Apa Penyebab Bau Mulut?

Di tengah-tengah perbincangan dengan kawan lama terkadang ada momen dimana Anda tiba-tiba merasa tidak nyaman karena ada aroma yang kurang sedap. Kemudian terlintas di benak Anda untuk mencari tahu apa penyebab nafas bau dan cara menghilangkan bau mulut.

Jika sudah seperti itu, sudah sepatutnya Anda langsung mencari tahu penyebab bau mulut dan cara mengatasinya. Dengan begitu Anda akan bisa lebih waspada dalam menjaga kesehatan mulut.

Penyebab Nafas Bau dan Cara Mengatasinya

Penyebab Nafas Bau Busuk dan Cara Mengatasinya

Berikut ini beberapa penjelasan yang mungkin bisa menjawab pertanyaan mengenai apa penyebab bau mulut yang Anda alami selama ini.

1. Cara Menyikat Gigi yang Salah

Menyikat gigi adalah kegiatan rutin setiap orang untuk membersihkan gigi dari sisa makanan dan minuman yang telah dikonsumsi. Meskipun menjadi aktivitas wajib dalam menjaga kesehatan mulut, namun masih banyak yang belum mempraktikkan cara menyikat gigi yang benar.

Tidak jarang yang hanya menyikat gigi sesuka hati dan menyelesaikannya dalam waktu kurang dari 1 (satu) menit. Jika Anda ingin mendapatkan hasil optimal, sikatlah seluruh permukaan gigi dalam waktu 2 (dua) menit. Gunakanlah pasta gigi Closeup Ever Fresh untuk mendapatkan nafas yang segar.

2. Gigi Berlubang Penyebab Nafas Bau Busuk

Menyikat gigi dengan benar memang langkah tepat untuk mendapatkan bau mulut yang segar. Akan tetapi bukan berarti Anda pasti langsung bisa memiliki nafas segar sepanjang hari. Mungkin Anda pernah mendengar orang yang bertanya, apakah gigi berlubang menyebabkan bau mulut?

Jawabannya adalah iya, bau mulut tidak segar itu bisa saja berasal dari gigi Anda yang berlubang. Jika sekiranya ada gigi yang berlubang, segeralah untuk mengambilnya jika memungkinkan. Namun jika sudah parah, maka sebaiknya cabutlah gigi yang berlubang tadi.

3. Kebersihan Lidah yang Tidak Terjaga

Mayoritas orang hanya mengetahui bahwa bau mulut disebabkan karena gigi yang tidak bersih dari sisa makanan saja. Padahal bau mulut Anda juga bisa disebabkan oleh kebersihan lidah yang tidak terjaga dan berkembangnya bakteri penyebab bau mulut.

Lidah memiliki permukaan yang berpotensi besar sebagai tempat tumbuhnya bakteri patogen. Pasalnya teksturnya yang terdiri dari papila ini memungkinkan menjadi tempat berkumpulnya sisa makanan berukuran sangat kecil.

Sehingga menimbulkan bercak-bercak putih pada lidah. Untuk mendapatkan lidah berwarna pink yang bersih dan sehat, Anda bisa membersihkannya menggunakan alat pembersih lidah secara rutin.

4. Kekurangan Cairan

Saat tubuh Anda mengalami kekurangan cairan, maka produksi air liur pun turut turun drastis. Penurunan produksi air liur dalam jumlah besar inilah yang pada akhirnya bisa membuat bau mulut menjadi tidak sedap.

Untuk mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan, konsumsilah air putih sesuai kebutuhan tubuh masing-masing. Sehingga mulut tidak kering dan pertumbuhan bakteri serta gas sulfur yang diproduksi oleh bakteri juga dapat diminimalisir.

5. Rokok

Jika ditanya apa penyebab bau mulut busuk, salah satu jawabannya yaitu bisa bersumber dari aktivitas merokok yang Anda lakukan. Sebagaimana peringatan yang sudah tertera di masing-masing kemasan rokok tentang bahayanya.

Kegiatan merokok aktif akan memicu berbagai penyakit gigi dan gusi. Apalagi jika Anda merokok secara masif. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengurangi dan berhenti merokok. Anda juga bisa mengganti aktivitas merokok dengan mengunyah permen karet yang tidak mengandung gula.

6. Asam Lambung

Persoalan asam lambung tentu bukan hal yang baru Anda dengar. Terlalu tingginya kadar asam dalam lambung membuat ia terdorong naik ke tenggorokan dan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

Cara paling mudah untuk mengatasinya yaitu dengan mengkonsumsi obat maag dan mengurangi konsumsi gula pasir. Namun jika ingin mengobatinya secara menyeluruh, maka cobalah untuk memulai pola hidup sehat serta memberikan asupan terbaik untuk jasmani dan rohani Anda.

Dari beberapa penyebab nafas bau busuk dan cara mengatasinya, cobalah untuk mempraktekkannya sesuai kebutuhan Anda. Sembari mengupayakan bau mulut yang segar, tetaplah tenang dan nikmati hari-hari Anda sebaik mungkin.


contoh makanan kaya serat untuk bayi, jenis makanan tinggi serat untuk bayi, makanan kaya akan serat untuk bayi, makanan kaya serat untuk bayi 6 bulan, makanan kaya serat untuk bayi 7 bulan, makanan kaya serat untuk bayi 8 bulan, makanan kaya serat untuk pencernaan bayi, makanan mengandung serat tinggi untuk bayi, makanan tinggi serat pada bayi, makanan tinggi serat untuk bayi, makanan tinggi serat untuk bayi 1 tahun, makanan tinggi serat untuk bayi 6 bulan, makanan tinggi serat untuk bayi 7 bulan, makanan tinggi serat untuk bayi 9 bulan, makanan tinggi serat untuk bayi sembelit, makanan tinggi serat untuk mpasi bayi, makanan yang kaya serat untuk bayi, makanan yang mengandung serat tinggi untuk bayi, makanan yang tinggi serat untuk bayi, makanan yg tinggi serat untuk bayi, sayuran yang mengandung serat tinggi untuk bayi,makanan untuk anak, tahapan tubuh kembang anak, 5 Kebutuhan Nutrisi Pada Anak

5 Kebutuhan Nutrisi Pada Anak

Kebutuhan nutrisi pada anak memang harus dipenuhi, dimana kebutuhan nutrisi ini sendiri memang sangat penting untuk anak–anak di masa pertumbuhannya. Dan berikut adalah 5 kebutuhan nutrisi pada anak yang harus…

Tinggalkan komentar