Cek Berapa Tubuh Ideal Kamu dengan Kalkulator BMI di SehatQ

Memiliki berat tubuh ideal adalah impian semua orang. Alasannya dengan berat yang ideal bisa mengurangi berbagai penyakit di tubuh. Ada cara untuk mengecek apakah tubuh cukup baik atau tidak menggunakan kalkulator BMI. BMI bisa juga untuk tes kesehatan secara sederhana. Untuk lebih lengkapnya bisa cek ke ahlinya yaitu tim medis/dokter.

Apa itu kalkulator BMI? Bagaimana cara mengeceknya? Hal apa yang harus dilakukan setelah mengetahuinya? Baca selengkapnya tulisan di bawah ini. Agar bisa tes kesehatan mandiri di rumah saja.

[toc]

Definisi BMI

BMI (Body Mass Index) adalah angka yang didapatkan dengan cara perhitungan tinggi badan dan berat badan seseorang. Hasilnya ada lima kategori yaitu underweight, normal, berlebih, dan obesitas.  Angka BMI inilah yang dijadikan tes kesehatan sederhana.

Jika angka BMI yang tidak normal bisa kelebihan atau kekurangan akan menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh. Contohnya diabetes, hipertensi, stroke, jantung dan lainnya.

Badan gemuk juga bisa terjadi karena sering terpapar gadget maupun layar laptop/komputer. Terlalu banyak begadang juga tidak bagus untuk tubuh.

Kalkulator BMI untuk Cek Berat Ideal

Kalkulator BMI untuk Cek Berat Ideal

Rumus BMI caranya angka berat tubuh di bagi dengan tinggi badan. Pembagian antara kilogram dan meter persegi yang hasilnya akan dimenjadi angka BMI. Cara perhitangan kalkulator BMI :

BMI  = Berat badan (kg)/ (Tinggi badan (m))²

Ada lima kategori hasil dari BMI yaitu :

  1. Di bawah angka 18,5 : berat badan kurang normal
  2. Di antara 18,5 – 22, 9 : berat badan ideal/normal
  3. Di antara 22,9 – 30 : berat badan berpotensi obesitas
  4. Di atas 30 : berat badan berlebihan/obesitas

Contohnya seorang wanita yang berumur 28 tahun dengan berat badan 49 kg dan tinggi badan 163cm. Hasil dari kalkulator BMI yaitu :

BMI  = 49/1,63 x 1,63 

Angka BMI-nya =18.44. Hasil ini tergolong normal. Tes kesehatan sederhana ini dengan mudah  cek di SehatQ karena ada perhitungan disesuaikan dengan jenis kelamin dan umur.

Tes Kesehatan Selanjutnya

Meski angka BMI yang muncul menandakan obesitas, normal, atau kekurangan. Perlu untuk dicek kepada ahlinya. Karena BMI bukan standar umum secara paten. Kalkulator BMI adalah salah satunya untuk mengecek secara mandiri.

Seperti  binaragawan yang sengaja membuat otot tubuhnya lebih berat daripada lemak tubuh. Misalnya angka BMI yang keluar obesitas bisa jadi karena masa ototnya. Jadi tidak bisa menjadi simpulan akhir untuk tes kesehatan.

Orang yang memiliki BMI rendah bisa karena penyakit yang dideritanya atau umur yang sudah renta. Biasanya semakin tua berat badan pun semakin menyusut. Sehingga hasil dari BMI tidak bisa menjadi simpulan.

Gunakan angka kalkulator BMI untuk bahan observasi ke dokter. Selanjutnya dokter akan mengecek faktor lain seperti masa otot tubuh, lemak tubuh, dan cek kesehatan lainnya. Yang akhirnya berguna untuk mendapatkan nutrisi apa yang diperlukan oleh tubuh. Akan dijadikan patokan pola makan.

2 Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal

Untuk mendapatkan berat badan atau tubuh ideal hanya ada dua cara yaitu :

1. Olahraga

Tidak perlu olahraga yang memberatkan diri sendiri. Jika ingin tubuh tetap sehat dan bugar bisa dilakukan dengan jalan kaki. Atau olahraga yang hanya dalam rumah misalnya senam, gerakan yang berulang-ulang atau yoga.

Jika untuk membentuk masa otot maka olahragalah yang intens dan ada instrukturnya. Olahraga jenis ini lebih berat dan lebih variatif. Adanya instruktur membantu olahraga yang baik dan benar tahapannya.

2. Nutrisi yang Cukup

Untuk apa olahraga bagus tapi tidak diimbangi dengan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dengan bagus. Caranya ubahlah pola makan. Bukan berarti diet tapi ubah cara mengolah atau bahan makannya. Misalnya hindari junk food, terlalu banyak gula, garam, soda dan lainnya.

Perbanyak minum air putih, sayuran, buah-buhan dan makanan yang tidak terlalu banyak di olah. Seringlah makan yang berserat tinggi guna memperlancar pencernaan tubuh.

Dengan dua cara di atas maka berat badan yang ideal ditambah sehat bisa didapatkan. Tidak sulit bukan untuk melakukannya. Banyak cara yang tidak menyusahkan diri dalam merubah menu makan dan menjaga olahraga.

kalkulator BMI dari SehatQ

Gunakanlah kalkulator BMI di SehatQ yang memudahkan perhitungan hasilnya. Meski bukan tes kesehatan sederhana yang menjadikan patokan, tapi bisa sebagai perhatian untuk tubuh. Dan bisa tanya jawab dengan dokter ahlinya di SehatQ.

Tinggalkan komentar