Istilah Penting dalam Dunia Trading

Tidak diragukan lagi jika investasi saham memberikan return yang besar, sebanding dengan resikonya. Untuk mengantisipasi resiko dari trading pasar saham, Anda harus mengenal istilah penting yang berlaku dalam dunia trading. Seperti mengetahui sideways artinya dan beberapa istilah lainnya yang mungkin awam bagi pemula.

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai istilah penting dalam dunia trading yang sering muncul dalam diskusi di kalangan para trader. Dengan memahami istilah tersebut, Anda dapat jauh lebih mengerti dan mengenal dunia trading lebih jauh.

Salah satu platform yang dapat Anda gunakan untuk melakukan trading, termasuk trading crypto legal di Indonesia adalah PINTU.

Berikut beberapa istilah penting dalam trading yang harus dipahami sebagai dasar untuk mengambil keputusan trading.

Mengenal dan Memahami Istilah Penting dalam Trading

Istilah Penting dalam Dunia Trading
Istilah Penting dalam Dunia Trading

5 istilah dasar di bawah ini merupakan istilah penting yang perlu dipahami oleh trader pemula untuk melakukan analisa dan untuk memutuskan kegiatan trading.

Tren dalam Trading: Uptrend, Downtrend dan Sideways

Istilah pertama yang harus Anda pahami adalah beberapa istilah tren dalam dunia trading yang mengacu pada pergerakan harga sebuah aset secara umum.

Dalam dunia trading, terdapat tiga macam istilah tren, yakni uptrend, downtrend, dan sideways.

  • Uptrend adalah sebuah pola pergerakan harga aset yang terus menanjak dalam jangka waktu yang lama. Umumnya uptrend terjadi karena tren beli yang terus menerus sehingga mendorong harga terus bergerak naik.
  • Downtrend merupakan kebalikan dari uptrend. Kondisi downtrend merupakan kondisi pergerakan saham atau aset yang terus menurun pada rentang waktu yang berkelanjutan. Indikator downtrend menunjukkan kecenderungan penurunan harga aset seiring aksi jual besar-besaran dari para trader yang memicu koreksi terus berlangsung.
  • Sideways artinya pergerakan harga aset dalam rentang terbatas bahkan cenderung flat atau tidak naik ataupun turun. Pada tren sideways, umumnya trader akan mengambil langkah menunggu hingga bertemu pada fase tren yang tepat untuk menjual atau membeli hingga pergerakan aset memiliki tren yang jelas.

Ketahui Level Harga, Pahami Istilah Support and Resistance

Level harga merupakan hal yang penting bagi seorang trader dalam menganalisa trend untuk kemudian melakukan trading.

Dalam dunia trading penting untuk mengetahui harga aset, pun dalam investasi Crypto. Anda harus cek harga Crypto sebelum melakukan investasi.

Terdapat dua istilah yang digunakan untuk mengetahui level harga pada chart atau grafik, yakni support and resistance.

  • Support adalah titik bawah atau level terendah yang tidak dapat ditembus pergerakan harga yang menurun, sedangkan resistance adalah level tertinggi yang tidak dapat ditembus pergerakan harga yang naik. Saat memasuki area support, harga tidak dapat menembus batas harga terbawah dan memiliki potensi untuk berbalik naik karena umumnya kondisi support direspon dengan aksi buy oleh para trader.
  • Resistance adalah level harga batas atas yang tidak dapat ditembus lagi oleh harga tertinggi. Saat level harga memasuki area resistance, harga tidak dapat melewat harga tertinggi dan berpotensi untuk berbalik turun. Umumnya saat harga pada level resisten pasar akan meresponnya dengan aksi sell bullish dan bearish.

Bullish dan Bearish

Memahami istilah bullish dan bearish akan membantu trader untuk mengoptimalkan peluangnya saat melakukan trading. Bullish dan bearish menggambarkan kondisi atau iklim dunia trading.

