Tahu Lebih Banyak Tentang Struktur Rambut dan Fungsinya

Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang paling nampak dari seseorang. Kamu mungkin salah satu yang paling sibuk dengan urusan rambut sebelum beraktivitas. Tapi tahukah kamu bagaimana struktur rambut dan fungsi rambut itu?

Mengetahui struktur dan fungsi rambut itu perlu. Jika kamu tahu dengan pasti, maka tidak akan lagi asal-asalan memperlakukan rambut. Rambut, sebagaimana organ tubuh lainnya, perlu untuk dirawat dan dijaga.

Ayo cari tahu lebih banyak tentang rambut. Ada beberapa hal penting seperti struktur rambut, akar rambut, dan juga lapisan rambut yang perlu kamu tahu.

Tentang Struktur Rambut

Pernah coba meraba helai rambutmu dan membandingkannya dengan rambut orang lain? Terasa sama tipisnya atau bahkan tebal dan kaku di tangan?

Perbedaan ini secara alami dikarenakan oleh susunan protein keratin yang tidak sama. Struktur rambut tersusun dari protein keratin. Ada lapisan berbeda di setiap helai rambut. Karenanya, tiap helai bisa tidak sama tebalnya.

Lalu, bagaimana struktur rambut mempengaruhi kesehatan rambut? Jawabannya ada pada kemampuan untuk menjaga kelembapan rambut dan menyerap nutrisi. Semakin tipis rambut, maka semakin mudah penyerapan nutrisinya.

Tentu ada kelemahannya. Misalnya, rambut yang tipis tidak akan mudah untuk ditata dengan semua gaya. Sifat rambut mudah rusak tatanannya.

Sementara, rambut tebal malah mudah ditata sedemikian rupa. Masalahnya adalah, rambut yang tebal, atau yang terlalu tebal kurang dalam menyerap nutrisi, vitamin, dan aneka kebaikan yang terkandung di produk perawatan rambut.

Jenis Rambut

Dilihat dari strukturnya, rambut dikategorikan dalam 3 jenis yaitu, halus (fine), sedang (medium), dan kasar (coarse). Sudah tahukah jenis rambutmu masuk dalam kategori struktur rambut yang mana? Cara untuk mengetahuinya adalah lewat tes ketebalan rambut.

Tentang Lapisan Struktur Rambut

Tentang Struktur dan Fungsi Rambut

Ada 3 jenis lapisan rambut. Tiap orang mempunyai ketiganya. Menjaga kesehatan rambut dengan baik akan menjaga kualitas lapisan rambut pula.

1. Kutikula

Lapisan rambut ini bentuknya bertumpuk bersusun mirip sisik pada naga atau ikan. Terletak di bagian paling luar, kutikula adalah lapisan rambut yang paling kuat. Kutikula melindungi lapisan yang ada di dalamnya dari kerusakan.

Tahukah kamu apa tanda lapisan terluar rambut jika rusak? Jika bagian sisik kutikula banyak yang terbuka, artinya lapisan rambut ini rusak. Hal ini dikarenakan kelembapan rambut tidak bisa ditahan tapi terus hilang.

Tanda kutikula kondisinya jelek adalah rambut yang bercabang, kusam, dan kasar. Sebaliknya, kutikula yang sehat punya permukaan yang menutup. Kutikula yang sehat juga halus dan mampu menjaga kelembapan rambut dengan baik.

Manfaat kutikula antara lain:

  • Menjaga dua lapisan rambut lainnya, yaitu kortex dan medula.
  • Mempertahankan kelembapan kortex, baik yang masuk maupun yang keluar.
  • Membuat helai rambut tetap lembap dan tidak mudah patah.

2. Kortex

Lapisan rambut yang kedua adalah kortex. Karena letaknya di antara lapisan terluar dan paling dalam dari helai rambut, kortex punya tugas utama untuk menjaga kelembapan rambut.

Perbedaan rambut lurus atau keriting ditentukan oleh kortex. Bentuk folikel pada kortex akan menentukan apakah rambut seseorang tumbuh lurus atau tidak.

Secara umum kortex bermanfaat untuk mempertahankan kelembapan helai rambut. Selain itu kortex juga bisa menjaga jalinan rambut agar solid. Fungsi paling uniknya adalah sebagai penentu pola rambut seseorang melalui bentuk folikelnya.

Tak ketinggalan, sebagai lapisan tengah, kortex jadi tempat untuk melanin. Melanin adalah pigmen rambut, pewarna alami rambut kita.

3. Medula

Lapisan terdalam dari sebuah helai rambut adalah medula. Yang menarik, medual tidak ditemukan pada rambut yang jenisnya halus. Medula biasanya muncul pada rambut yang berjenis tebal.

Bentuk medula tipis, lembut dan transparan. Sel-sel tipis yang membentuknya punya rongga udara dan letaknya di bagian paling dalam rambut.

Medula membantu celah paling dalam di batang rambut bisa menyalurkan kelembapan ke lapisan atasnya, kortex.

Perawatan Paripurna untuk Aneka Jenis Struktur Rambut

Kami perlu tahu bahwa metabolism tubuh yang dinamis dan kondisi tubuh seseorang sangat berpengaruh pada kondisi rambut. Setelah mengetahui beberapa hal penting yang sudah diuraikan di atas, apa cara terbaik untuk menjaga rambut tetap indah dan sehat?

Kamu perlu rangkaian produk perawatan rambut yang mengerti tentang kebutuhan rambutmu. Rambut yang terlalu lembap dan kering bisa menyebabkan kerontokan parah. Padahal normalnya, sudah 100 helai rambut yang kita jatuhkan tiap harinya.

Untuk mengurangi kerontokan makin menjadi, gunakan Dove Perawatan Rambut Rontok Sampo & Kondisioner. Ada kandungan nutria serum sampo dan serum kondisioner yang ampuh mengurangi kerontokan pada rambut.

Lalu untuk kamu yang punya masalah rambut kering dan berccabang karena ada masalah di bagian kortex, kamu bisa pakai  Dove Total Damage Treatment shampoo & conditioner. Produk ini punya kemampuan memperbaiki lapisan struktur rambut dengan nutria keratin activesnya.

Ingat ya, pakai produk sampo dan kondisioner yang sesuai dengan masalah dan struktur rambut. Dove mampu mengatasi semua kekhawatiranmu akan rambut yang tidak sehat.


Cash Flow

7 Cara Mengatur Cash Flow Perusahaan

Di dalam sebuah perusahaan, mengatur keuangan adalah salah satu faktor vital yang harus diperhitungkan dengan tepat. Cara mengatur cashflow perusahaan menjadi hal penting yang harus pertama kali dipelajari sebelum mendirikan…

Tinggalkan komentar