisinya yang banyak dan mudah diolah menjadi makanan apapun ini dipercaya bisa membuat otak makin pintar. Bukan hanya itu, manfaat ikan salmon rupanya juga bisa untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ikan salmon disukai banyak orang. Baik anak-anak maupun orang dewasa. Kandungan gizinya yang tinggi membuat ikan ini dicari dan dijadikan primadona banyak orang.

Mengenal Ikan Salmon

Ikan Salmon adalah ikan dari family salmonidae. Ikan salmon lahir di air tawar dan bermigrasi ke air laut saat dewasa. Setelah itu kembali ke air tawar untuk bereproduksi.

Ikan salmon terkenal sebagai ikan yang memiliki nilai gizi paling tinggi. Daging ikan salmon sangat enak rasanya dan mudah diolah menjadi makanan apapun. Itulah kenapa banyak yang menyukai ikan salmon dan menjadikannya menu favorit.

Nutrisi yang terdapat di dalam ikan salmon diantaranya kalium, kalsium, selenium, vitamin B12, asam lemak omega 3 serta kandungan lainnya yang tak kalah bagusnya untuk kesehatan tubuh. Omega 3 sendiri baik untuk menjaga kesehatan tulang, jantung dan juga otak.

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Ikan salmon memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Disajikan mentah ataupun diolah menjadi makanan, kandungan gizi ikan salmon tetap seimbang. Beberapa manfaaat ikan salmon yaitu :

1. Meningkatkan Daya Ingat dan Fungsi Otak

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan salmon bermanfaat untuk memperbaiki fungsi otak dalam tubuh. Ditambah dengan vitamin A, vitamin D dan selenium yang bisa mencegah kerusakan sel saraf dan menenangkan otak karena berfungsi sebagai anti depresan.

Mengkonsumsi ikan salmon terbukti dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan fungsi otak. Itulah mengapa banyak yang beranggapan bahwa mengkonsumsi ikan salmon bisa membuat otak makin pintar, karena fungsi otaknya selalu optimal.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Mengkonsumsi ikan salmon juga terbukti mampu mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan osteoarthritis. Nutrisi yang berperan di dalamnya adalah kalsitonin dan kalsium. Tulang menjadi sehat dan terjaga dengan baik lewat konsumsi ikan salmon.

3. Mencegah Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Selain bagus untuk meningkatkan fungsi otak, omega 3 di dalam ikan salmon rupanya juga bagus untuk mengurangi kadar kolesterol darah, menguatkan otot jantung dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada jaringan jantung dan pembuluh darah.

Kolesterol darah yang sudah turun secara otomatis membuat tekanan darah menjadi turun juga. Selain itu ikan salmon juga dapat mencegah penyumbatan yang terjadi pada dinding pembuluh darah arteri, sehingga dapat mencegah seragan jantung mendadak.

4. Mengontrol Berat Badan

Ikan salmon ternyata dapat digunakan untuk program diet karena bisa mengontrol berat badan. Hal tersebut dikarenakan kandungan protein dalam ikan salmon yang dapat membantu mengontrol hormone nafus makan, sehingga membuat kita merasa kenyang.

Berat badan pun bisa turun perlahan dengan mengkonsumsi ikan salmon secara teratur. Selain itu metabolisme tubuh juga bagus karena kinerja protein dalam ikan salmon.

5. Melawan Peradangan

Peradangan dianggap sebagai akar penyebab munculnya berbagai penyakit kronis, seperti jantung, diabetes maupun kanker. Mengkonsumsi ikan salmon dipercaya mampu mengurangi risiko munculnya penyakit berbahaya. Sehingga tubuh pun menjadi lebih sehat dan terjaga.

6. Mengatasi Insomnia

Ikan salmon memiliki kandungan bernama triptofan yaitu sedative alami yang bermanfaat untuk mengatasi masalah sulit tidur atau insomnia. Mengkonsumsi ikan salmon dapat memperbaiki pola tidur, sehingga istirahat pun bisa maksimal.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Ikan salmon punya omega 3 dan vitamin A yang bermanfaat untuk mencegah mata kering, mata lelah serta degenerasi macula pada mata, yaitu kerusakan sel saraf pada yang mengakibatkan penglihatan jadi berkurang.

Mengkonsumi ikan salmon terbukti dapat menjaga kesehatan mata dengan lebih baik.

8. Sumber Vitamin B yang Baik

Semua vitamin B sangat baik untuk menjaga fungsi otak dan juga sistem saraf. Selain itu vitamin B juga berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi energy, memperbaiki struktur DNA dan juga mengurangi peradangan yang bisa menjadi pemicu penyakit jantung.

Ikan salmon memiliki vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga menjadi sumber vitamn B terbaik yang menunjang metabolisme dalam tubuh.

Nah itu dia beberapa manfaat ikan salmon yang baik untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi ikan salmon setidaknya dua porsi per minggu dapat membantu mengoptimalkan kesehatan tubuh dan otak kita.

Rasa ikan salmon sangat lezat dan mudah diolah menjadi makanan apapun. Apakah dipanggang, digoreng, dijadikan sushi atau olahan makanan lainnya tetap tak mengubah cita rasanya yang khas dan enak.

Yuk konsumsi ikan salmon dan rasakan manfaat ikan salmon yang baik untuk tubuh kita.

Tinggalkan komentar