  • Bullish menunjukan kondisi pasar yang menanjak seiring dengan optimisme trader untuk melakukan pembelian dalam volume yang cukup besar. Istilah bullish sendiri merupakan analogi dari banteng saat menyerang dengan mengangkat tanduknya ke atas yang menunjukan pasar sedang naik atau kuat (bullish).
  • Sedangkan bearish merupakan kondisi tren pasar sedang melemah yang ditunjukan dengan pola menukik ke bawah. Kondisi tersebut menunjukkan tren jual dalam volume yang besar. Istilah bearish sendiri merujuk pada serangan beruang yang mencakar dengan pola atas ke bawah yang mewakili kondisi menurunnya nilai aset untuk beberapa waktu tertentu.

Hold

Strategi hold merupakan istilah yang berkaitan untuk memegang atau menyimpan aset dalam jangka waktu panjang tanpa melakukan aktivitas trading sama sekali. Umumnya kondisi hold terjadi saat tren pasar sedang memasuki fase sideways.

Istilah hold sendiri memiliki anagram lain yakni H.O.D.L. yang merupakan kepanjangan dari Hold On for Dear Life. Seperti halnya Hold, anagram ini pun merupakan strategi trading untuk menunggu prospek baik di masa mendatang dengan mempertahankan atau menahan aset yang dimiliki.

Waspadai Penggiringan Opini, Pump and Dump

Belakangan ini istilah pompom kerap akrab di kalangan trader. Pompom merupakan istilah yang merujuk pada seseorang untuk merekomendasikan saham dengan maksud memompa (pump) agar harga naik.

Gerakan pompom ini tentu akan sangat berpengaruh dalam aktivitas kegiatan trading terbesar di dunia yang berpengaruh pada sentimen pasar.

Sebaiknya Anda hati-hati untuk melakukan trading terhadap aset yang sedang di pompom untuk menghindari kerugian. Karena di saat yang sama, pemilik bisa saja sedang melakukan aksi jual karena tingginya penawaran di pasar yang dapat berakibat pada jatuhnya harga aset alias dump.

Mengenal PINTU, Platform Investasi Terpercaya

Percayakan investasi Anda pada platform investasi, PINTU yang menyajikan aneka instrumen investasi termasuk investasi Crypto. Melalui aplikasi ini Anda dapat cek harga Crypto secara real-time.

PINTU memberikan kesempatan pada Anda untuk merasakan pengalaman investasi terkini dengan lebih mudah. Anda dapat melakukan transaksi trading Crypto, seperti bitcoin yang belakangan ini sangat populer.

Tak perlu khawatir dengan keamanan PINTU. PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU diawasi BAPPEBTI dimana aset pengguna disimpan di kustodian bergaransi.

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan investasi Crypto secara mudah, PINTU adalah solusinya. Aplikasi PINTU dirancang dengan User Interface yang sangat simpel dan intuitif sehingga mudah untuk digunakan.

Sebagai trading Crypto platform, PINTU memfasilitasi penggunanya untuk mempelajari lebih jauh tentang investasi Crypto dengan menyisipkan konten edukasi in-app.

Fitur ini akan membantu penggunanya, terutama bagi investor yang awam dalam dunia Crypto. Karenanya, aplikasi ini sangat cocok bagi peminat trading Crypto untuk pemula. Jadi, tunggu apalagi segera download PINTU sekarang!


toko online gratis, Kiat Meningkatkan Performance Management untuk Perusahaan Start-Up, Internet banking, Jasaview.com : Nonton Iklan yang Beneran di Bayar

6 Persiapan Berjualan Di Marketplace

Menjual atau berbisnis di marketplace kini menjadi pilihan banyak orang. Dengan semakin meningkatnya pangsa marketplace atau konsumen di marketplace, beberapa pelaku bisnis besar tidak mau ketinggalan platform digital sebagai media…

Cara Memilih Jasa Penerjemah Tersumpah Jakarta, Keunggulan Jam Tangan Mido Swiss Made

10 Keunggulan Jam Tangan Swiss Made

Jam tangan adalah aksesoris di pergelangan tangan yang memberikan penampilan yang mewah bagi penggunanya. Salah satu brand dunia yang memberikan nilai prestise adalah jam tangan Mido Swiss Made. Jam tangan…

Tinggalkan komentar