Gemar Baca dan Koleksi Buku? Wujudkan Perpustakaan Pribadi di Rumahmu!

Bagi yang memiliki hobi membaca dan koleksi buku, memiliki perpustakaan pribadi di rumah bisa dikatakan sebagai cita-cita tersendiri. Kamu bisa mewujudkan membangun perpustakaan di dalam hunian ini dengan mengajukan kredit tanpa agunan.

Agar tidak salah langkah dalam memilih desain mana yang akan cocok menjadi desain dari perpustakaan pribadimu, perhatikan tips dan beberapa rekomendasi desain yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Tips Membangun Perpustakaan Pribadi

Tips Membangun Perpustakaan Pribadi

Untuk bisa membangun perpustakaan yang nyaman di hunian sendiri, maka tentunya ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Tips-tips supaya perpustakaan di rumahmu bisa dimanfaatkan secara maksimal adalah sebagai berikut:

1. Pilih Sudut Lokasi

Untuk bisa menciptakan suasana yang nyaman pada perpustakaan di rumah, maka sebaiknya kamu harus pintar dalam memilih lokasi. Tidak disarankan untuk membangun perpustakaan di sudut depan hunian sebab faktor suara di sana akan lebih bising dan dapat mengganggu kenyamanan kamu saat sedang membaca.

2. Inventarisasi Koleksi Buku

Ketika kamu memutuskan untuk membangun sebuah perpustakaan di dalam rumah, pasti kamu telah memiliki beragam koleksi buku yang di punya. Maka dari itu, kamu perlu untuk menginventarisasi buku-buku apa saja yang kamu miliki.

Hal ini perlu untuk dilakukan agar kamu mengetahui jumlah serta jenis buku dari koleksi buku milikmu tersebut. Setelah mengetahui jumlah dan jenis buku, maka kamu bisa menentukan langkah selanjutnya perihal rak buku mana yang harus kamu gunakan dan cara menyusun buku yang tepat agar tidak tercampur antara jenis satu dengan lainnya.

3. Pilih Rak Buku yang Sesuai

Memilih rak buku untuk di perpustakaan pribadi bisa dibilang keputusan yang sulit. Hal ini dikarenakan rak buku merupakan furniture utama di perpustakaan. Apabila salah pilih, maka dapat mempengaruhi seisi ruangan.

Tips memilih rak buku yang bisa kamu terapkan di antaranya, yaitu melihat dari warna, melihat dari ukuran, serta melihat dari kecocokan dengan tema dari hunian milikmu secara keseluruhan.

4. Atur Pencahayaan pada Ruangan

Faktor penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah perpustakaan pribadi adalah pencahayaan atau penerangan. Kamu bisa mengatur pencahayaan dengan berbagai penerangan dari lampu yang bisa disesuaikan secara otomatis saat sedang berada di ruangan.

Selain dari lampu, kamu juga bisa mendapatkan pencahayaan dari sinar matahari saat siang apabila ruangan perpustakaan yang kamu bangun memiliki desain jendela yang memadai.

5. Dekor Ruang Perpus Sesukamu

Supaya nyaman, maka kamu bisa mendesain ruang perpustakaan sesuai dengan seleramu. Isi ruang dengan furnitur pilihan mulai dari sofa, meja, hingga lemari yang akan mendukung sisi nyaman saat berada di perpustakaan.

Desain Perpustakaan yang Cocok di Rumah

Desain Perpustakaan yang Cocok di Rumah untuk koleksi buku Anda

Intip beberapa desain perpustakaan yang bisa kamu jadikan referensi sebagai desain untuk perpustakaan pribadi berikut. Kamu bisa wujudkan desain impianmu dengan mengajukan kredit tanpa agunan, lho!

