Tips Memasang Wallpaper Dinding Secara Mandiri

Menata atau mendekorasi beberapa spot interior di rumah dapat Anda lakukan demi terciptanya kenyamanan saat beraktivitas di dalam rumah. Selain untuk memperindah tampilan di dalamnya, hal ini sebagai bentuk penyaluran energi positif bagi seluruh anggota keluarga di rumah.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan kesan nyaman selama aktivitas di dalam rumah, yakni mengganti wallpaper dinding pada bagian tertentu, baik di ruang belajar atau kerja maupun ruang keluarga yang dirasa catnya sudah mulai memudar.

Selain menghemat pengeluaran Anda, memasang wallpaper dinding kamar secara mandiri bisa Anda kreasikan sesuai keinginan. Akan tetapi, untuk memasang wallpaper sendiri, perlu memperhatikan beberapa hal agar wallpaper dapat terpasang secara rapi maksimal.

Tips Memasang Wallpaper Dinding Secara Mandiri

Tips Memasang Wallpaper Dinding Secara Mandiri

Memasang wallpaper dinding tentu membutuhkan ketelitian. Agar terpasang dengan apik, simak dan ikutilah beberapa tips memasang wallpaper dinding secara mandiri berikut ini.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Siapkan beberapa alat dan bahan untuk memasang wallpaper dinding Anda, meliputi:

  • Wallpaper pilihan Anda
  • Lem wallpaper
  • Kuas untuk mengaplikasikan wallpaper
  • Plumb bob
  • Cutter
  • Gunting
  • Pensil
  • Meteran
  • Kain perca

2. Bersihkan Dinding dari Paku dan Debu

Pastikan dinding yang akan Anda pasangi dengan wallpaper sudah bersih dari debu, kotoran, ataupun paku. Kertas wallpaper akan sulit menempel pada dinding yang basah dan berdebu.

Apabila sudut dinding dirasa lembab dan sulit dibersihkan, kelupas lapisan cat, kemudian ditambal dengan dempul tembok. Dempul tembok dapat digunakan pula untuk mengisi bagian dinding bolong akibat paku yang dicabut. Hal ini meminimalkan gelembung udara ketika pemasangan wallpaper.

3. Ukur Lebar dan Tinggi Dinding Ruangan

Pengukuran lebar dan tinggi dinding dapat menggunakan meteran. Aplikasikan ukuran tersebut pada kertas wallpaper. Bentangkan wallpaper di atas meja dan tandai panjang serta lebar yang telah diukur.

Tambahkan ukuran perhitungan dinding sekitar 10–20 cm untuk mencegah bila terjadi sobek atau ukuran tidak pas pada wallpaper. Gunakan pensil untuk menandai, usahakan jangan tebal memberikan tanda.

4. Buatlah Garis Lurus pada Dinding

Buatlah garis lurus dari atas hingga bawah dinding menggunakan plumb bob untuk memudahkan pemasangan wallpaper dinding ruang tamu elegan Anda. Pembuatan garis lurus digunakan sebagai panduan awal pemasangan wallpaper.

Tidak disarankan mengandalkan garis pintu atau langit-langit untuk pengukuran kelurusan garis utama.

5. Oleskan Lem Wallpaper

Setelah garis utama sudah Anda buat dan kertas wallpaper sudah digunting, oleskan lem wallpaper menggunakan kuas khusus pengaplikasian wallpaper. Jangan menggunakan kuas cat dinding, selain ukuran bulu kuasnya lebih lebar, bulunya dapat rontok hingga menyebabkan tekstur yang menempel pada dinding.

Disarankan untuk mengoleskan lem satu kali secara tipis agar kertas wallpaper tidak basah dan keriput saat ditempelkan di dinding.

6. Pasang Wallpaper secara Perlahan dan Teliti

Agar kertas wallpaper dinding kamar aesthetic Anda terpasang dengan rapi, tempelkan secara perlahan dan teliti. Pastikan pula ujung dinding dan ujung kertas wallpaper tertutup serta tidak melewati batas garis awal yang telah Anda buat.

7. Ratakan dan Potong Sisa Wallpaper

Gunakan kain perca untuk membantu merapikan wallpaper yang sudah menempel di dinding dan meminimalkan gelembung udara yang ada di dalam atau balik wallpaper. Ratakan mulai dari sisi tengah wallpaper, kemudian tarik keluar hingga ujung kanan, kiri, atas, dan bawah secara menyeluruh.

Setelah sudah tertempel dengan rapi, gunakan cutter atau gunting untuk memotong sisa panjang dari wallpaper.

8. Sesuaikan Pola Wallpaper

Pemasangan wallpaper untuk gulungan berikutnya, dapat disesuaikan seperti langkah-langkah sebelumnya. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan pola wallpaper berikutnya agar menyambung dan sesuai dengan pola sebelumnya.

Bingung mencari tempat jual wallpaper dengan harga wallpaper dinding per roll yang sangat ekonomis? UKUR adalah marketplace terbaik dan terlengkap yang menjual berbagai barang konstruksi dan interior secara online.

UKUR: Marketplace Konstruksi dan Interior Terlengkap

Melalui UKUR sebagai marketplace toko bangunan terpercaya dan terlengkap, Anda bisa mendapatkan desain premium untuk dekorasi dinding wallpaper dengan beragam motif yang super cantik, elegan, mewah, dan aesthetic.

Untuk informasi serta pemesanan wallpaper dinding dan barang interior lainnya, segera kunjungi laman resmi UKUR. Dapatkan harga wallpaper dinding kamar anak perempuan dan laki-laki dengan sangat terjangkau.


Rekomendasi Paket Skincare untuk Berbagai Jenis Kulit, Mencapai Skor Tertinggi dalam IELTS: Strategi Sukses, Penyebab Nafas Bau Busuk dan Cara Mengatasinya, Apa yang dimaksud dengan Siklus Haid

Apa Penyebab Bau Mulut?

Di tengah-tengah perbincangan dengan kawan lama terkadang ada momen dimana Anda tiba-tiba merasa tidak nyaman karena ada aroma yang kurang sedap. Kemudian terlintas di benak Anda untuk mencari tahu apa…

Tinggalkan komentar