5 Contoh Public Speaking untuk Pemula

Memahami contoh public speaking adalah salah satu cara yang dapat Anda tempuh untuk menguasai keahlian berbicara di depan publik. Mengapa demikian?

Agar bisa public speaking, tentu ada tahapan proses yang perlu Anda jalani, mulai dari memahami dasar, teknik, contoh, dan praktik langsung. Percayalah bahwa keterampilan berbicara Anda akan terasah apabila tekun dalam setiap tahapan.

Oleh karena itu, artikel ini menyajikan jenis jenis public speaking yang dapat Anda pelajari. Setelah menyimak artikel ini hingga tuntas, lanjutkanlah dengan praktik sederhana, ya!

Pengertian dan Manfaat Public Speaking

Tidak dapat dipungkiri, skill public speaking adalah salah satu keterampilan yang wajib Anda kuasai. Baik dalam konteks pendidikan maupun pekerjaan, semuanya memerlukan keterampilan berbicara yang mumpuni di depan khalayak luas.

Lantas apakah yang dimaksud dengan public speaking? Secara ringkas, public speaking adalah seni untuk berbicara di depan publik untuk berbagai tujuan yang terdiri dari:

  • Menyampaikan informasi
  • Menghibur
  • Menanamkan persepsi pada audiens

Adapun ketiga objektif di atas dapat tercapai melalui satu sesi public speaking sekaligus atau secara terpisah. Agar objektif-objektif tersebut dapat dicapai, tentu Anda perlu menguasai public speaking secara mumpuni.

Pada praktiknya, public speaking ditujukan untuk menyampaikan informasi kepada audiens. Hal ini tak jauh berbeda seperti halnya Telkom Indonesia yang menjadi jembatan bagi masyarakat untuk saling bertukar informasi.

Lantas mengapa Anda perlu menguasai public speaking? Apakah menguasai keterampilan yang satu ini dapat memberikan perubahan pada hidup?

Anda perlu memahami bahwa penguasaan terhadap keterampilan public speaking dapat memberikan banyak manfaat bagi pribadi Anda yang terdiri dari:

  • Memberikan nilai tambah bagi diri sendiri
  • Mengembangkan kepercayaan diri
  • Memoles personal branding
  • Membiasakan diri untuk berpikir secara runut dan konstruktif

Bagaimana? Tidak ada ruginya bukan apabila Anda menguasai keterampilan yang satu ini? Agar lebih afdhal, simak penjelasan singkat terkait berbagai contoh di bawah ini, ya!

5 Contoh Public Speaking

Contoh Public Speaking untuk Pemula
Contoh Public Speaking untuk Pemula

Setelah memahami pengertiannya, kini saatnya Anda mendalami berbagai contoh public speaking berikut ini:

1. Ceramah/Pidato

Contoh yang satu ini umumnya dilakukan secara satu arah (tidak ada interaksi dengan audiens). Ceramah umumnya Anda temui pada kegiatan-kegiatan keagamaan, sedangkan pidato dapat Anda saksikan saat sesi formal.

2. Presentasi

Dari jenis jenis public speaking yang diulas dalam artikel ini, presentasi adalah contoh yang menarik. Anda dituntut untuk berbicara di depan audiens dengan dukungan materi presentasi berupa visual.

Anda perlu melatih public speaking secara intens atau rutin dengan metode story telling (penceritaan), agar audiens betul-betul paham dengan materi yang Anda bawakan dan tidak menguap begitu saja.

3. Mengajar

Sama halnya dengan presentasi, mengajar juga termasuk bentuk public speaking yang disertai dengan materi. Adapun contoh yang satu ini bersifat dua arah (ada interaksi dengan audiens).

4. Stand Up Comedy

Inilah contoh yang menantang kemampuan dalam menyusun konsep. Stand up comedy pada dasarnya adalah komedi ringkas yang disusun dalam narasi dan disampaikan di depan audiens tanpa bahan pendukung (visual dan lain-lain).

Berbeda dengan contoh yang lain, stand up comedy dapat dibawakan secara solo (individu) atau lebih. Tetapi umumnya para komika (pembawa stand up comedy) menerapkan bentuk satu arah (tidak berinteraksi dengan audiens).

5. Pembawa Acara (MC)

Sama halnya dengan stand up comedy, membawakan acara bisa dilakukan oleh satu hingga tiga orang. Sesuai namanya, pembawa acara bertugas untuk memandu mulai dari awal hingga akhir.

Adapun praktiknya dapat berbentuk komunikasi satu arah atau dua arah (melibatkan audiens atau bintang tamu). Adapun contoh yang satu ini dapat Anda temui pada berbagai jenis kegiatan atau event (formal/informal/hiburan).

Setelah memahami berbagai contoh di atas, Anda dapat mulai praktik secara mandiri. Akan lebih baik lagi apabila Anda dipandu oleh mentor public speaking untuk hasil yang mumpuni.

Demikianlah contoh public speaking yang dapat Anda pelajari dan praktekkan. Anda dapat berlatih dengan tekun demi keterampilan public speaking yang mumpuni. Selamat mencoba dan memetik manfaatnya, ya!

Tinggalkan komentar