Tips Praktis Merawat Isi Rekening Bank Anda

Merawat isi rekening bank kini semakin penting, tidak peduli berapa pun jumlah uang di dalamnya. Jika Anda sering kehabisan uang sebelum akhir bulan, sekarang adalah saat memperbaikinya! Inilah berbagai tips praktis yang bisa langsung Anda lakukan demi merawat “kesehatan” rekening bank.

1. Cermati Ulang Kebiasaan Belanja

Anda pikir sudah disiplin dalam hal belanja? Pikirkan lagi! Membeli hal-hal yang tidak perlu mungkin jadi penyebab Anda susah menabung atau menyisakan uang. Setiap kali hendak mengeluarkan uang untuk sesuatu di luar kebutuhan dasar, coba tahan keinginan itu selama paling tidak satu minggu. Biasanya Anda cenderung tidak ingin lagi membelinya.

Bagaimana jika Anda masih menginginkan barang tersebut? Tanyakan pada diri Anda hal-hal ini: apakah Anda membutuhkannya dalam waktu dekat? Adakah benda serupa di rumah atau tempat penyimpanan yang tidak terpakai? Apakah Anda sudah memilikinya di rumah?

2. Buat Anggaran Belanja Rutin

Mulailah lebih disiplin dengan membuat anggaran belanja rutin sendiri. Anda bisa menggunakan aplikasi catatan belanja atau buku biasa jika hanya memiliki transaksi harian sederhana. Catat setiap pengeluaran masuk dan keluar. Anda akan terkejut menyadari berapa jumlah uang yang telah digunakan dan ke mana mereka “pergi.”

3. Buat Tabungan Darurat

Dana darurat akan membuat Anda lega ketika menghadapi situasi sulit. Idealnya, dana darurat harus dibuat terpisah di rekening lain, dengan jumlah minimal tiga kali pengeluaran bulanan. Proses menumpuk dana terpisah ini harus dilakukan secara telaten dan rutin. Pastikan menggunakan rekening terpisah.

4. Adopsi Gaya Hidup “Minimalisme”

Minimalisme berarti mengikis hal-hal yang tidak perlu dalam keseharian. Hal ini bukan berarti Anda menyingkirkan semua barang dan hanya mengenakan sepasang pakaian! Anda bisa mulai dengan memadu-padankan pakaian dan mengurangi belanja, membeli produk berkualitas agar awet lebih lama, serta menyingkirkan barang-barang yang tidak Anda gunakan selama lebih dari enam bulan.

5. Monitor Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit bisa menjadi alat penting untuk transaksi, tetapi Anda harus mengendalikan penggunaannya. Pastikan menyediakan anggaran khusus dalam setiap perencanaan bujet bulanan jika Anda berencana menggunakan kartu kredit. Tentukan juga batas penggunaan kartu dalam sekali belanja untuk mendapat perkiraan perhitungan yang lebih akurat.

6. Buat Rekening Berbeda untuk Kebutuhan dan Tabungan

Hindari menyatukan rekening kebutuhan pribadi dengan tabungan. Hal ini akan menyulitkan Anda dalam mengelola uang. Pastikan rekening tabungan terpisah dari keperluan pribadi. Bila perlu, hindari membuatkan ATM untuk rekening tabungan.

7. Rencanakan Menu Sederhana Untuk Seminggu

Daripada memesan atau makan di luar, coba buat resep masakan sederhana untuk Anda buat dalam seminggu. Biasakan menggunakan bahan-bahan sisa untuk membuat menu sederhana, muah, dan menyenangkan.

Bagaimana jika Anda masih membutuhkan kartu kredit? Gunakan Traveloka PayLater, kartu kredit hasil kerja sama dengan BRI. Memadukan transaksi cepat dan aman dengan transparansi pembiayaan, Paylater adalah solusi mudah mengatur rekening bank Anda.


Cara Cek Ongkir Ekspedisi Sentral Cargo

Cara Cek Ongkir Ekspedisi Sentral Cargo

Jasa pengiriman barang merupakan layanan yang sangat berguna bagi siapa pun yang ingin mengirimkan barang. Layanan ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan berbagai macam barang, mulai dari paket, dokumen hingga barang-barang…

Tinggalkan komentar