Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah di Indonesia

Asuransi mobil syariah merupakan jenis produk asuransi sesuai ajaran Islam yang mampu memberikan jaminan keamanaan mobil secara finansial. Asuransi bekerja saat ada kerusakan pada mobil baik sebagian maupun seluruh mobil secara total.

Salah satu asuransi tersebut yaitu asuransi asei. Asuransi asei ditawarkan oleh perusahaan asuransi bernama PT Asuransi Ekspor Indonesia. Asuransi asei termasuk anak perusahaan BUMN yang telah menjadi bagian penting sejarah.

Asuransi asei mampu mendorong peningkatan ekspor nasional sejak tahun 2014. Banyak pengalaman dan pengakuan telah diberikan kepada asuransi ini. Bahkan asuransi asei sudah dikenal di skala internasional.

Asuransi Mobil Syariah Indonesia

Sebagai produk perlindungan bagi kendaraan mobil, asuransi mobil syariah juga seperti asuransi konvensional mobil lain. Hanya saja, asuransi mobil syariah memiliki cara kerja dengan menerapkan prinsip syariat Islam di Indonesia.

Cara kerja yang sesuai prinsip syarit Islam ini selalu diawasi oleh lembaga khusus. Lembaga tersebut tentu memiliki wewenang di bidangnya, yaitu Dewan Pengawas Syariah (DPS) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sehingga tetap sesuai Islam.

Asuransi mobil juga menjadi solusi bagi Anda yang memiliki keinginan untuk melindungi kendaraan mobil. Selain melindungi mobil dari kerugian atau kerusakan, penggunaan jasa asuransi ini sesuai dengan pendekatan hukum Islam.

Seperti namanya, Anda akan memperoleh beragam keuntungan dari aspek asuransi dan aspek agama. Jadi, tak hanya aman secara finansial tetapi juga aman dalam konteks hidup sesuai tuntunan agama.

Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah di Indonesia

Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah di Indonesia

Indonesia telah menjadi negara dengan populasi penganut agama Islam terbanyak. Bahkan dinobatkan sebagai negara muslim terbesar di dunia. Potensi ini ikut memicu hadirnya produk baik jasa atau barang yang ramah terhadap muslim.

Salah satu produk jasa yang juga ikut berkembang yakni asuransi mobil syariah. Penawaran dari setiap perusahaan asuransi juga semakin beragam. Namun Anda tetap harus waspada dan cerdas dalam memilih asuransi yang tepat.

Memilih asuransi yang tepat berarti Anda memilih untuk bisa memperoleh keuntungan dan manfaat maksimal dari adanya asuransi. Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih asuransi mobil syariah di Indonesia.

1. Pahami kebutuhan Anda

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa asuransi, pahami terlebih dahulu kebutuhan Anda. Apakah Anda benar membutuhkan jasa asuransi? Apakah prinsip syariah menjadi penting bagi Anda? Atau jasa asuransi ternyata belum dibutuhkan?

Setelah memahami kebutuhan Anda, kini Anda siap memillih asuransi mobil syariah terbaik yang ada di Indonesia. Langkah awal yakni mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang kebutuhan Anda terhadap asuransi.

2. Mencari banyak informasi terkait asuransi

Anda bisa mulai mencari banyak informasi terkait asuransi. Sehingga Anda memiliki banyak referensi terkait penyedia asuransi yang dapat memenuhi kebutuhan. Selain itu, Anda juga bisa memilih asuransi tepat sesuai kondisi.

Beberapa kondisi yang sering kali menjadi pertimbangan yakni keuangan hingga perjanjian perlindungan yang ditawarkan penyedia jasa asuransi. Semakin banyak informasi didapat maka semakin besar peluang Anda memilih asuransi terbaik.

3. Pilih penyedia jasa asuransi terpercaya

Memang tidak mudah memberikan kepercayaan. Terlebih kepercayaan ini menyangkut mobil kesayangan Anda. Jika salah memberikan kepercayaan maka risiko kerugian yang lebih besar bisa Anda dapatkan. Tentu saja tidak diharapkan.

Oleh karena itu, pilih penyedia jasa asuransi yang kredibel. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan pengecekan pada laman resmi perusahaan. Anda juga bisa memeriksa laporan keuangan serta ulasan nasabah lain terhadap layanan penyedia.

4. Pertimbangkan polis

Mempertimbangkan polis juga menjadi salah satu tips penting yang tidak boleh Anda abaikan. Anda dapat membandingkan premi dan polis setiap perusahaan. Sehingga Anda bisa memilih premi paling terjangkau dan sesuai kemampuan.

Jangan lupa juga untuk memahami polis dengan benar. Supaya Anda mengetahui hak dan kewajiban dari setiap pihak yang terlibat dalam asuransi mobil syariah. Alhasil, asuransi bisa bekerja sesuai dengan manfaatnya.

5. Memiliki bengkel rekanan terjangkau

Perusahaan asuransi yang Anda pilih harus memiliki bengkel rekanan terjangkau. Jika terjadi kerusakan atau hal tidak terduga, maka Anda tidak perlu repot pergi ke bengkel yang jauh. Malah, Anda bisa memillih asuransi dengan bengkel terdekat.

Bengkel rekanan terdekat dapat memudahkan Anda untuk membawa mobil yang akan direparasi atau diservis.

6. Menjalankan asuransi berdasarkan hukum Islam

Bukan hanya sekedar nama, Anda harus memastikan dengan benar bahwa cara kerja perusahaan asuransi juga sesuai dengan hukum Islam. Anda bisa mengetahui hal ini dari laman resmi atau polis yang ditawarkan perusahaan.

Beberapa kriteria asuransi mobil syariah yakni terbebas dari riba, gharar, dan maysir. Selain itu dana asuransi tetap bisa diambil meskipun belum pernah mengajukan klaim kerusakan atau kerugian pada mobil.

Rekomendasi Lifepal Sebagai Asuransi Mobil Syariah

Kehadiran perusahaan asuransi yang semakin banyak bukan lagi masalah bagi Anda. Terlebih setelah Anda mengenal Lifepal juga menawarkan asuransi mobil syariah. Bahkan Lifepal juga memberikan premi dan manfaat yang bersaing.

Melalui laman resmi, Lifepal juga membantu Anda menentukan pilihan dalam menggunakan jasa asuransi dari banyak perusahaan. Anda bisa membandingkan asuransi mobil syariah setiap perusahaan yang ada di Indonesia.

Lifepal juga sudah terpercaya dan memiliki kredibiltas tinggi sebagai penyedia jasa asuransi. Selain itu, Lifepal juga diawasi langsung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Jadi, pengelolaan asuransi bisa terjamin sesuai syariat Islam.

Tinggalkan komentar