Tips Praktis Memperbaiki Kebocoran dengan Silicone Sealant

Silicone sealant adalah produk penutup celah yang banyak dipakai untuk keperluan rumah. Produk ini bisa digunakan untuk mengisi dan menutupi celah atau retakan. Agar retakan atau retakan bisa tertutup rapat, maka dibutuhkan cara yang tepat.

Cara memperbaiki kebocoran dengan silicone sealant sangat dibutuhkan bagi pemilik rumah. Kebocoran atau keretakan bisa terjadi di area rumah, khususnya daerah dapur. Oleh sebab itu, pemilik rumah membutuhkan persediaan penutup celah.

Penutup celah atau kebocoran yang bisa digunakan oleh pemilik rumah adalah silicone sealant outdoor. Jenis silicone ini cocok untuk dipakai menutup celah atau kebocoran di luar rumah. Silicone jenis ini sangat tahan terhadap sinar matahari, sehingga tidak mudah rusak.

Panduan Cara Memperbaiki Kebocoran dengan Silicone Sealant

Panduan Cara Memperbaiki Kebocoran dengan Silicone Sealant
Panduan Cara Memperbaiki Kebocoran dengan Silicone Sealant

Area di rumah bisa mengalami keretakan atau kebocoran. Oleh sebab itu, dibutuhkan penutup celah atau kebocoran yang tahan terhadap cuaca ekstrem.

Jenis silicone yang baik untuk menutup celah atau kebocoran di area rumah adalah silicone sealant UV resistant. Berikut adalah cara memperbaiki kebocoran dengan silicone.

1. Bersihkan Permukaan

Sebelum menggunakan silicone untuk menutupi retakan atau celah, ada baiknya untuk membersihkan permukaannya terlebih dahulu. Bersihkan permukaan area yang akan ditutup dengan silicone dari debu, kotoran, dan sisa-sisa material.

Bersihkan permukaan area yang bocor atau retak dengan menggunakan air kemudian keringkan. Pastikan juga bahwa permukaan area jauh dari material penyebab karat atau oksidasi.

Silicone sealant tahan panas dapat digunakan menutup area yang bocor atau retak, tetapi kurang tahan dengan material yang bisa menyebabkan karat atau oksidasi. Jadi ada baiknya untuk membersihkan area permukaan yang retak dari material penyebab karat.

2. Pakailah Alat yang Tepat

Agar sealant dapat menutupi celah atau keretakan dengan baik, maka pastikan untuk menggunakan produk sealant yang dilengkapi dengan aplikator berupa pistol atau tabung. Pastikan ujung aplikator dipotong sesuai dengan ukuran retakan atau celah agar produk tidak mengotori permukaan area lainnya.

3. Pilih Sealant yang Tepat

Sebelum menutup celah atau keretakan dengan sealant, ada baiknya jika mengetahui kegunaan silicone sealant untuk apa. Sebab tidak semua sealant silicone bisa digunakan untuk menutupi celah atau keretakan.

Jadi ada baiknya untuk mencari tahu kegunaan masing-masing sealant silicone sebelum menggunakannya. Pastikan untuk memilih jenis sealant yang tahan air dan kelembaban. Umumnya silicone sealant outdoor memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu ekstrem.

Sealant outdoor juga memiliki daya rekat yang kuat, sehingga cocok untuk digunakan sebagai penutup keretakan atau kebocoran di area rumah.

4. Pakai Pelapis Penyekat

Anda mungkin perlu menggunakan pelapis penyekat untuk menutup celah atau retakan yang terlalu lebar. Jika iya, maka Anda perlu memastikan pelapis penyekat kering sepenuhnya sebelum menempelkan sealant silicone.

Jika pelapis penyekat tidak benar-benar kering, maka sealant silicone tidak akan bisa ditempel.

5. Aplikasikan Sealant

Gunakan pistol atau tabung sealant untuk mengaplikasikan sealant silicone ke area permukaan yang bocor atau retak. Tekanlah pelatuk pistol sealant secara perlahan tetapi merata untuk mengeluarkan sealant.

Gunakan gerakan yang stabil untuk mengisi celah atau keretakan dengan silicone sealant UV resistant.

6. Biarkan Sealant Kering

Setelah mengaplikasikan sealant silicone, tahap selanjutnya adalah membiarkan sealant kering. Mungkin Anda akan bertanya-tanya berapa lama silicone sealant kering, jawabannya adalah bergantung pada masing-masing jenis sealantnya.

Keterangan mengenai waktu pengeringan ini bisa dilihat di bagian kemasan. Namun biasanya sealant silicone akan kering setelah 24 jam diaplikasikan. Jangan membasahi area permukaan dengan air sebelum sealant silicone kering.

Jadi itulah tips praktis untuk memperbaiki kebocoran dengan silicone sealant. Jenis sealant yang paling cocok untuk digunakan menutupi celah atau keretakan di area rumah adalah silicone sealant tahan panas. Sealant silicone akan tahan terhadap segala cuaca ekstrem.


Khasiat Madu Manuka New Zealand

5 Khasiat Madu Manuka New Zealand

Madu manuka merupakan salah satu jenis madu yang beberapa tahun terakhir banyak diperbincangkan karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan peningkatan imunitas tubuh. Bahkan, madu manuka juga hanya diproduksi secara…

Tinggalkan komentar