Mengenal Kawat Seling dan Macam-Macam Fungsinya

Apakah Anda pernah mendengar tentang tempat yang jual kawat seling? Tahukah Anda apa yang dimaksudkan dengan kawat seling dan di mana Anda bisa mendapatkannya?

Yang dimaksud dengan kawat seling biasanya disebut juga sebagai steel wire rope. Kawat yang satu ini adalah salah satu alat bantu yang paling bermanfaat dalam industri berat. Kawat ini akan membantu dalam menarik dan mengangkat barang berat, itulah mengapa pada saat dibuatnya hanya menggunakan bahan baku baja saja.

Walau banyak juga digunakan dalam industri di daratan, namun paling banyak digunakan dalam dunia perkapalan dan dunia pelayaran yang notabene sering berhubungan dengan air laut yang berpotensi mempercepat korosi. Sementara kawat seling tidak mudah korosi. Berapa harga kawat seling? Mendengar kemampuannya yang luar biasa, sudah tentu harganya akan jauh berbeda dengan kawat yang biasa digunakan.

kawat seling

Dahulu kala, kawat seling ini memiliki fungsi utama untuk menarik dan juga mengangkat barang yang berat. Namun kemudian seiring dengan perkembangan zaman, maka kawat seling juga digunakan oleh berbagai macam perusahaan, sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Kawat ini disukai karena daya tahannya yang sangat tinggi, jadi awet dan memperkecil risiko kecelakaan di tengah pekerjaan.

Karena setiap kawat diciptakan dengan fungsinya masing-masing, dibuat dengan sangat baik untuk bisa digunakan dengan maksimal tanpa terjadi masalah. Sebagai informasi kawat seling terbagi menjadi tiga tipe yang berbeda, setiap tipe memiliki ciri khas dan beberapa fungsi yang berbeda-beda. Apa saja tipe tersebut?

  • Kawat Seling Umum atau General
  • Kawat Seling Stainless Steel
  • Kawat Seling High Performance

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa ketiga tipe kawat tersebut memiliki fungsi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai macam-macam kawat tersebut, sehingga Anda bisa mengetahuinya dengan jelas dan lebih paham mengenai perbedaan masing-masing kawat.

Kawat Seling Umum atau General

Seperti namanya yaitu general atau umum, kawat yang satu ini memiliki fungsi paling umum atau paling banyak digunakan oleh para pengguna di lapangan. Biasanya digunakan untuk mengangkat dan juga menarik berbagai macam barang besar nan berat, baik itu digunakan pada idustri konstruksi, para industri perkapalan, gas dan minyak serta lain sebagainya.

Kawat Seling Stainless Steel

Untuk yang satu ini, kawat seling stainless steel memiliki kekuatan tarik atau WLL dengan angka rendah, jadinya tak akan bagus untuk digunakan menarik atau untuk mengangkat barang yang bebannya berat. Akan tetapi fungsi utama dari kawat seling berbahan stainless steel  ini tak lain sebagai alat dekorasi, sebab ia memiliki kilauan yang bagus dan cantik. Juga biasa dijadikn alat ikat dan biasa јugа digunakan sebagai alat kait, apalagi jika kondisi lapangan dengan udara yang rawan korosi, menggunakan kawat seling stainless stell jadi pilihan yang paling bijak.

Kawat Seling High Performance

Yang terakhir adalah kawat seling high performance, dan tipa yang satu ini punya fungsi yang jauh lebih berat dibandingkan dengan tipe kawat yang lain. Hal ini memang telah dirancang mulai dari awal untuk mengatasi berbagai kebutuhan yang paling ekstrem sekalipun, bahkan jika digunakan dalam jangka waktu yang sering dan berdekatan.

Umumnya, kawat seling high performance akan digunakan dalam pengoperasian crane besar di industri minyak, gas, pada kapal barang, industri konstruksi dan lain sebagainya. Dengan kemampuannya ini, maka kawat seling high performance memiliki ketahanan yang luar biasa dalam menarik, mengangkat dan mengikat barang dengan berat yang luar biasa.

Sekilas memang sama dengan kawat tipe general sebelumnya, hanya saja lebih tinggi lagi spesifikasinya. Sudah tentu harga  seling high performance berbeda juga dengan yang lain.

Kawat seling memang jarang digunakan oleh masyarakat awam, akan tetapi bagi Anda yang bekerja di industri dan alat berat, pasti membutuhkan distributor yang mampu jual kawat seling dengan harga yang paling kompetitif, dengan kualitas terbaik. Anda bisa menemukan distributor yang Anda cari di internet, atau menghubungi kantor pemasaran terdekat.

Tinggalkan komentar