Apa Penyebab Ketiak Hitam dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Banyak orang sering mengeluh-eluhkan ketiak mereka yang hitam dan tidak mulus seperti bintang K-Pop. Karena ketiak yang berwarna hitam dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan rasa percaya diri jadi menurun. Oleh karena itu banyak yang mencari cara mengatasi ketiak yang hitam baik secara alami hingga produk yang banyak dijual dipasaran.

Sebenarnya terdapat banyak sekali penyebab ketiak hitam. Mulai dari faktor kebersihan, jenis kulit, hingga kebiasaan hidup. Di artikel kali ini kita akan membahas apa saja penyebab ketiak hitam dan cara mengatasinya.

3 Penyebab Ketiak Anda Menghitam

Penyebab Ketiak Hitam
Penyebab Ketiak Hitam

Sebenarnya penyebab ketiak hitam dan gatal adalah karena faktor biologis dan kimia. Hal ini bisa dikarenakan gen keturunan atau reaksi kulit.

1. Ketiak Menghitam Akibat Reaksi Kulit

Penyebab ketiak hitam yang pertama adalah bahan kimia keras. Jadi, ketika Anda sering menggunakan deodoran yang mengandung bahan kimia yang keras. Ketiak Anda dapat menghitam seiring penggunaan deodoran ini.

2. Ketiak HItam Akibat Hormon & Gen Keturunan

Penyebab ketiak hitam dan gatal yang kedua adalah gen keturunan dan hormon, Dimana saat Anda mengalami pubertas kulit Anda dapat memproduksi melanin berlebih, yang akhirnya menyebabkan ketiak menggelap.

3. Ketiak Hitam Akibat Kurangnya Kebersihan

Alasan ketiga penyebab bercak hitam di ketiak adalah Anda kurang menjaga kebersihan diri. Karena ketika kebersihan tidak terjaga Anda akan merasakan kulit ketiak menghitam akibat menumpuknya kotoran dan sel kulit mati.

4. Gesekan Kulit

Ketika kulit dan pakaian sering mengalami gesekan, atau pada saat Anda terlalu sering memakai baju ketat. Lapisan kulit Anda akan mengalami iritasi, hingga menjadikan penyebab ketiak hitam.

Cara Mengatasi Ketiak HItam

Terdapat beberapa cara mengatasi ketiak hitam secara alami yang dapat Anda gunakan agar ketiak menjadi putih kembali. Mulai dari memilih deodoran yang mengandung bahan –  bahan alami dan tidak memberikan iritasi pada kulit.

Kemudian, bagi Anda yang merasa bingung apa alasan penyebab ketiak hitam dan cara memutihkan bagaimana sih? Anda mungkin dapat menerapkan beberapa rutinitas berikut:

1. Menggunakan Perawatan Kulit Yang Tepat

Cobalah untuk menggunakan produk perawat kulit ketiak yang mengandung bahan alami dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Seperti menggunakan masker tubuh, setelah mandi menggunakan deodorant dove yang mengandung bahan alami dan dapat memutihkan ketiak.

2. Mencukur & Eksfoliasi

Anda juga dapat melakukan eksfoliasi untuk mengangkat kulit yang sudah mati dan mencukur bulu ketiak untuk memudahkan proses eksfoliasi.

3. Konsultasi Ke Ahli Kulit Atau Dermatologis

Akan lebih baik pula, jika Anda berkonsultasi dengan dokter ahli kulit atau dermatologis agar ketiak Anda dapat menjadi putih dengan lebih cepat.

4. Menjaga Kebersihan Diri

Dan yang terpenting adalah menjaga kebersihan diri. Dengan mandi dengan teratur, membersihkan ketiak dengan handuk halus dan jangan lupa untuk mengeringkan ketiak Anda. Untuk menghindari ketiak menjadi lembab.

Dan yang perlu Anda ketahui adalah setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Jadi, Anda perlu mencari produk perawatan ketiak yang sesuai dengan jenis kulit Anda. dan jika Anda masih bingung, Anda dapat mencoba deodorant Dove.

Karena Dove terbukti cocok digunakan oleh setiap jenis kulit, jadi Anda tidak perlu khawatir kulit mengalami iritasi.Ditambah lagi, Dove juga dapat memberikan nutrisi serta melembutkan kulit ketiak Anda.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga kebersihan kulit dengan meng eksfoliasi dan mencukur ketiak secara rutin. Sehingga kulit ketiak Anda dapat menjadi bersih dan putih kembali.

Tinggalkan komentar