5 Mainan anak untuk meningkatkan kecerdasan

Beberapa orang tua seringkali kebingungan ketika memutuskan untuk membeli mainan untuk Anda. Ada sebagian orang tua membeli banyak mainan dengan harapan anaknya suka namun ada juga yang lebih memilih mainan tertentu yang dibutuhkan untuk anaknya.

Nah sebenarnya mainan memang bagian sangat penting untuk anak–anak. Bukan hanya sebagai barang yang disukai namun mainan anak untuk meningkatkan kecerdasan.

Sebenarnya dengan bermain menggunakan alat, anak akhirnya bisa belajar untuk mulai berimajinasi dan mengembangkan kreativitasnya, memberikan rasa percaya diri pada dirinya, menjadi lebih konsentrasi, mampu belajar dalam menyelesaikan masalah, menghargai lingkungan mereka dan tentu saja meningkatkan nilai harga diri anak.

Dari sekian banyak mainan orang tua juga harus mempertimbangkan bukan hanya membeli mainan yang bisa menghibur anak saja, namun orang tua juga harus bisa memberikan anak mainan yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecerdasan anak mereka dengan lebih optimal. Sebenarnya ada beberapa jenis mainan yang bisa menambahkan kecerdasan anak – anak diantaranya adalah:

Perlengkapan Masak, Dokter dan Pertukangan

Mainan jenis ini adalah salah satu jenis mainan yang bisa membuat anak belajar untuk bisa memahami peran dalam kehidupannya. Selain itu, anak akan menjadi lebih percaya diri dan juga membantu dalam melatih keterampilan sosial mereka.

Jenis mainan ini juga sebenarnya adalah salah satu jenis mainan yang memungkinkan anak – anak paham akan peranan dari sebuah profesi yang ada di kehidupan mereka.

Bola

Tidak banyak orang tua yang menyadari jika bermain bola sebenarnya bisa mengembangkan koordinasi visual dan motorik anak mereka. Khususnya adalah untuk motorik kasar, dimana kemampuan refleks anak akan bekerja dengan baik dan membantu dalam mengolah otot tubuh Anda.

Anak yang seringkali melakukan aktivitas diluar rumah biasanya mereka akan terlihat jauh lebih sehat secara fisik dan mental. Dan tentu saja ini akan sangat membantu mereka dalam membangun hubungan yang kuat dengan alamnya.

Puzzle

Beberapa orang dewasa hingga saat ini masih banyak yang menyukai permainan yang satu ini. Puzzle sebenarnya bukan hanya disukai oleh orang dewasa, namun ini adalah salah satu mainan yang juga sangat disukai anak – anak.

Selain sangat menyenangkan, Mainan anak untuk meningkatkan kecerdasan ini adalah salah satu mainan yang sebenarnya bisa membantu mendorong anak dalam mengembangkan kemampuan mereka dalam hal memecahkan masalah mereka, menyambungkan persepsi visual, mampu membantu anak dalam menarik kesimpulan dan membuat mereka berpikir lebih logis dan juga jauh lebih sistematis.

Dan kemampuan ini sebenarnya akan sangat membantu anak–anak dalam menyelesaikan masalah mereka dikemudian hari.

Brick & Blocks

Sebenarnya ini adalah salah satu jenis permainan konstruktif yang mana permainan ini bisa membuat anak belajar untuk bisa mengendalikan dan menyeimbangkan antara otak mereka dan anggota tubuh mereka.

Dengan cara ini sebenarnya akan sangat membantu anak bisa mengeksplorasi apa yang ada di sekitarnya dengan cara membangun dan merusak karya apa yang sudah mereka buat. Dan inilah yang akhirnya membuat anak akan memiliki pemikiran yang jauh lebih luwes dalam hal berpikir dan akhirnya mereka mencari solusi out of the box.

Tentu saja hal ini akan membuat mereka menjadi seseorang yang berpikir dari banyak sudut pandang dan membuat mereka menjadi sangat kreatif. Dan ini adalah salah satu Mainan anak untuk meningkatkan kecerdasan.

Bermain Musik

Beberapa orang tua mungkin tidak ada yang menyadari dengan bakat anak mereka dalam bermusik. Namun dengan kemampuan mereka dalam hal bernada sebenarnya sangat mungkin untuk bisa merangsang bagian otak anak mereka yang mana ini sangat – sangat berhubungan dengan kemampuan mereka dalam membaca dan kecerdasan spesial lainnya.

Orang tua harus memahami, jika anak sudah mulai memainkan nada yang benar maka hal ini akhirnya akan menumbuhkan rasa percaya diri pada diri mereka.

Selain itu, sebenarnya kombinasi nada pada mainan membuat anak akhirnya berkonsentrasi lebih penuh, hal ini yang akhirnya membuat aktivitas otak dan IQ anak akan secara otomatis meningkat. Jadi ketika anak sedang bernyanyi, berirama hingga bermain musik maka orang tua bisa menemani anak. Tidak harus melarang mereka karena ini bisa menjadi mainan anak untuk meningkatkan kecerdasan.

Tinggalkan komentar