Apa itu Tune Up Mobil, Fungsi dan Caranya

Setiap mobil perlu melakukan perawatan berkala agar segala komponen, sistem, dan performa mobil tetap terlindungi. Tidak jarang, ada yang membawa mobilnya untuk sekadar servis biasa, tetapi itu saja tidaklah cukup.

Oleh sebab itu, diharuskan untuk membawanya ke service mobil agar seluruh komponen dan performa mobil diperiksa secara terperinci sehingga apabila terjadi kerusakan, dapat segera diatasi.

Lazimnya, biaya tune up mobil cenderung mahal jika dibandingkan dengan servis biasa. Namun, tidak perlu khawatir sebab biaya yang akan Anda keluarkan pun sebanding dengan layanan yang diberikan.

Nah, bagi Anda yang masih awam dengan istilah tune up mobil, berikut informasi mengenai apa itu tune up, fungsi, dan caranya.

Apa itu Tune Up Mobil?

Tune up mobil adalah perawatan mobil dengan standarisasi segala sistem dan komponen mobil. Secara umum, tune up mobil merupakan penggantian terhadap komponen mobil menurut jangka pakai efektif.

Bila ingin melakukan tune up mobil pun ada waktu idealnya, yakni ketika mobil sudah mencapai kilometer maksimal sekali service atau sekitar 5.000–6.000 km. Namun, Anda juga dapat melakukan service mobil setiap 3 bulan sekali dibarengi dengan servis rutin.

Untuk memperdalam informasi di atas mengenai tune up mobil, ketahui dan pahami pula apa saja sih fungsi tune up mobil?

Fungsi Tune Up Mobil

Apa itu Tune Up Mobil, Fungsi dan Caranya

Lebih jelasnya pahami fungsi tune up mobil berikut ini.

1. Performa Mobil Lebih Prima

Mobil yang sering digunakan, tetapi jarang dilakukan pemeriksaan dan perawatan, tentu rentan mengalami kerusakan mesin. Hal ini akan mempengaruhi kenyamanan Anda dalam berkendara. Bahkan, bila diabaikan, mesin mobil akan mati secara tiba-tiba di tengah perjalanan.

2. Memelihara Mesin Mobil agar Bertahan Lama

Kondisi mesin dan komponen mobil akan terpantau bila Anda melakukan service mobil. Bahkan, sekalipun terjadi kerusakan pada mesin mobil, akan lebih mudah dalam memperbaikinya. Dengan kata lain, fungsi tune up mobil, yakni meningkatkan kualitas mesin sehingga akan bertahan lebih lama.

3. Mencegah Kerusakan Fatal

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang fatal dengan melakukan tune up mobil secara berkala. Sehingga apabila terdapat tanda kerusakan pun dapat segera ditangani. Jika membiarkan mobil tanpa perawatan rutin, berdampak pada kerusakan yang semula tidak parah menjadi fatal.

4. Menghemat Biaya dan Waktu Perawatan

Tune up mobil dapat mencegah terjadinya kerusakan fatal di kemudian hari. Dalam hal ini, akan menghemat biaya tune up mobil dan waktu Anda.

Saat dilakukannya tune up, mobil Anda akan diperiksa secara keseluruhan. Bila terjadi suatu kerusakan atau gangguan, dapat segera ditangani sehingga kerusakan tidak akan menyebar ke komponen lain.

5. Memastikan Kondisi Fungsi Filter Udara

Fungsi tune up mobil, yakni memastikan filter udara dapat berfungsi secara baik. Bila terjadi kerusakan pada fungsi filter udara, suhu udara tentu meningkat sehingga berdampak pada menurunnya performa mesin mobil.

6. Memastikan Kondisi Stabil pada Komponen Mobil

Selain itu, tune up mobil dapat memastikan segala komponen mobil Anda dalam keadaan stabil dan baik. Perawatan ini pun mampu memaksimalkan kemampuan komponen mobil sehingga mobil akan terasa jauh lebih nyaman saat dibawa berkendara.

Cara Tune Up Mobil

Kenali dan pahami pula cara tune up mobil pada beberapa komponen. Lantas, bagaimana caranya?

1. Pengecekan Baterai dan Aki

Tegangan aki harus berada pada 12 volt saat kondisi mesin mati, sementara maksimal di angka 14 volt saat kondisi mesin menyala. Selain tegangan, dilakukan pemeriksaan kapasitas arus dengan battery tester. Anda bisa melihat standar arus listrik pada aki di bagian cover baterai aki.

2. Pemeriksaan Karburator dan Throttle Body

Anda perlu melakukan pemeriksaan dan pembersihan karburator secara berkala dan pemasangan RPM pada karburator untuk mobil yang bersistem non-injeksi.