1. Urutkan Buku Sesuai Warna

Apabila kamu orang yang sangat suka dengan keindahan, maka desain ini sangat cocok untuk mendekorasi perpustakaan pribadi di rumahmu. Alih-alih berdasarkan jenis atau kategori buku, kamu bisa menyusun buku pada rak atau lemari yang diurutkan sesuai dengan warnanya.

Kamu bisa menggabungkan buku dengan warna yang sama kemudian diurutkan mulai dari warna terang hingga ke warna gelap ataupun sebaliknya. Namun, dengan mendekorasi dengan desain ini, akan mengakibatkan membutuhkan waktu sedikit lebih lama saat sedang mencari buku yang ingin dibaca karena kamu harus mengingat buku tersebut memiliki sampul berwarna apa.

2. Jadikan Tangga Sebagai Rak Buku

Apabila rumahmu memiliki lahan yang terbatas, maka kamu bisa memanfaatkan tangga rumahmu untuk dijadikan sebagai lemari buku. Selain pada tangga, kamu juga bisa menjadikan ruang yang terbentuk di bawah tangga tersebut sebagai ruang baca. Kamu bisa letakkan sofa ternyaman di sana.

3. Fungsikan Loteng dan Ruang Bawah Tanah

Apabila hunian kesayanganmu memiliki loteng dan ruang bawah tanah, maka kamu bisa memanfaatkan kedua ruang ini sebagai perpustakaan. Tidak perlu yang megah, kamu cukup dekorasikan dengan furniture yang sesuai agar kenyamanan bisa tetap dirasakan.

4. Gunakan Floating Shelf atau Diagonal Shelf

Kedua jenis rak ini bisa kamu jadikan sebagai referensi rak buku yang akan mengisi ruang perpustakaan. Kedua floating shelf dan diagonal shelf ini akan memberikan kesan pada ruangan yang tidak monoton.

5. Terapkan Gaya Bohemian

Rekomendasi desain terakhir untuk perpustakaan pribadi di rumah adalah gaya bohemian. Gaya ruangan dengan tema ini merupakan perpaduan antara gaya vintage, hippies, dan juga etnik.

Apabila kamu tertarik dengan percampuran dari gaya-gaya tersebut maka desain ini cocok diterapkan untuk mendekorasi perpustakaan mulai dari pewarnaan hingga furniturnya.

Manfaatkan Kredit Tanpa Agunan untuk Bangun Perpustakaan Pribadimu

Salah satu alternatif yang bisa kamu manfaatkan ketika hendak membangun tempat untuk koleksi bukumu yaitu dengan mengajukan pinjaman KTA. Salah satu produk yang bisa kamu coba adalah digibank KTA. DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik.

Kredit tanpa agunan adalah sebuah kredit yang tidak memerlukan para nasabahnya untuk mengajukan pinjaman dengan memberikan jaminan. Supaya bisa lebih dekat dengan produk digibank KTA, berikut ini keunggulan yang ditawarkan.

  • Pengajuannya online 24 jam, sehingga bisa diakses kapan saja melalui Aplikasi digibank by DBS atau melalui website go.dbs.com/kta.
  • Approval hanya dalam 60 detik.
  • Dana langsung cair ke rekening digibank by DBS maksimal Rp 80 juta.
  • Bisa atur jumlah pinjaman.
  • Waktu Cicilan selama 36 bulan.
  • Tanpa memerlukan dokumen fisik.
  • Persyaratan yang mudah, yaitu kamu hanya perlu memastikan bahwa kamu berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang, memiliki e-KTP dan NPWP, dan berpenghasilan minimum 5 juta.

Kamu bisa manfaatkan pinjaman kredit tanpa agunan ini mulai dari untuk merombak ruang untuk dijadikan perpustakaan, membeli furniture seperti rak buku dan sofa, serta membeli dekorasi yang dibutuhkan pada ruang perpustakaan agar bisa menjadi lebih nyaman. Yuk segera ajukan pinjaman digibank KTA dan wujudkan perpustakaan pribadimu di rumah!

Tinggalkan komentar