Ingin Mata Sehat? Ini 7 Vitamin Kesehatan Mata yang Perlu Dikonsumsi

Setiap orang pasti ingin memiliki mata yang sehat. Untuk itu, Anda harus mengonsumsi berbagai jenis makanan tertentu untuk merawat indra penglihatan. Makanan tersebut mengandung vitamin kesehatan mata yang akan membantu Anda menghindari berbagai masalah mata, seperti gangguan penglihatan miopi atau rabun jauh.

Vitamin Kesehatan Mata yang Perlu Dikonsumsi

Vitamin Kesehatan Mata yang Perlu Dikonsumsi
Vitamin Kesehatan Mata yang Perlu Dikonsumsi

Mata adalah organ kompleks yang membutuhkan banyak vitamin agar dapat berfungsi dengan baik. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa vitamin dan mineral dapat melindungi atau memperlambat gangguan mata, seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia (AMD). tetapi kekurangan vitamin tertentu dapat meningkatkan risiko kondisi tersebut. Anda dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah miopi dan penyakit mata lainnya dengan mengonsumsi beberapa vitamin berikut ini secara rutin.

1. Lutein

Lutein, salah satu vitamin kesehatan mata. Vitamin ini dapat menurunkan risiko degenerasi makula. Gangguan penglihatan yang umumnya terjadi pada orang tua menurun hingga sampai 43% dengan mengonsumsi 6 mg lutein. Makanan dengan kandungan lutein adalah sayuran hijau, buah sitrus, dan kuning telur.

2. Vitamin E

Tubuh dapat melindungi dirinya dari peradangan dengan menerima vitamin E. Kombinasi vitamin E dan lutein membantu mengurangi kemungkinan miopi dan katarak. Salah satu bentuk vitamin E yang memiliki sifat antioksidan kuat adalah alpha tocopherol. Antioksidan melawan radikal bebas, yang dapat merusak jaringan tubuh. Kadang-kadang, radikal bebas dapat merusak protein di mata, yang dapat menyebabkan perubahan protein pada lensa yang disebut katarak. Alpukat, kacang tanah, dan brokoli adalah beberapa makanan yang mengandung banyak vitamin E. Studi tahun 2014 menemukan bahwa penggunaan suplemen vitamin E meningkatkan kejernihan lensa mata dengan signifikan.

3. Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu nutrisi yang sangat baik untuk mata. Kekurangan vitamin ini dapat mencegah kebutaan pada malam hari dan kekeringan pada mata yang dikenal sebagai xerophthalmia. Selain itu, vitamin A memiliki antioksidan yang dapat membantu orang yang mengalami gangguan pada mata mempertahankan penglihatan. Vitamin A juga dapat membantu memperlambat kerusakan saraf mata, yang dapat menyebabkan kebutaan, terutama bagi orang yang menderita diabetes. Bersama dengan komponen protein Rhodopsin, vitamin A memungkinkan mata untuk melihat dalam kondisi cahaya rendah. Vitamin A juga membantu fungsi kornea, lapisan luar pelindung mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gejala pada mata, seperti produksi air mata yang terlalu sedikit untuk membuat mata lembab.

4. Vitamin C

Mendapatkan jumlah vitamin C yang cukup setiap hari dapat membantu menjaga penglihatan tetap tajam dan menghindari miopi atau rabun jauh. Vitamin kesehatan mata ini juga membantu tubuh melawan radikal bebas dan menyerap mineral dan nutrisi sehat lainnya. Vitamin C adalah adalah satu antioksidan kuat yang melindungi terhadap kerusakan oksidatif.

5. Vitamin B kompleks

Berbagai penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana vitamin B mempengaruhi kesehatan mata, terutama vitamin B6, B9, dan B12. Kadar homosistein, protein yang berhubungan dengan peradangan, dan peningkatan risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia, dapat dikurangi dengan menggunakan kombinasi vitamin tersebut. Mengonsumsi 1.000 mcg vitamin B12 bersama dengan vitamin B6 dan B9 menurunkan risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia sebesar 34%, menurut sebuah studi klinis pada wanita yang diterbitkan pada Scientific Reports. Penyakit mata degeneratif pada makula retina yang sangat mempengaruhi penglihatan dapat berkurang dengan mengonsumsi vitamin B-6, B-9, dan B-12. Studi lain menyebutkan bahwa tingkat katarak nuklearis yang lebih rendah terkait dengan peningkatan asupan protein, riboflavin, niacin, tiamin, dan vitamin A.

6. Zinc

Menggabungkan zinc dengan berbagai macam vitamin dapat melindungi retina dan mengurangi risiko degenerasi makula. Supaya mata tetap sehat, makanan yang mengandung zinc sangat dibutuhkan untuk pembelahan dan pertumbuhan sel. Ikan, daging sapi, kambing, dan kacang-kacangan adalah beberapa contoh makanan yang mengandung banyak zinc.

7. Zeaxanthin

Zeaxanthin adalah salah satu vitamin yang dapat menjaga kesehatan mata. Pasalnya, nutrisi ini banyak tersalur ke makula halus mata untuk melindungi lensa dan jaringan mata. Hal ini sangat membantu menjaga ketajaman penglihatan dan sensitivitas terhadap cahaya serta mengurangi risiko miopi dan katarak.

Nah, itulah 7 vitamin kesehatan mata yang perlu Anda konsumsi secara rutin dalam menu makanan sehari-hari. Agar mata Anda tetap terjaga kesehatannya, sangat penting juga untuk menyediakan obat tetes mata, seperti Insto Dry dalam kotak obat di rumah atau di kantor.

Insto Dry membantu mengatasi gejala mata kering yang kerap terjadi akibat debu dan polusi, atau terlalu lama menatap layar gadget dan laptop saat bekerja. Jika gejala gangguan mata seperti pedih, gatal, berpasir terjadi, hindari mengucek mata menyebabkan efek yang lebih parah. Segera atasi gejala tersebut dengan obat tetes mata Insto Dry yang bisa Anda dapatkan di apotek atau toko obat terdekat.


Cerita donasi

Aksi Donasi untuk Anak Indonesia

Donasi adalah salah satu kegiatan amal yang digemari oleh para dermawan Indonesia, bukan hanya untuk mereka yang sedang mengalami bencana alam atau kebakaran dan berbagai musibah massal lainnya. Banyak juga…

Ruqiyah,bekam ruqyah center cirebon, biaya ruqyah di cirebon, pengobatan ruqyah cirebon cirebon jawa barat, rumah ruqyah cirebon, ruqyah cirebon, ruqyah cirebon indramayu majalengka kuningan, ruqyah di cirebon, ruqyah rehab hati cirebon, ruqyah syariah cirebon, ruqyah syariah di cirebon, ruqyah syar'iyyah cirebon, ruqyah syar'iyyah cirebon cirebon jawa barat, tempat ruqyah cirebon, tempat ruqyah di cirebon,

Ruqyah Cirebon Dedi Natadiningrat

Ruqyah di Cirebon yang profesional adalah Dedi Natadiningrat, peruqyah yang membuka terapinya sejak tahun 1997 sampai sekarang. Terapi ruqyah Cirebon Dedi Natadiningrat sudah berpengalaman dari gangguan spiritual hingga medis. Seperti…