Cara Efektif Mengatasi Jerawat Bernanah di Rumah

PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) adalah organisasi profesi yang bersifat pengabdian dan kekaryaan di bidang kesehatan. Pafikotabalige.org bertujuan mengembangkan pembangunan farmasi di Indonesia serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya, khususnya di Kota Balige.

Setiap orang pasti pernah berjerawat, namun hanya jerawat yang meradang yang mengeluarkan nanah. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit, kemerahan, dan pembengkakan. Apa penyebab jerawat bernanah dan bagaimana cara mengatasinya?

Sebab Jerawat Menjadi Bernanah

Cara Efektif Mengatasi Jerawat Bernanah di Rumah
Cara Efektif Mengatasi Jerawat Bernanah di Rumah

Jerawat kecil putih bernanah terjadi karena bakteri memasuki kulit Anda dan menyebabkan infeksi. Nanah yang muncul pada jerawat merupakan respons pertahanan alami tubuh yang bekerja melawan infeksi dan peradangan.

Jerawat nanah di hidung bisa terjadi jika Anda mencoba untuk memencetnya. Jerawat yang dipencet akan menimbulkan luka terbuka dan menjadi jalan masuk bagi bakteri. Akibatnya, jerawat akan mengalami infeksi, terasa nyeri, merah, dan meradang.

Cara Mengobati Jerawat Bernanah

Jerawat bernanah biasanya akan sembuh sendiri. Namun, jika area di sekitar jerawat terasa sangat nyeri, berikut cara mengatasi jerawat bernanah yang bisa dilakukan:

Rutin Merawat Kulit

Salah satu cara terbaik untuk mencegah timbulnya jerawat adalah melakukan perawatan kulit dengan lembut dan teratur, seperti:

  • Rajin mencuci wajah dua kali sehari maupun setelah melakukan aktivitas yang menyebabkan keringat berlebih.
  • Mencuci rambut secara teratur untuk menjaga kebersihan dan minyak berlebih.
  • Gunakan produk yang lembut, tidak mengandung bahan yang bersifat mengikis, bebas minyak, dan bebas alkohol untuk menghindari kemungkinan iritasi pada kulit.
  • Hanya gunakan tangan tanpa alat penggosok atau waslap saat mencuci wajah agar tidak menimbulkan risiko iritasi.
  • Jangan gunakan kosmetik di area yang terinfeksi.
  • Sebisa mungkin, hindari menyentuh wajah jika Anda belum mencuci tangan.
  • Batasi terpapar sinar matahari, jangan lewatkan tabir surya dan pelembab wajah.

Menggunakan Kompres Hangat

Menempelkan kain bersih, hangat, dan basah selama 10 menit beberapa kali sehari pada area yang terinfeksi bisa menjadi cara menghilangkan jerawat nanah dalam semalam. Pastikan kompres yang Anda gunakan tidak terlalu panas.

Pakai Obat Jerawat

Aplikasikan obat jerawat yang mengandung bahan aktif benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur untuk mengatasi penyebab jerawat bernanah. Gunakan sesuai petunjuk agar hasilnya efektif.

Perbaiki Pola Hidup

Lakukan olahraga ringan, tidur yang cukup, dan hindari stress yang berlebihan. Konsumsi makanan sehat berimbang dan jauhi makanan serta minuman yang dapat memicu timbulnya jerawat bernanah.

Jika Anda mendapati jerawat semakin meradang, sangat nyeri, bahkan sampai menyebabkan demam, segera temui dokter kulit untuk mendapatkan bantuan dan pengobatan yang tepat.

Ketahui berbagai agenda kegiatan yang dilaksanakan oleh PAFI, meliputi seminar dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian para ahli farmasi di Indonesia lewat situs web pafikotabalige.org.


Cash Flow

7 Cara Mengatur Cash Flow Perusahaan

Di dalam sebuah perusahaan, mengatur keuangan adalah salah satu faktor vital yang harus diperhitungkan dengan tepat. Cara mengatur cashflow perusahaan menjadi hal penting yang harus pertama kali dipelajari sebelum mendirikan…

Tinggalkan komentar