Sementara, untuk mesin yang sudah bersistem injeksi, Anda hanya diperlukan melakukan pemeriksaan dan pembersihan di bagian throttle body.

3. Pemasangan Celah Katup

Wajib bagi Anda untuk melakukan proses pemasangan celah katup apabila mesin mobil milik Anda menggunakan sistem katup non-injeksi. Hal itu agar celah katup berada pada posisi standar.

Lazimnya, celah katup berkisar 0,2–0,3 mm. Celah terlalu besar akan berdampak pada suara mesin yang bising dan kurang bertenaga. Namun, celah yang terlalu kecil pun akan berdampak pada kebocoran kompresi.

4. Pemeriksaan Tegangan V Belt

Tingkat tegangan V belt harus rutin diperiksa. V belt yang kendur perlu disetel ulang. Perlu diingat bahwa proses pemasangan atau penyetelan hanya berlaku pada mesin dengan tensioner manual atau ulir.

5. Pemeriksaan dan Pembersihan Celah Busi

Pemeriksaan dan pembersihan celah busi dilakukan supaya api yang keluar dari busi tidak terlalu kecil ataupun besar.

6. Pemeriksaan Fluida

Pemeriksaan fluida yang digunakan dalam mobil, di antaranya oli mesin, oli transmisi, minyak oli, hingga oli gardan. Pemeriksaan bukan hanya pada volumenya, melainkan pada kondisi oli yang masih layak dan mampu sebagai pelumas mesin mobil.

Selain melakukan pemeriksaan dan perawatan pada mobil, Anda juga perlu memberikan asuransi terhadap mobil untuk mengurangi risiko pembengkakan biaya perbaikan.

Salah satu perusahaan asuransi yang bisa dijadikan pilihan, yaitu Asuransi Tugu Pratama Indonesia, menjadi perusahaan yang unggul dengan pilihan produk asuransi mobil Tugu terbaik.

Adapun pilihan produk asuransi mobil Tugu terbaik, mulai dari TLO (Total Loss Only) yang hanya menanggung kerusakan total hingga polis All Risk yang menanggung semua jenis kerusakan.

Selain itu, ada pula beberapa rekomendasi asuransi mobil terbaik yang dapat Anda lihat melalui marketplace asuransi, salah satunya Lifepal.

Lifepal sebagai salah satu perusahaan online marketplace asuransi di Indonesia yang memudahkan Anda untuk membandingkan, memilih, dan membeli produk asuransi secara transparan, serta sesuai kebutuhan dengan biaya premi yang terjangkau.

Lifepal menawarkan berbagai jenis asuransi, yakni asuransi mobil, kesehatan, jiwa, motor, karyawan, properti, perjalanan, dan sebagainya,

Nah, apabila Anda membeli asuransi mobil melalui marketplace asuransi Lifepal, terdapat beberapa keunggulan, di antaranya.

  1. Lifepal bekerja sama dengan lebih dari 4.000 bengkel mobil dan 250 lebih kantor cabang rekanan yang telah tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia.
  2. Lifepal telah bekerja sama dengan 50 lebih perusahaan asuransi ternama di Indonesia dengan penawaran produk asuransi mobil terbaik dan terlengkap.
  3. Layanan pengajuan klaim dapat melalui aplikasi atau menghubungi kantor cabang.

Itulah pembahasannya, mulai dari pengertian, fungsi, cara tune up mobil, hingga informasi mengenai Lifepal sebagai marketplace online asuransi terbaik di Indonesia.


Penyebab Orang Cenderung Insecure

5 Penyebab Orang Cenderung Insecure

Arti kata insecure merajuk pada kondisi psikis seseorang, yang umumnya merasakan ketidaknyaman, ketidakpercayaan diri hingga rasa tidak aman terhadap sesuatu. Ini bukanlah suatu yang aneh, sebab kondisi ini sangat lazim…

