6 Cara Jitu Menghilangkan Noda Hitam di Pakaian Anak

Siapa yang menyukai jika ada noda hitam di pakaian anak? Pastinya tidak enak dilihat karena baju terkesan kotor meski sudah dicuci berkali-kali. Untuk membersihkannya perlu kiat khusus, cara mudah menghilangkan jamur di baju.

Penyebab adanya noda hitam dikarenakan jamur yang menempel di pakaian. Kemunculannya berbentuk bintik-bintik hitam yang tersebar di area  baju tertentu. Adanya jamur disebabkan oleh tempat penyimpanan yang lembab atau ketika baju belum kering ditumpuk berhari-hari. Jika terus-menerus disimpan tempat lembab selain berjamur juga merusak kualitas baju.

Apalagi di musim penghujan yang sedang berlangsung, pakaian tidak serta merta kering di hari penjemuran. Perlu dijemur berhari-hari untuk kering sempurna. Selama penyimpanan pakaian meski digantung atau dijemur bisa menyebabkan noda hitam muncul karena terlalu lama dijemur.

Untuk mencegah pakaian tidak mudah terkena jamur sehingga menyebabkan noda hitam sebagai berikut:

  1. Jika musim hujan sebaiknya mencuci dengan mesin cuci dan mencucinya bertahap. Agar tidak ada pakain yang menumpuk karena belum kering. Gunakanlah mesin cuci sekaligus pengeringnya.
  2. Jika belum memiliki mesin cuci, cucilah pakaian yang paling kotor dan basah. Misalnya bekas olahraga atau kehujanan. Hal ini untuk menghindari penumpukan pakaian.
  3. Jemurlah pakaian dengan berjarak agar ada banyak ruang untuk kering dengan angin atau cahaya matahari.
  4. Cuci pakaian bertahap agar tidak ada penumpukan di jemuran.

Menghilangkan noda hitam akibat jamur dengan mencuci cara biasa tidak akan berubah. Maka perlu cara khusus agar hilang semuanya. Cara mudah menghilangkan jamur di baju, bahan-bahannya sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Cara mencuci pakaian yang  ada noda hitamnya sebaiknya lihat dahulu petunjuk pencuciannya agar tidak merusak pakaian.

6 Cara Mudah Menghilangkan Noda Hitam di Pakaian

bintik hitam di baju putih, cara hilangkan noda hitam di baju putih, cara membersihkan noda hitam di pakaian, cara menghilangkan bintik hitam di pakaian warna putih, cara menghilangkan noda hitam di baju bagian ketiak, cara menghilangkan noda hitam di baju bayi, cara menghilangkan noda hitam di baju berwarna, cara menghilangkan noda hitam di baju dengan baking soda, cara menghilangkan noda hitam di baju kuning, cara menghilangkan noda hitam di baju putih, cara menghilangkan noda hitam di baju putih secara alami, cara menghilangkan noda hitam di baju warna putih, cara menghilangkan noda hitam di celana jeans, cara menghilangkan noda hitam di celana putih, cara menghilangkan noda hitam di kain putih, cara menghilangkan noda hitam di pakaian, cara menghilangkan noda hitam di pakaian berwarna, cara menghilangkan noda hitam di pakaian putih, cara menghilangkan noda oli hitam di pakaian, menghilangkan bintik hitam di baju berwarna, menghilangkan noda hitam di baju putih, menghilangkan noda hitam di kerah baju, menghilangkan noda hitam di pakaian, noda hitam di baju, noda hitam di baju putih, noda hitam pada pakaian, penyebab bintik hitam di celana dalam, penyebab flek hitam di celana dalam,

1. Gunakan Cuka

Cuka yang mengandung asam membantu untuk menghilangkan kotoran yang membandel pada pakaian. Caranya sangat mudah dengan mencampurkan cuka dan air dengan ukuran sebanding. Campuran ini dioleskan ke noda hitam dengan sikat gigi, campurannya misalnya 10 sdm cuka dan 10 sdm air dingin. Setelah di oleskan, rendam dengan detergen di air panas. Lalu cucilah dan dibilas.

Cara kedua dengan merendam pakaian ke dalam ember yang sudah tercampur cuka dan air. Rendam hingga satu jam, kemudian cuci dengan detergen.

2. Campuran air Lemon, garam, dan Cuka

Cara mudah menghilangkan jamur di baju dengan tiga campuran yaitu garam, lemon, dan cuka. Pertama buatlah campuran dan gosokan dengan sikat gigi bekas bersih ke bagian noda hitam. Selanjutnya rendam dengan sabun cuci hingga satu jam.

3. Kombinasi Garam dan Lemon

Garam dan air lemon dicampur dengan air hangat dengan jumlah sesuai banyak baju bernoda hitam. Misalnya jumlahnya satu ember. Kemudian pakaian berjamurnya direndam di ramuan tersebut selama satu jam. Selanjutnya cuci dengan detergen.

4. Baking Soda

Siapkan air satu ember kemudian masukan baking soda, campur hingga merata. Lalu rendam pakaian bernoda hitam hingga satu jam. Cuci dengan detergen dan bilas hingga bersih setelah direndam.

5. Air Panas

Siapkan air panas satu ember atau sesuaikan dengan jumlah pakaian bernoda hitam. Campurkan dengan detergen dan aduk-aduk hingga tercampur, lalu rendam pakaian hingga setengah jam. Kemudian kucek bagian yang bernoda hitam, bisa juga dicampur dengan detergen lagi agar hasil lebih maksimal.

6. Gunakan Pemutih Pakaian

Gunakan pemutih pakaian merek apapun. Pertama rendam baju dengan detergen selama 30 menit. Lalu rendam lagi dengan larutan pemutih selama 15 menit. Bisa juga dengan cara rendam baju dengan air panas seperti cara nomor 5. Lalu gosok-gosok bagian yang kotor dengan pemutih.

Cara mudah menghilangkan jamur di baju beragam caranya. Bisa jadi dari satu cara dikombinasikan dengan cara lainnya agar hasilnya bisa maksimal. Baju noda hitam bukan lagi menyusahkan ketika dicuci tapi bisa disiasati dengan berbagai cara agar bisa digunakan kembali. Baju kembali dengan warna yang seperti semula. Namun, gunakanlah cara yang tidak merusak baju jadi perlu membaca petunjuk mencuci baju.

Tinggalkan komentar