6 Tips Mudah Merawat Meja Kayu Agar Tetap Indah dan Awet

Hampir setiap hunian dilengkapi dengan furnitur berbahan kayu sebagai pelengkap interior, salah satunya meja kayu. Meja kayu masih menjadi perabotan yang digemari karena menciptakan kesan vintage dan elegan. Namun, dalam merawat meja kayu bukanlah perkara mudah, Anda harus memahami cara merawat meja kayu agar tetap indah dan tahan lama.

Umumnya, meja kayu mempunyai lapisan plitur dan pernis yang membuatnya terlihat mengkilap. Akan tetapi, lapisan tersebut bisa saja rusak seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu, diperlukannya perawatan meja kayu secara berkala agar tetap mengkilap dan tidak kusam.

Untuk meja berbahan kayu jati, Anda hanya perlu menggunakan pembersih kayu jati agar tetap kinclong. Anda juga dapat mengoleskan dan menggosokkan sisa teh celup ke meja tersebut.

Lantas, bagaimana perawatan agar meja kayu tahan lama dan tetap indah. Anda bisa terapkan beberapa tips mudah dalam merawat meja kayu dan perabotan berbahan kayu lainnya berikut ini.

Tips Mudah Merawat Meja Kayu agar Tetap Indah dan Awet

Tips Mudah Merawat Meja Kayu agar Tetap Indah dan Awet

Di bawah ini terdapat beberapa cara merawat meja kayu agar tetap kokoh, indah, dan tahan lama.

1. Rutin Bersihkan Berbagai Jenis Noda

Berbagai jenis noda banyak dijumpai pada perabotan berbahan kayu, seperti noda air, tinta, cat, lem, dan lainnya. Noda-noda tersebut biasanya menempel dan membekas di permukaan meja. Cara menghilangkan noda pada meja kayu tentu berbeda, tergantung jenis nodanya.

2. Gunakan Cairan Pembersih Khusus Kayu

Bila ingin membersihkan meja kayu, khususnya jenis kayu jati, gunakanlah sabun yang memang diperuntukkan merawat kayu jati. Penggunaan cairan pembersih kayu jati yang tidak sesuai akan membuat warna permukaan meja menjadi cepat pudar. Anda bisa gunakan secara rutin 2–3 kali seminggu agar meja kayu tetap indah dan awet.

3. Hindari dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Meja dengan bahan kayu mempunyai tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Meletakkan meja di area yang mudah terkena sinar matahari langsung akan membuat kelembaban meja menguap. Hal itu karena sinar matahari dapat membuat meja kayu cepat rusak atau retak di bagian tertentu.

4. Jauhkan dari Area yang Mudah Terkena Air

Meletakkan meja kayu di area yang mudah terkena cipratan air akan membuat kayu menjadi cepat rusak. Hal itu bisa memicu pertumbuhan lumut dan jamur yang disebabkan meja kayu terlalu lembab karena sering terkena air.

5. Gunakan Pelapis Kayu (Coating)

Penggunaan lapisan pelindung untuk meja kayu menjadi salah satu cara yang cukup ampuh, terlebih bila sudah memasuki musim panas. Cara melakukan coating, oleskan cat pelapis kayu secara tipis dan diamkan selama kurang lebih 60 menit, lalu gosok dengan sikat lembut. Setelah itu, ulangi cara tersebut untuk hasil yang maksimal.

6. Beri Cairan Anti Rayap dan Jamur

Meja kayu dan perabotan kayu lainnya sangat rentan terhadap pertumbuhan jamur dan rayap. Maka untuk memperpanjang umur meja kayu milik Anda, berikan cairan/obat anti rayap dan jamur. Cukup oleskan meja kayu dengan cairan obat tersebut di bagian tertentu yang mudah lembab atau sudah mulai keropos.

Bagi yang ingin mempercantik hunian dengan furniture rumah tangga berbahan utama kayu jati, Citra Kayon hadir untuk Anda. Citra Kayon merupakan perusahaan yang bergelut di bidang manufaktur kayu.

Sejak tahun 2003, Citra Kayon (dengan nama Citra Parquet) sudah melancarkan perdagangan internasional spesialisasi di sektor distribusi grosir dan ekspor bahan bangunan berwujud kayu berat.

Untuk bahan produksinya, Citra Kayon hanya memanfaatkan pohon jati alami, merbau, dan sungkai, serat kayu tropis terbaik. Hubungi segera Citra Kayon untuk desain produk perabotan hunian Anda dengan bahan kayu berkualitas unggul!


Rekomendasi Produk Pakaian untuk Musim Hujan

Rekomendasi Outfit Saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan terkadang Anda sulit untuk menentukan outfit yang tepat saat bepergian. Akan sangat merepotkan jika sampai Anda salah menggunakan outfit yang kurang tepat saat pergi di musim hujan. Jadi, pastikan Anda menggunakan outfit yang…

Cash Flow

7 Cara Mengatur Cash Flow Perusahaan

Di dalam sebuah perusahaan, mengatur keuangan adalah salah satu faktor vital yang harus diperhitungkan dengan tepat. Cara mengatur cashflow perusahaan menjadi hal penting yang harus pertama kali dipelajari sebelum mendirikan…

Tinggalkan komentar