fungsi mesin laminasi, gambar mesin laminasi, harga mesin cetak laminasi, harga mesin laminasi a3, harga mesin laminasi dingin, harga mesin laminasi doff dan glossy, harga mesin laminasi el 380r, harga mesin laminasi film, harga mesin laminasi roll, jual mesin laminasi, jual mesin laminasi bekas, mesin extruder laminating, mesin laminasi, mesin laminasi a3, mesin laminasi a4, mesin laminasi adalah, mesin laminasi bambu, mesin laminasi bandung, mesin laminasi bekas, mesin laminasi besar, mesin laminasi brosur, mesin laminasi busa, mesin laminasi decal, mesin laminasi di bandung, mesin laminasi dingin, mesin laminasi dingin a3, mesin laminasi dingin bekas, mesin laminasi dingin besar, mesin laminasi dingin manual surabaya, mesin laminasi dingin otomatis, mesin laminasi dingin second, mesin laminasi doff, mesin laminasi fm 350, mesin laminasi fm3510, mesin laminasi foto, mesin laminasi harga, mesin laminasi hot, mesin laminasi id card, mesin laminasi innovatec, mesin laminasi joyko, mesin laminasi karung, mesin laminasi kayu, mesin laminasi kecil, mesin laminasi kertas, mesin laminasi kertas bungkus nasi, mesin laminasi lcd, mesin laminasi lem, mesin laminasi manual, mesin laminasi modifikasi, mesin laminasi murah, mesin laminasi otomatis, mesin laminasi panas, mesin laminasi panas dingin, mesin laminasi pengertian, mesin laminasi rol, mesin laminasi roll, mesin laminasi roll fm3510, mesin laminasi roll kota sby jawa timur, mesin laminasi second, mesin laminasi sheet, mesin laminasi sticker, mesin laminasi stiker, mesin laminasi surabaya, mesin laminasi terbaik, mesin laminasi thermal, mesin laminasi tidak panas, mesin laminasi undangan, mesin laminasi untuk, mesin laminasi untuk percetakan, mesin laminasi uv, mesin laminasi uv varnish, mesin laminasi v-tec, mesin laminasi waterbase, mesin laminasi yang bagus, mesin laminating a3 bekas, mesin laminating a3 joyko, mesin laminating a3 plus, mesin laminating a3 terbaik, mesin laminating a3 yang bagus, mesin laminating a4, mesin laminating akrilik, mesin laminating bagus, mesin laminating bandung, mesin laminating bekas olx, mesin laminating besar, mesin laminating cirebon, mesin laminating contoh, mesin laminating epson, mesin laminating eva, mesin laminating f4, mesin laminating f4 joyko lm-01, mesin laminating fgk 330, mesin laminating fm3510, mesin laminating foto, mesin laminating gambar, mesin laminating gawang, mesin laminating gbc, mesin laminating gbc fusion 5000l a3, mesin laminating glodok, mesin laminating glossy, mesin laminating gmp, mesin laminating harga, mesin laminating harizo, mesin laminating hemat listrik, mesin laminating huawei, mesin laminating id card, mesin laminating innovatec, mesin laminating jakarta, mesin laminating jogja, mesin laminating joyko a3, mesin laminating joyko lm 01, mesin laminating joyko lm 02, mesin laminating joyko lm-03, mesin laminating kayu, mesin laminating keluar asap, mesin laminating kozure, mesin laminating kozure lm 102, mesin laminating krisbow, mesin laminating ktp, mesin laminating lamipacker, mesin laminating lcd, mesin laminating lem oca, mesin laminating lengket, mesin laminating lpf, mesin laminating lpf 330 wh, mesin laminating lpf 360r, mesin laminating makassar, mesin laminating malang, mesin laminating manual, mesin laminating medan, mesin laminating memanfaatkan tenaga panas yang dihasilkan dari energi, mesin laminating murah, mesin laminating murah berkualitas, mesin laminating novus, mesin laminating nyangkut, mesin laminating oca, mesin laminating offset, mesin laminating olx, mesin laminating origin, mesin laminating origin or-330, mesin laminating origin orx-330ex, mesin laminating otomatis, mesin laminating paling bagus, mesin laminating panas terus, mesin laminating pekanbaru, mesin laminating percetakan, mesin laminating plastik, mesin laminating portable, mesin laminating rekomendasi, mesin laminating riehdel, mesin laminating riehdel 330, mesin laminating roll fm3510, mesin laminating roll heavy duty, mesin laminating rusak, mesin laminating secure, mesin laminating secure a3, mesin laminating semarang, mesin laminating shopee, mesin laminating sticker, mesin laminating terbaik, mesin laminating terlalu panas, mesin laminating tidak berputar, mesin laminating tidak mau berputar, mesin laminating tidak panas, mesin laminating tokopedia, mesin laminating topas fgk-330, mesin laminating ukuran a3, mesin laminating ukuran besar, mesin laminating undangan, mesin laminating untuk id card, mesin laminating untuk usaha fotocopy, mesin laminating vt 330, mesin laminating vtec, mesin laminating v-tec 330, mesin laminating water base, mesin laminating watt kecil, mesin laminating westech, mesin laminating xeho, mesin laminating yang bagus, mesin laminating yang cocok untuk usaha, mesin laminating yatai, mesin laminating zrm, mesin percetakan laminasi,

2 Jenis Laminating, Mana yang Terbaik?

Mesin laminasi termasuk mesin yang selalu ada di percetakan. Fungsinya yang melaminasi dokumen penting, menjadi bagian tak terpisahkan dari percetakan itu sendiri. Karenanya pelaku usaha percetakan pastinya harus pintar memilih…

Tinggalkan komentar